Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Pulau Lombok adalah salah satu pulau dengan destinasi yang tak pernah ada habisnya. Salah satu destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan saat melakukan kunjungan ke Lombok adalah Pura Meru Lombok. Selain sebagai tempat beribadah umat Hindu, pra Meru juga sering dijadikan destinasi wisata saat melakukan kunjungan ke pulau Lombok. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Pura Meru, simaklah ulasan selengkapnya:

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Destinasi Wisata

Pura Meru adalah sebuah pura terbesar agama Hindu yang terbesar di kawasan Lombok. Lokasi pura berada di Jl. Selaparang, Cakranegara, kecamatan Mataram, kota Mataram. Bagi kamu yang akan melakukan kunjungan bisa mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 WITA. Untuk menjangkau kawasan tersebut juga cukup mudah, jika menggunakan angkutan umum hanya dengan Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 per orang dar kota Mataram.

Karena masih aktif untuk ibadah, kami tidak menyarankan saudara muslim masuk ke dalam pura.

Untuk memasuki kawasan pura, para wisatawan tidak dikenakan tarif atau free. Walaupun dalam memasuki kawasan pura gratis, namun dalam pura terdapat berbagai fasilitas pendukung. Diantaranya adalah lahan parkir, ATM, toko souvenir, pasar, dan juga hotel yang dapat kamu sewa.

Keindahan Pura Meru Lombok

Walaupun sebagai tempat beribadah umat hindu, pura meru mempunyai daya Tarik yang membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjungi tempat tersebut. Selain dari segi arsitektur, juga terdapat berbagai bangunan yang membuat para wisatawan kagum. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Mempunyai 3 Bangunan Pura Yang Menjulang Tinggi

Bangunan pura dapat menjulang tinggi karena banyaknya penerapan tingkat atap pada bangunan. Dalam Pura Meru terdapat 2 bangunan pura yang memiliki 9 tingkat atap, yang mewakili Dewa Brahma dan Dewa Wisnu. Untuk bangunan pura yang tertinggi adalah perwakilan dari Dewa Siwa dengan 11 tingkat atap.

Pura Meru Lombok, sumber ig @theokrmr

Pura Meru Lombok, sumber ig @theokrmr

2. Arsitektur Bangunan Yang Cukup Unik

Arsitektur yang diterapkan dalam Pura Meru Lombok adalah budaya Jawa, Bali, dan Lombok. Penerapan perpaduan arsitektur tersebut terlihat pada bagian atap yang bertingkat. Tak hanya pada bagian pura, namun pada gerbang masuk pura juga cukup megah yang menambah kesan apik kawasan pura.

3. Dibangunnya 33 Sanggah

Tak hanya mempunyai bangunan pura yang menjulang tinggi, namun juga mempunyai sanggah yang begitu banyak. sanggah adalah sebuah bangunan kecil berwarna putih dengan jumlah 33 sebagai simbol desa-desa yang turut membantu pembangunan pura. Baca juga : wisata lombok yang aman untuk anak

4. Sake Ulu Dan Sekepat Yang Menambah Kesan Religius

Sake Ulu adalah sebuah bangunan seperti gazebo dengan 8 tiang penyangga yang digunakan untuk tempat sesajen dan juga banten dalam melakukan ritual. Selain itu juga ada Sekepat, yaitu semacam gazebo dengan 4 tiang penyangga yang digunakan oleh Ida Pedande dalam memimpin upacara.

5. Pura Akan Nampak Berbeda Pada Perayaan Pidolan

Jika kamu ingin melihat Pura Meru dengan tampilan yang berbeda, kamu dapat datang berkunjung pada tanggal 23 September. Pada tanggal tersebut diadakannya perayaan Pidonan, para warga akan menghias pura dengan kain dengan 3 warna. Warna yang digunakan adalah merah simbol Dewa Brahma, warna putih simbol Dewa Siwa, dan warna hitam adalah Dewa Wisnu.

Itulah beberapa informasi mengenai Pura Meru Lombok yang dapat menjadi tambahan referensi tempat wisata kamu. Saran dari kami, ambilah paket wisata minimal 3 hari untuk bisa puas menikmati berbagai tempat disana. Oh ya, jika kamu ingin mengunjungi Pura Meru ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memasukinya. Diantaranya adalah untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki kawasan pura. Gunakanlah pakaian yang sopan, dan saat memasuki pura wisatawan harus menggunakan selendang yang sudah disediakan oleh petugas pura. Sekian dari kami, semoga bermanfaat untuk civitas akademika UMY dan yang lainnya.

Categories: Wisata

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...