Komentar terhadap artikel di jurnal agraris Vol. 3 No.1 Januari 2017 dengan judul Analisis Permintaan Minyak Kelapa (Coconut Crude Oil) Indonesia di Pasar Internasional

24 Oktober 2017

Assalamualaikum wr.wb

Saya memberikan komentar pada jurnal agraris yang berjudul “Analisis Permintaan Minyak Kelapa (Coconut Crude Oil) Indonesia di Pasar Internasional”

Pada jurnal tersebut terdapat intisari tentang Kebutuhan minyak kelapa atau Coconut Crude Oil(CCO) dunia sebesar 2,18 juta ton per tahun di tahun 2014. Pangsa minyak kelapa Indonesia di pasar internasional terbesar kedua setelah Philippina. Fluktuasi pasar minyak nabati di pasar internasional tidak terlepas dari kondisi perekonomian di negara konsumen CCO sehingga berpengaruh terhadap ekspor minyak kelapa. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menganalisis elastisitas permintaan minyak kelapa Indonesia di pasar internasional dan persaingannya dengan produsen lainnya. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data tahunan ekspor minyak kelapa Indonesia dan negara eksportir lainnya dipasar internasional pada tahun 1984 sampai tahun 2015.                 Pendekatan analisis permintaan pasar menggunakan AIDS (Almost Ideal Demand System) dan persaingan dengan analisis keunggulan komparatif Revealed Comparative Advantage(RCA). Hasil penelitian menunjukan bahwa komoditas minyak kelapa Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar internasional. Selain itu, peningkatan permintaan impor minyak kelapa di pasar internasional akan menguntungkan bagi Indonesia dengan meningkatnya pangsa pasar Indonesia.

            Apabila ingin membaca lengkap jurnal tersebut dapat di lihat melalui link berikut :

http://journal.umy.ac.id/index.php/ag/article/view/1800/2764

           Dari sedikit pembahasan diatas komentar yang saya sampaikan adalah jurnal tersebut sangat menarik dan bisa membuka fikiran masyarakat yang membacanya, karena memiliki penjelasan yang menarik dan wawasan atau pandangan masyarakat terhadap komoditas minyak kelapa yang mana terjadi peningkatan permintaan minyak kelapa di pasar internasional.Sehingga bisa meningkatkan penghasilan bagi produksi minyak kelapa di indonesia, Selain dari pada  itu penulis juga menyajikan data yang akurat di sampaikan dalam bentuk tabel dan diagram.

Cukup sekian postingan saya kali ini mengenai “Komentar terhadap artikel di jurnal agraris Vol. 3 No.1 Januari 2017 dengan judul Analisis Permintaan Minyak Kelapa (Coconut Crude Oil) Indonesia di Pasar Internasional”

wassalamu’allaikum wr.wb

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas