Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Ada yang masih ingat salah satu serial televisi anak-anak yang berjudul teletubbies? Film dengan tokoh-toko boneka yang lucu-lucu ada Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Po. Serial anak-anak ini cukup menjadi favorit anak kecil terutama bagi mereka yang lahir di tahun 90-an. Nah, tau ngga sih? Ternyata di Jogja Kamu bisa bernostagia dengan film tersebut loh, karena ada sebuah desa bernama Desa Teletubbies.

Desa teletubbies? Yap, benar sekali. Ini sebenarnya adalah sebuah perkampungan dengan beberapa rumah penduduk dengan bangunan mirip dengan rumah teletubbies. Komplek perumahan tersebut dinamakan Rumah Drome, namun kebanyakan orang menyebutnya Desa Teletubbies. Ini karena memang bangunannya berbentuk drome, atau kubah, yang mirip dengan rumah para boneka yang ada ada di serial teletubbies lah.

Keberadaan rumahnya juga bukan tanpa alasan ya, karena rumah drome ini pertama kali dibagun sebagai salah satu tempat tinggi para warga yang mendapatkan musibah gempa di Jogja pada tahun 2006 lalu. Arsiterktur rumahnya di rancang untuk benar-benar tahan gempa dan juga tahan api.

Rumah Telebubbies di desa wisata teletubbies jogja, sumber ig azahracacha

Rumah Telebubbies di desa wisata teletubbies jogja, sumber ig azahracacha

Karena bentuk rumahnya yang terbilang cukup unik, membuat kampung tersebut sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Mereka cukup penasaran bagaimana isi rumah tersebut. Karena walaupun bentuknya terlihat kecil namun ternyata di dalam domenya ada beberapa ruangan, dan terbagi menjadi 2 lantai. Saat panas terik udara di rumah tersebut akan dingin, sementara saat hujan para penghuninya akan dihangatkan.

Selain beberapa rumah penduduk yang dapat kamu kunjungi, beberapa sarana pelengkap juga sudah di bangun sehingga wisatawan tidak perlu repot ke luar kampung untuk mencari apa yang dibutuhkan. Seperti klinik, musola, aula, warung dan banyak lagi.

Biasanya di hari minggu atau libur nasional akan ada badut-badut teletubis yang akan menemani wisatawan yang datang, mereka dapat berfoto dengan badut. Sangat menarik apalagi untuk anak-anak.

Sementara itu, kalau kamu menyewa rental mobil Avanza Jogja, kompleks perkampungannya tidak terlalu jauh dari Istana Ratu Boko. Lebih tepatnya lagi ada di Dusun Nglepen, Sumberharjo, Prambanan, Jogja. Untuk bisa sampai di lokasi ini kamu cukup menyusuri jalan Prambanan-Piyungan saja. Bahkan lokasi wisata ini pernah di muat di Net TV lho. Menarik bukan?

Tertarik mengunjungi tempat ini? Yang paling direkomendasikan sih berkunjung saat hari kerja, karena lokasi wisata akan cukup sepi dan tidak dipadati pengunjung. Sehingga kamu bisa dengan sepuasnya menikmati pesona desa teletubbies tersebut. Tapi, kalau saat hari libur juga tidak apa-apa sih, cuma kamu harus siap-siap saja untuk mengantri saat membutuhkan fasilitas seperti toilet.

Jangan lupa bawa kamera ya, agar kamu bisa mendokumentasikan setiap momen yang ada di lokasi wisata tersebut. Kalau kamu menyewa rental mobil Jogja akan lebih baik kamu sudah sekalian menyewa driver agar bisa menikmati perjalanan tanpa harus fokus mengemudi. Terimakasih ya sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk civitas UMY dan masyarakat Jogja pada umumnya. Jazakumullah khair.

Categories: Wisata

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...