Hi Minna !

Just another Blog UMY site

Setiap bangunan rumah adat di berbagai wilayah yang terbagi-bagi atas suku dan budaya di Indonesia menjadi simbol dan ciri khas dari masing-masing adat. Rumah yang dijadikan sebagai simbol kebesaran juga memiliki makna dan filosofi penting. Begitupun dengan salah satu jenis rumah adat Jawa yang populer yakni Joglo, ada berbagai filosofi penting yang perlu diketahui.

sumber : https://guratgarut.com

5 Makna dari Filosofi Bangunan Rumah Adat Joglo

Rumah adat Joglo yang dikenal sebagai rumah adat Jawa mungkin dapat dipahami sebagai simbol suku Jawa saja. Namun, lebih dari itu rumah Joglo memiliki makna dan filosofi penting di setiap bangunannya sehingga Anda perlu memahaminya dengan baik terlepas dari rumah modern masa kini. Berikut adalah beberapa filosofi dari tiap bagian pada rumah Joglo.

1. Tiang Penopang Atap Joglo

Ciri khas dari bangunan rumah Joglo adalah materialnya yang hampir keseluruhan terbuat dari kayu jati segingga membuatnya sangat kokoh dan tampak megah. Joglo memiliki atap yang bentuknya unik, atap tersebut ditopang oleh tiang utama berjumlah empat buah. Tiang atap disebut sebagai Soko Guru yang mewakili energi atau kekuatan dari empat mata angin.

Pada empat tiang penopang tersebut terdapat makna spiritual, yakni manusia yang hidup di tengah empat penjuru mata angin secara berpotongan. Di sinilah muncul kepercayaan bahwa dari tempat tersebut terdapat kekuatan magis tingkat tinggi. Titik perpotongan penopang disbut sebagai Manunggaling Kiblat Papat.

Bagian tiang penopang ini biasanya terletak di ruang utama untuk menopang atap secara keseluruhan sehingga membentuk bangun mirip limas. Kemudian terdapat beberapa bagian rumah Joglo yang juga memiliki filosofi masing-masing, yakni dalem atau ruang keluarga,  pendopo, pringgitan, dan sethong.

2. Pendopo Rumah Joglo

Pendopo rumah ini bisa juga Anda pahami sebagai teras karena dibuat tanpa dinding dan terletak bagian utama depan rumah. Teras atau pendopo ini memiliki tiang penyangga sesuai dengan bentuknya. Bagian pendopo dibuat dengan makna yang mirip sesuai karakter masyarakat adat Jawa yakni bersikap hangat dan terbuka kepada para tamunya.

Pendopo yang asli sebenarnya juga tidak memerlukan perabot seperti meja atau kursi. Cukup dengan menggelar beberapa tirai saja untuk menyambut para tamu dan berbicara santai antara tamu dengan tuan rumah. Hal ini memiliki makna berupa kesetaraan antara kedua pihak tersebut.

3. Pringgitan Rumah Joglo

Pringgitan merupakan tempat yang dianggap suci dan memiliki simbol yang menggambarkan bayang-baayang Dewi Padi sebagai sumber kesuburan dan kebahagiaan. Letaknya tepat di antara pendopo dan dalem rumah Joglo. Biasanya tempat ini juga digunakan untuk mengadakan pagelaran wayang dan berkaitan dengan ruwatan.

4. Ruang Dalem Rumah Joglo

Bagian dalem bisa dipahami sebagai ruang keluarga yang umumnya terletak di bagian tengah rumah dengan ukuran yang sangat luas disertai penopang empat tiang. Bentuk dalem ini dibangun dengan dinding dan cukup tertutup. Di dalamnya juga terdapat beberapa bilik kamar yang disebut sebagai senthong.

5. Senthong Rumah Joglo

Senthong atau bilik kamar pada rumah Joglo sebenarnya hanya dibuat tiga ruangan saja. Fngsinya untuk kamar laki-laki di bilik pertama dan kamar perempuan di bilik yang ketiga, sementara bilik kedua harus dikosongkan. Dahulu bilik kedua dijadikan sebagai krobongan yang menjadi tempat pemujaan kepada Dewi Sri berisi perlengkapan tidur dan pusaka.

Seluruh penjelasan di atas perlu Anda pahami agar memiliki kesadaran dan kepedulian yang besar terhadap warisan budaya lokal serta hasil karya cipta sejarah. Karena Anda juga berasal dari lingkungan tempat tinggal yang erat kaitannya dengan sejarah perkembangan budaya. Kunjungi website guratgarut untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai rumah adat lainnya. Terima kasih.

Categories: rumah adat

PROFIL AKU

Minna


Popular Posts

Giat Belajar Bahasa

こんにちは みんな !! ^^ Postingan kali ini tentang giat belajar bahasa ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

First Post !

--Testing my first post ^^-- Kiroro - Mirai E Hora ashimoto wo ...

Tugas Literasi Tenta

https://youtu.be/92TQH8lUSLI

Penjelasan Seputar L

Laser engraving sebenarnya bukan barang baru. Teknologi ini sudah banyak ...