Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 kota yang termasuk dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Sekitar tahun 1800an, kota di pesisir Lombok ini menjadi pusat kegiatan niaga dengan pelabuhannya. Saat ini Kota Tua Ampenan Lombok menjadi pemukiman bagi beberapa suku seperti Suku Sasak, Melayu, Arab, Bugis, dan Cina. Masyarakat disana hidup rukun dan berdampingan. Kota tua ini banyak dihiasi bangunan-bangunan antik peninggalan zaman Belanda dulu. Tidak salah juga kalau kamu menjadikan Kota Tua Ampenan ini sebagai destinasi wisatamu lho. Berikut keunikan dan fakta menarik tentang Kota Tua Ampenan Lombok yang patut disimak.

Sejarah Singkat Dari Kota Tua Ampenan Lombok

Kota Ampenan dibangun pada tahun 1924 oleh Belanda. Tujuannya adalah untuk mengimbangi kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Bali. Nama “Ampenan” berasal dari kata amben dalam bahasa Sasak yang artinya tempat persinggahan. Sesuai namanya, kota Ampenan merupakan kota pelabuhan yang menjadi tempat singgah berbagai suku bangsa. Sampai sekarang, warga yang menghuni kota ini terdiri dari beragam suku bangsa. Hal ini terbukti dengan nama-nama kampung yang menggunakan nama tempat asal mereka seperti Kampung Banjar, Kampung Cina dan lain-lain.

Lokasi Dan Rute Ke Kota Tua Ampenan Lombok

Mengakses Kota Tua Ampenan Lombok tidak sulit, karena ia adalah salah satu kecamatan di Kota Mataram. Dari pusat kota Mataram, kamu bisa melewati Jalan Pejangik atau Jalan Langko, ikuti saja jalan utama sampai memasuki Jalan Yos Sudarso. Tak lama kemudian, kamu akan tiba di simpang lima yang merupakan tempat wisata menuju Kota Tua Ampenan dimulai. Beragam jenis kendaraan umum, ojek hingga jasa sewa mobil Lombok bisa kamu gunakan untuk menjelajahi Kota Tua Ampenan Lombok lebih dekat Setelah sampai, kamu bisa menggunakan cidomo (kereta kuda tradisional Pulau Lombok) untuk mengelilingi Kota Tua Ampenan.

Keunikan Kota Tua Ampenan Lombok

Kota Tua Ampenan Lombok memiliki beberapa keunikan yang menjadi daya tarik objek wisata ini. Meskipun Kota Tua ini belum masuk dalam cagar budaya, ramai wisatatawan yang berkunjung ke tempat ini. Jika kamu ingin tour berkeliling ke tempat ini, inilah beberapa keunikan Kota Tua Ampenan Lombok yang cocok sebagai destinasi wisatamu.

1. Banyak Bangunan Antik Peninggalan Belanda

Kota Tua Ampenan Lombok kaya dengan nilai sejarah. Berbagai bangunan kuno bergaya art deco seolah bercerita tentang kejayaan dan keramaian kota ini di masa lalu. Jaman dahulu, Bangunan tersebut berfungsi sebagai gudang dan juga kantor. Saat ini, gedung-gedung tua itu berubah menjadi toko atau perumahan penduduk dengan masih mempertahankan bentuk asli bangunan tersebut. Salah satu obyek wisata Lombok yang cocok untuk kamu yang suka berfoto ala vintage, atau kamu yang suka berwisata sejarah.

Sore hari di pantai Ampenan Lombok, sumber ig @fannyhermann

Sore hari di pantai Ampenan Lombok, sumber ig @fannyhermann

2. Kehidupan Multi Etnik Yang Rukun

Kehidupan multi etnik menjadi salah satu ciri khas Kota Tua Ampenan Lombok. Di Ampenan, tiga kampung besar seperti Arab, Tionghoa dan Sasak hidup berdampingan dengan rukun. Kamu bisa menemukan Mesjid At Taqwa di kampong Arab yang bersebelahan dengan kampong Cina. Di dalam Ampenan juga ada Vihara Bodhi Dharma yang berdiri sejak tahun 1804 .

3. Kuliner Yang Beragam

Di bekas pelabuhan Ampenan, kamu juga bisa berwisata kuliner khas Lombok. Kuliner seperti Sate Bulayak, Plecing Kangkung, Sate Tanjung, Ayam Taliwang akan memanjakan lidah anda. Selain itu kamu juga bisa mencoba berbagai jajanan khas tradisonal Lombok lainnya di Kota Tua Ampenan Lombok.

4. Bekas Pelabuhan Ampenan yang unik

Pelabuhan Ampenan dulunya adalah salah satu pelabuhan yang memenuhi syarat bongkar muat pada era 70an. Zaman dahulu dari bulan Januari – Oktober tercatat 459 kapal dan 527 perahu pernah singgah ke pelabuhan ini. Sayangnya, kejayaan Pelabuhan Ampenan itu berakhir karena seluruh aktivitas pelabuhan sudah dipindah ke Lembar. Pelabuhan Ampenan mengalami pendangkalan sehingga tidak cocok lagi untuk menjadi pelabuhan. Saat ini kamu masih bisa melihat bekas pelabuhannya dengan memancing, ditemani jagung bakar dan kudapan sore lainnya.

Baca juga: Tips Wisata & Berbelanja

5. Pantai Ampenan Yang Indah

Ampenan juga memiliki pantai yang indah. Ketika kamu sampai disana, bersiaplah untuk disuguhi panorama yang indah apalagi disaat matahari terbenam. Saat momen sunset inilah banyak masyarakat dan wisatawan datang ke pesisir pantai sembari menikmati lezatnya jagung bakar dan panorama laut yang indah. Selain di pantai, pemandangan sunset di Kota Tua Ampenan Lombok juga menarik. Cahaya senja dan Mega-mega merah yang menyelimuti bangunan di Kota Tua Ampenan seolah membawa kita ke masa lalu.

Sudah puas mencari tahu informasi seputar obyek wisata kota tua di Ampenan Lombok? Jangan khawatir, jika Anda kesana insyaa Allah aslinya akan lebih baik. Karena anda akan bisa berinteraksi langsung dan menikmati kota tersebut. Bukan hanya dengan membaca tulisan saja. Semoga ada umur panjang dan rejeki untuk pergi kesana.

Categories: Wisata

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...