Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain membeli oleh-oleh, Anda juga bisa membuat perencanaan mengenai barang spesifik ketika Anda berwisata. Dengan kata lain Anda bisa melakukan wisata belanja, dimana Anda memang ‘niat’ untuk shopping ketika berwisata. Lalu bagaimana agar Kita efektif dan membeli barang yang tepat ketika berwisata? Simaklah beberapa tips wisata sambil berbelanja berikut ini.

Destinasi Belanja

Tentukan destinasi khusus berbelanja. Lakukan riset dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tujuan destinasi wisata belanja Anda. Jangan sampai Anda memilih tempat yang memiliki opsi sedikit dalam hal beli-membeli. Pilih destinasi wisata bertitel ‘surga belanja’. Dengan begitu Anda akan berwisata dengan pilihan dan opsi wisata yang memang untuk mereka yang hobi belanja.

Perencanaan

Perencanaan. Jangan berperilaku seperti orang kalap dan sesuka hari menghamburkan uang untuk membeli barang yang tidak perlu. Memilih apa yang mau dibeli membutuhkan perencanaan, terutama dalam pilihan barang dan anggaran. Pikirkan juga jika anda berwisata bersama rombongan. Apakah ada tempat yang cukup untuk menyimpan barang belanja. Kapasitas bagasi bus wisata tentu akan beda dengan jatah bagasi di pesawat bukan?

Susun Daftar

Daftar belanjaan. Daftar belanjaan bukan hanya untuk bahan-bahan makanan tetapi juga untuk barang yang akan dibeli. Pastikan Anda telah menyusun barang apa yang akan dibeli dan barang yang mana yang akan diprioritaskan. Pikirkan juga kemungkinan ketersediaan barang.

Ilustrasi dompet, tips belanja murah sumber unsplash

Ilustrasi dompet, tips belanja murah sumber unsplash

Efektifitas

Uang lebih bisa untuk membeli barang baru. Jangan mentang-mentang banyak uang Anda membeli barang yang tidak perlu. Membelanjakan uang dengan efektif akan membuat Anda mampu membeli lebih banyak barang dengan opsi atau kualitas yang lebih baik. Soal anggaran bisa jadi merupakan tips wisata sambil berbelanja yang penting.

Selektif

Selektif membutuhkan banyak waktu. Berbelanja itu harus tenang (kecuali saat diskon), pastikan Anda punya waktu yang banyak untuk memilih dan melakukan penjelajahan ke toko-toko barang yang akan Anda beli.
Baca juga: Tips Liburan Murah ke Jogja

Dokumentasi

Jangan lupa dokumentasi. Berposelah yang manis di depan toko-toko barang belanjaan Anda. Tidak pas jika Anda berbelanja banyak barang, apalagi barang ternama dan penuh gengsi tanpa mendokumentasikannya.

Relaksasi

Ambil waktu sejenak untuk menikmati suasana sekitar. Jika Anda pergi ke destinasi ‘surga belanja’, Anda bisa beristirahat dan menikmati hiruk-pikuk atau aktivitas orang berbelanja. Sekadar melihat-lihat toko dengan brand terkenal saja sudah merupakan kenikmatan tersendiri.

Efektif dalam Belanja dan Menawar di Tempat yang Tepat

Tidak ada salahnya dengan penghematan, bahkan jika kondisi keuangan Anda sangat baik. Pembelian yang efektif akan membuka opsi atau peluang untuk membeli lebih banyak barang yang Anda inginkan dan tentunya dengan kualitas yang pantas (sesuai harga). Berbicara soal peluang, efektivitas pembelian akan membuat Anda mampu membeli barang menarik yang kadang muncul tidak terduga (momen eh kok ini ada yang lebih bagus).

Tips wisata sambil berbelanja lain yang bisa Anda terapkan adalah pandai menawar di tempat yang tepat. Jangan menawar di toko-toko yang jelas tidak membolehkan Anda untuk menawar. Sebelum menawar, Anda juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada pemandu wisata. Ada juga bisa bertanya pada orang lokal mengenai opininya mengenai barang dijual. Riset terlebih dahulu dengan menggunakan internet juga direkomendasikan.

Categories: Tips Bermanfaat, Wisata

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...