Gelora Penerus Sang Pencerah

Informasi dan Wawasan Bagus

Sahabat civitas akademika UMY, apakah ada yang sedang berencana traveling ke Jogja? Sudah menemukan tempat tujuannya belum? Nah, kalau belum bagaimana kalau kamu mengunjungi wisata Jogja Taman Sari? Selain bisa berwisata, kamu juga bisa mengenal lebih dekat sejarah keraton Jogja, karena pasalnya Taman Sari berada di komplek keraton tersebut.

Taman Sari dibangun di atas lahan 10 hektar dan dibagi menjadi beberapa tempat, yaitu gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, dan buatan, kanal air, pulau buatan dan ada juga lorong bawah tanah. Jadi, saat memasuki lokasi wisatanya kamu bisa pilih mau mengunjungi tempat mana dulu.

Sementara itu, pembagiannya dibagi menjadi 4 wilayah. Pertama di sebelah Barat, kamu bisa menemukan danau buatan. Kedua di sebelah Selatan, kamu bisa menemukan bangunan dan kolam pemandian. Ketiga di sebelah selatan bagian kedua, kamu bisa menemukan Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garitajawati. Yang terakhir ada di sebelah timur, bagian pertama dan kedua yang meluas ke arah timur hingga ke tenggara kompleks Magagan.

Foto Taman Sari Yogyakarta

Oiya, konon pemandian yang ada di Taman sari dulunya digunakan sebagai tempat pemandian para putri-putri raja loh. Jadi memang setiap sudut lokasi mengandung unsur bersejarah.

Lalu, bagaimana untuk bisa ke Taman Sari?

Nah, kalau mau ke sini tidak sulit kok. Kalau kamu berangkat dari Alun-alun Selatan Yogyakarta jaraknya hanya 1 km saja, sedangkan kalau berangkat dari Malioboro kamu harus naik kendara menuju arah Selatan tepat ke arah Keraton Jogja atau alun-alun. Selanjutnya ambil jalan ke arah barat Alun-alun sampai menemukan perempatan pertama, lalu belok kiri. Ikuti terus saja jalannya.

Kalau kamu membawa kendaraan akan lebih mudah memarkirkannya di area keraton yang lokasinya ada sebelah timur Alun-alun, kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak. Perjalanan akan semakin asyik karena kamu bisa santai di atas becak sembari menikmati pemandangan bangunan tua Jogja.

Salah satu sudut taman sari Jogja, sumber ig masoege

Salah satu sudut taman sari Jogja, sumber ig masoege

Untuk informasi pentingnya, lokasi wisata ini biasanya buka setiap hari. Jadi, kamu bisa datang kapan saja. Namun, jam bukanya akan dibatasi dari pukul 8 pagi sampai 2 siang. Sementara untuk harga tiket masuknya, kamu bisa menyiapkan 3 ribu rupiah saja kalau kamu wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya 7 ribu rupiah. Cukup murah lah untuk bisa menikmati bangunan bersejarah Taman Sari.

Nah, buat kamu yang memang sudah berniat ingin mengunjungi wisata Jogja Taman Sari, jangan lupa siapkan alat dokumentasimu! Karena kamu harus mengabadikan setiap tempat bersejarah yang ada di lokasi wisata Taman sari. Agar lebih mudah kesana, bisa juga menggunakan jasa dari perusahaan rental mobil Innova di Yogyakarta yang anda pilih. Insyaa Allah akan lebih mudah dan nyaman dibandingkan jalan kaki atau naik kendaraan umum.

Setelah asik berjalan-jalan, jika lelah kamu bisa langsung menikmati wisata kuliner khas Jogja. Kamu akan menemukan pedagang kaki lima di luar komplek tempat wisata, jajan-jajan murah namun rasanya tetap Jogja banget.

Sumber foto : https://www.cvtugurentcar.com/taman-sari/

Categories: Wisata

About Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.

PROFIL AKU

Abu Ziyad

Menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk UMY ataupun di masyarakat. Itulah cita-cita mulia muslim sejati.


Popular Posts

Tips Memilih Rental

Yogyakarta memang kota dengan segudang potensi yang ada. Mulai dari ...

5 Tips Liburan Ke Jo

Destinasi wisata di Jogja merupakan tempat yang sangat diinginkan bagi ...

Inilah 7 Tips Wisata

Berbelanja oleh-oleh merupakan hal yang biasa ketika Anda berwisata. Selain ...

4 Langkah Mengembang

Salah satu jenis bisnis yang dapat jadi bahan pertimbangan orang-orang ...

Wisata Sejarah di Ko

Kota Tua Ampenan di Lombok, merupakan salah satu dari 43 ...