Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Saat anak terlahir ke dunia pastinya orang tuanya akan merasa sangat bahagia. Merasa bahwa mendapat permata paling indah dunia ini. Rasa bahagia dan syukur karena mendapatkan rejeki yang luar biasa.

Setelah bayi lahir, tentu sebagai umat islam dianjurkan untuk melaksanakan serangkaian acara aqiqah untuk si anak sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan. Dan pastinya orang tua sudah menyiapkan acara ini dari awal kelahiran si bayi. Karena acara tersebut membutuhkan dana yang lumayan banyak

Untuk keluarga yang mapan mungkin tidak mempermasalahkan tentang biaya, tapi untuk beberapa keluarga mungkin agak berat, terutama pada biayanya. Untuk itu mari simak ulasan kami mengenai tips untuk menghemat biaya aqiqah untuk meringankan anda.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah untuk Buah Hati Anda

Berikut ini adalah tips untuk menghemat biaya aqiqah untuk buah hati anda :

Rencanakan dengan Baik dari Awal Kelahiran

Rencanakan dengan Baik

Rencanakan dengan Baik. src: unsplash.com @glenncarstenspeters

Rencanakan cara aqiqah ini dengan sebaik mungkin sedari awal kelahiran dari si bayi. Anda bisa menyusun serangkaian strategi untuk menyiapkan dan mensukseskan acaranya. Jika anda melakukan ini, anda akan lebih mudah dalam persiapan kedepannya, dan akan lebih praktis dalam pengerjaannya.

Mulai menyusun rencana mengumpulkan biaya, mencari tips dan saran dari orang yang sudah mengalami, hingga susun rencana sampai akhir acara selesai. Dengan begini, anda akan mempunyai panduan untuk mencapai target.

Susun Anggaran dengan Baik

Anggarkan dengan Baik

Anggarkan dengan Baik

Susun anggaran biaya dengan baik agar acaranya bisa berjalan dengan lancar. Catat semua anggaran hingga teliti jangan sampai ada yang terlewatkan. Karena jika ada yang sampai terlewatkan maka biaya kecil pun bisa membuat anggaran akhir menjadi membengkak.

Anda bisa mulai menganggarkan biaya untuk acaranya, kemudian menganggarkan menu makanannya untuk syukuran hingga anggaran untuk mengundang ustadnya. Semua ini harus anda catat sebaik mungkin untuk bisa mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan untuk melakukan acara aqiqah.

Memilih Tanggal yang Baik

Pilih Tanggal yang Baik

Pilih Tanggal yang Baik

Langkah ini mengupayakan untuk memilih tanggal yang tepat kapan akan dilaksanakan acara aqiqah. Menurut hadist memang disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh setelah kelahiran si bayi. Akan tetapi anda bisa melakukan acara aqiqah pada tenggal setelahnya dengan alasan belum mempunyai biaya yang cukup.

Dengan tanggal yang tepat, anda bisa melakukan banyak hal, misal mengumpulkan biaya untuk acara, kemudian anda juga bisa melakukan persiapan yang lainnya, misal membuat persiapan untuk menu makanan.

Pilih Paket yang Sesuai

Memilih Paket Aqiqah

Memilih Paket Aqiqah. src: unsplash.com @helloquence

Langkah ini dilakukan jika anda tidak ingin merasakan kerepotan pada saat menyiapkan menu makanan acara aqiqah. Anda bisa memakai jasa aqiqah untuk memudahkan anda untuk permasalahan menu masakan.

Pilihlah paket aqiqah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Anda bisa mencari jasa layanan aqiqah yang terpercaya di daerah anda, karena jasa aqiqah biasanya hanya melayani untuk lokal saja.

Pastikan juga anda memperhatikan layanan tambahan yang diberikan oleh penyedia jasa layanan aqiqah anda. Karena bisa jadi anda mendapatkan tambahan yang bisa menguntungkan anda, misalnya jasa cukur gratis ataupun tambahan ongkos kirim gratis.

Membatasi Jumlah Undangan

Batasi Jumlah Undangan

Batasi Jumlah Undangan. src: pesanundangan.com

Langkah ini juga bisa anda lakukan untuk menghemat biaya aqiqah anda. Dengan mengurangi jumlah undangan, anda juga mengurangi jumlah makanan yang disediakan untuk tamu. Sehingga secara tidak langsung juga mengurangi jumlah bahan makanan yang dibeli.

Acara yang Sederhana

Aqiqah

Aqiqah. src: ig @sahrulpurnama

Acara yang sederhana juga bisa mengurangi biaya acara aqiqah. Acara yang sederhana yang sesuai dengan sunnah rasul sudah bisa menghemat biaya acara anda. Biasanya mengadakan acara aqiqah menambahkan sesi pembacaan Al-Qur’an dan tentu menambah biaya anggaran pengeluaran.

Mungkin cukup itu saja ulasan kami tentang menghemat biaya aqiqah anda. Untuk anda yang berada di daerah jogja, anda bisa memakai jasa layanan aqiqah jogja untuk memudahkan acara aqiqah anda. Zalfa Aqiqah merupakan jasa aqiqah di jogja dan sekitarnya yang sudah terpercaaya, jadi anda tidak usah khawatir untuk kualitas layanan yang diberikan.

Sekian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membaca artikel Gelora Penerus Sang Pencerah  kami yang lainnya. Terimakasih.

Categories: Tips Bermanfaat

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...