Ada Apa dengan Ekonomi ?

Hanya Blog UMY situs lain

UK 2 Bibliography

Posted by 20160430175 0 Comment

Karimi, Yesika Resianna Barimbing dan Ni Luh. “Pengaruh PAD Tenaga Kerja, dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Bali.” E-Jurnal EP Unud, 2012: 434-450.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  simultan  dan  parsial PAD,  tenaga kerja,   dan   investasi   terhadap   pertumbuhan   ekonomi.   Sumber   data   adalah   data   sekunder menggunakan data panel yang terdiri atas data time series selama lima tahun dan data cross section sebanyak  sembilan  Kabupaten/Kota  yang  menghasilkan 45  observasi.  Teknik  analisis  yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini adalah dengan model analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan PAD, tenaga kerja, dan investasi berpengaruh signifikanterhadap pertumbuhan ekonomi di Bali.Secara parsial PAD dan tenaga  kerja  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  pertumbuhan  ekonomi  di  Provinsi  Bali, sedangkan investasi tidak berpengaruh signifikan.

Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk daerah-daerah lainnya untuk mengetahui apakah idikator-indikator ekonominya berpengaruh secara signifikan atau tidak terhadap pertumbuhan ekonomi di daerahnya.

Menajang, haedy. “Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado.” 2009.

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi dan angkatan kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Manado. Data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah data tahunan dari tahun 2000 sampaidengan tahun 2009. Variabel terikat dalam penelitian itu adalah Produk Domestik Regional Bruto, sedangkan variabel bebasnya adalah tingkat investasi dan tenaga kerja. Sejalan dengan masalah dan hipotesis dalam penelitian, maka penelitian tersebut menggunakan metode statistika dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda dan ditransformasikan dalam bentuk logaritma. Berdasarkan uji F dengan melihat probabilitas dari nilai F 89,962 pada tingkatan α 1 %, variable tingkat investasi dan tenaga kerja, secara bersama-sama berpengaruh terhadap produk domestik regional bruto Kota Manado. Besarnya R2, berdasarkan hasil analisis diperoleh sebesar 0,962, ini berarti pengaruh variable tingkat investasi dan tenaga kerja terhadap produk domestik regional bruto Kota Manado secara bersama-sama adalah sebesar 96,2 %. Secara parsial yang ditunjukkan dengan uji t, variabel tingkat investasi dan tenaga kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap produk domesik regional bruto Kota Manado. Adapun saran dari penelitian jurnal tersebut antara lain : pemerintah daerah hendaknya menciptakan iklim investasi yang kondusif dengan jalan memberikan kepastian hukum, kemudahan perijinan dan perbaikan dan penambahan infrastrukur. Selain itu peningkatan kemampuan dan ketrampilan tenaga kerja juga sangat diperlukan mengingat persaingan yang semakin mengglobal dan sebagai upaya menarik pihak ketiga untuk datang ke daerah yang memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang tinggi.

 Sasana, Hadi. “Analisis Dampak Pertumbuhan Ekonomi, Kesenjangan Antar.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 2009: Vol. 16 hal. 50-59.

Di era otonomi dan desentralisasi fiskal, pemerintah daerah disediakan dengan otoritas untuk meningkatkan penghasilan mereka dan untuk melakukan fungsi alokatif dalam pengaturan prioritas pembangunan daerah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh pertumbuhan ekonomi, ketidaksetaraan antar-daerah, pekerjaan, pada kesejahteraan di tingkat kabupaten / kota di Provinsi Jawa Tengah.

Populasi penelitian terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kotamadya, yang mempekerjakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah dan tingkat kabupaten / kota di Provinsi Jawa Tengah dalam kurun waktu tahun 2001 ke atas hingga 2005. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pertumbuhan ekonomi memiliki positif dan pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan di tingkat kabupaten / kota di Jawa Tengah Propinsi. Kedua, ketidaksetaraan antar-daerah memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kesejahteraan di tingkat kabupaten / kota di Provinsi Jawa Tengah. Ketiga, tingkat pekerjaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kesejahteraan di tingkat kabupaten / kota di Provinsi Jawa Tengah.

Dewi Ernita, Syamsul Amar, Efrizal Sofyan. Januari 2013. “Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Konsumsi di Indonesia.” Jurnal Kajian Ekonomi, Vol. I, No. 2.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh konsumsi, investasi,pengeluaran pemerintah, dan ekspor neto untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia, (2) Efek suku bunga, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi untuk investasi di Indonesia, (3) Efek dari pendapatan sekali pakai, konsumsi sebelumnya, dan tingkat bunga konsumsi di Indonesia. Data dalam bentuk seri waktu dari kuartal pertama 2001 hingga kuartal keempat tahun 2010. Penelitian ini menggunakan persamaan simultan analisis model dalam bentuk Two Stage Least Square (2 SLS). Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) konsumsi, investasi, pemerintah belanja, dan ekspor neto memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap ekonomi pertumbuhan di Indonesia. Jika konsumsi, investasi, belanja pemerintah, dan Ekspor bersih meningkat, pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat. (2) Suku bunga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap investasi di Indonesia, sementara inflasi pengaruh signifikan dan negatif terhadap investasi di Indonesia. Jika suku bunga dan inflasi turun investasi akan naik, sedangkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan dan dampak positif terhadap investasi di Indonesia. (3) Penghasilan dan konsumsi sebelum dampak positif yang signifikan terhadap konsumsi di Indonesia. Jika pendapatan yang dibelanjakan dan konsumsi meningkat, belanja konsumen lebih awal juga meningkat. Dan suku bunga memiliki efek negatif yang signifikan terhadap konsumsi di Indonesia.

Putri, Phany Ineke. 2014. “Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Belanja Modal, dan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa.” Journal of Economics and Policy 100-102.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis investasi dalam negeri, realisasi FDI, tenaga kerja, belanja modal, dan infrastruktur untuk pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa dari 2007 hingga 2011. Penelitian ini menggunakan data panel dalam urutan kronologis (seri waktu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah OLS (Ordinary Least Square) dan eviews dari 6 program hasil menunjukkan bahwa investasi domestik, belanja modal, tenaga kerja, infrastruktur memiliki efek positif yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa. Selanjutnya, jalan non-aspal memiliki efek positif tetapi tidak signifikan pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa

 

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20160430175


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

UK 1 Perekonomian In

INDONESIAN ECONOMY COMPETENCY EXAM 1     Questions: Wajib How is the Economy condition of ...

UK 2 Bibliography

Karimi, Yesika Resianna Barimbing dan Ni Luh. “Pengaruh PAD Tenaga ...

Tugas Resume

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan mengenai realisasi ...