Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Sholawat syifa biasa disebut sholawat Tibbil Qulub, atau biasa disebut juga dengan sholawat Nuril Abshor. Sholawat ini banyak dilantunkan oleh group-group sholawat, salah satunya adalah Mohabbatein oleh H. Moeid asal Jawa Timur.

Sebelum membahas sholawat syifa atau sholawat tibbil qulub ini, kami sebelumnya mengucapkan terimakasih banyak kepada kami bernama Marfu’in salah satu anggota banser yang pernah melantunkan sholawat ini di depan kami dan mengajari kami tentang sholawat tibbil qulub ini.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Ustadz Sudjadi Alumni Ponpes Fatkhul Mubarok Jawa Tengah yang juga pernah mengajari kami tentag sholawat tibbil qulub atau sholawat syifa ini. Berikut adalah bacaan sholawat syifa:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Artinya:

Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.

Ilustrasi anak bersholawat, submer tribunnews

Ilustrasi anak bersholawat, submer tribunnews

Membaca sholawat menjadi bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat juga menjadi harapan dan doa umat Islam agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Tibbil Qulub, adalah sholawat yang berupa doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati, termasuk diberikan cahaya, yaknii cahaya kebenaran atau cahaya Islam.

Sholawat syifa tibbil qulub merupakan shalawat sebagai penawar atau obat, Syifa’ dalam sholawat tersebut bermakna obat atau penawar, baik obat hati maupun obat sakit dhohir badan, karena dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Yang mana diumpamakan sebagai keafiatan sehat jasmani dan rohani bagi segala tubuh dan segala penawarnya, cahaya bagi segala mata dan sinarnya.

Wa Nuuril Abshori Wa dhiyaiha merupakah bentuk tawashul kepada Nabi agar mata kita diberikan cahaya, baik mata hati ataupun mata nyata kita, ditunjukkan jalan yang lurus yang menyinari, dan dijauhkan segala maksiat terkait pandangan mata.

Demikian mengenai pemaparan sholawat syifa’. semoga bermanfaat, aamiin.

Categories: Islam

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...