Afiqipedia

Just another Blog UMY site

Indonesia Tangguh

Posted by m.rafiquddin_ahsan 0 Comment

Indonesia Tangguh merupakan film yang menyajikan 5 film dokumenter yang juga merupakan 5 finalis eagle award “documentary competition”. Ke 5 film tersebut antara lain;
1. Setitik Asa Dalam Lumpur
film ini bercerita tentang desa besuki dan porong yang merupakan desa yang terkena bencana lumpur lapindo. Bagaimana warga desa tersebut berupaya untuk tetap bertahan hidup dalam keadaan yang begitu memprihatinkan. Mulai dari belajar menanam sayuran, anak – anak belajar alat musik tradisional sekaligus sebagai pelipur lara mereka, dan para pengajar yang setia bertahan meski hanya digaji 100 ribu per bulan.
2. Pelindung Pantai Ambonia
film ini bercerita tentang seorang nelayan bernama Dominggus Sinanu dan upayanya dalam menyelamatkan teluk ambon dari berbagai efek negatif yang disebabkan pembangunan kota. Pria pemegang penghargaan kalpataru ini memilii sebuah harapan agar Ambon menjadi tempat yang indah, menjadi Ambon manise.
3. Mimpi di Kandang Wedhus Gembel
film bercerita tentang penduduk desa balerante, sebuah desa yang hanya berjarak 5,7 km dari puncak merapi dan upayanya untuk tetap tinggal di situ meski pemerintah telah mencanagkan relokasi dan menjadikan kawasan tersebut sebagai hutan konservasi. Penduduk balerante menolak ajakan pemerintah untuk pindah karena rasa cinta mereka pada tempat, budaya, tradisi dan kepercayaan mereka pada mitos yang berkembang. Upaya mereka yaitu membangun induk balerante, museum merapi dan batik merapi balerante, yang juga diandalkan untuk meningkatkan perekonomian serta menunjukkan bahwa mereka dapat hidup harmonis ditengah ancaman bencana.
4. Kampung Rob ditengah Kota
film ini tentang warga di desa Kemijen Semarang Utara yang dilanda bencana rob, yakni naiknya permukaan air laut ke daratan secara permanen. Dalam film ini dikisahkan seorang warga bernama Supardi Warno yang mengajak warga sekitar bangkit dan menyulap bencana menjadi sumber penghasilan, yaitu mengubahnya menjadi kolam pemancingan.
5. Gaung Sang Penakluk Asap
menceritakan kisah hidup warga dayak di desa Kubupadi Pontianak yang berada di tengah perkebunan sawit. Mencoba beradaptasi dengan perkembangan zaman.

 

Categories: karyaku dan teman

PROFIL AKU

m.rafiquddin_ahsan


Popular Posts

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

When I'm hungry, I w

Hari ini aku sedang menjalankan puasa senin kamis, (maklum anak ...

palestine

Milisi Abbas Tangkap 8 Pendukung Hamas [ 01/12/2010 - 09:05 ...

Hello!!!!!

hallo saudaraku!!! SELAMAT DATANG

Fabel: Si Kancil Yan

Suatu hari. Si Kancil merasa sangat lapar, ia berkelana mencari ...