Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang yang telah jenuh bekerja adalah rental mobil. Kebutuhan akan kendaraan atau alat transportasi kini menjadi sangat penting. Bisnis ini juga bisa mendatangkan banyak pundi-pundi uang bila tekun, rajin dan niat. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu membeli sebuah mobil. Untuk memulai bisnis ini langkah awal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Langkah Awal

Langkah awal yang harus dijalani sebelum memulai bisnis sewa mobil adalah sebagai berikut:

Menentukan Target Pasar dan Prospek

Sebelum memulai bisnis ini hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali target dan prospek. Maksudnya harus mengenali target dan prospek adalah apa orang disekitar memang membutuhkan mobil atau tidak, jika iya berarti daerah tersebut memiliki prospek yang bagus. Untuk mengetahui hal tersebut haruslah dilakukan sebuah survei serta pengamatan.

Bila sudah melakukan survei serta pengamatan dan ternyata hasilnya bagus, dari sini bisa mulai menentukan target pasar. Misalnya saja sasarannya adalah pegawai kantor, orang umum atau para pendatang baru. Kenapa harus menetapkan target pasar? Karena ini akan menjadi acuan dari penerapan strategi pemasaran apa yang akan dijalankan. Bagaimana bila ingin menargetkan semua pihak? Boleh saja, asal kuat bersaing atau persaingan di daerah sekitar tidak ketat.

Langkah awal bisnis sewa mobil

Menentukan Lokasi Yang Strategis

Setelah menentukan target dan prospek, selanjutnya adalah menentukan tempat usaha yang strategis. Tempat usaha untuk rental mobil ini bagusnya di daerah yang memiliki akses jalan dan ramai dilalui oleh banyak orang. Bila tepat dalam memilih tempat usaha maka peluang untuk keberhasilan dalam menggaet pelanggan semakin besar.

Promosi dan Pemasaran

Dalam memulai usaha penting hukumnya untuk melakukan promosi atau kegiatan mengenalkan produk. Dengan melakukan promosi, kemungkinan usaha Anda akan dikenal orang pun akan semakin besar. Dalam melakukan kegiatan promosi ada dua cara yang bisa dicoba, pertama melakukan strategi promosi offline. Strategi ini merupakan pemasaran yang mengharuskan untuk bertatap muka langsung dengan para calon pelanggan. Kedua, adalah dengan strategi promosi online. Cara melakukan promosi online ini mudah, bisa dengan promosi di sosial media atau melalui media iklan online seperti google ads atau dengan memaksimalkan website lewat SEO.

Baca juga: Tips Wisata Sambil Belanja

Membangun Relasi

Dengan membangun banyak relasi dan jaringan maka akan besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak bekerja sama. Dan usaha yang sedang dijalani akan segera mencapai kesuksesan. Untuk menambah relasi, bisa dengan bergabung di sejumlah komunitas bisnis rental mobil. Aktiflah dalam kegiatan yang diadakan oleh komunitas tersebut dan Anda akan mendapat banyak pengetahuan baru serta info-info berharga yang bermanfaat untuk kesuksesan bisnis rental mobil Anda.

Apakah usaha Anda pasti akan berhasil setelah menerapkan langkah membuka usaha rental mobil diatas? Tentu tidak ferguso, he he. Anda perlu kegigihan dalam menjalani proses, evaluasi dan perbaikan terus menerus. Tak lupa pula dengan menjalankan marketing langit, meminta rizki dari Sang Pemilik Rizki. Sekian dari kami, semoga bermanfaat untuk segenap civitas akademika UMY dan yang lainnya.

Categories: Transportasi

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...