Afiqipedia

Just another Blog UMY site

Penanganan Kebakaran

Posted by m.rafiquddin_ahsan 0 Comment

“Kebakaran Tanggung Jawab Bersama, Minimalisir Terjadinya”

 

Sadar faktor penyebab kebakaran

Bencana kebakaran merupakan salah satu bencana yang dengan mudah menghampiri, tak lain terjadi karena kelalaian dan peralatan teknis manusia itu sendiri. Di kota besar khususnya, gedung dan perumahan yang saling berhimpitan menyebabka kebakaran kecil menjadi besar dan kerusakan, kerugian serta korban jiwa menjadi akhir dari lahapan si jago merah ini. Untuk itu sebelum kebakaran terjadi perlu diperhatikan beberapa hal penting yang dapat menjadi faktor terjadinya kebakaran;

Beban stop kontak yang terlalu berat karena terhubung dengan banyak peralatan elektronik serta kondisi kabel yang sudah tidak layak dapat menyebabkan korsleting dan terjadi kebakaran. Solar, minyak tanah, dan bensin merupakan jenis cairan yang mudah terbakar. Tidak hanya itu, ternyata lem dan parfum anda pun bisa membuat kebakaran menjadi lebih besar. Perlengkapan masak seperti kompor dan gas yang dapat meledak jika lalai dalam pengoperasiannya.

 

Prosedur penanganan pemadam kebakaran

            Namun jika kebakaran terlanjur terjadi, petugas pemadam kebakaran siap sedia melayani 24 jam, yang tersedia di tiap kota seperti kota Yogyakarta. Sayangnya banyak warga khususnya yang berada di wilayah desa belum memahami bagaimana prosedur penanganan kebakaran mulai dari mendapati tanda kebakaran dan menghubungi kantor pemadam kebakaran.

“ya saya juga sebenarnya masih bingung kalau mau menghubungi pemadam itu ke mana ya, ya mungkin nanti lapor ke RT biar nanati dipanggilin mobil pemadam” tutur Ida salah seorang ibu rumah tangga Tamantirta, Bantul, Yogyakarta.

Muhammad Farid selaku komandan kompi pemadam kebakaran (PK) kota Yogyakarta menghimbau bahwa kebakaran merupakan tanggung jawab bersama, sehingga ketika mendapati tanda kebakaran, segera minimalisir terjadinya yakni segera menyiram atau menggunakan benda lain yang dapat digunakan untuk memadamkan, segera menghubungi PK. Untuk menghubungi PK dapat melalui  telpon ke no 113 untuk PK nasional, dan 7474704 atau 587101 untuk PK kota yogyakarta, atau dapat melalui radio pada frekuansi 165350. langkah cepat tanggap dalam meminimalisir sangat penting mengingat PK tentu membutuhkan waktu ke lokasi (respon time).

M. Farid juga menegaskan dalam pemanggilan PK juga perlu diperhatikan atau penting untuk menginfokan dimana lokasi atau alamat pasti, siapa diri pelapor ini dan no telp yang digunakan. Hal tesebut dibutuhkan untuk kemudian dilacak kebenaran info tersebut. Pihak PK akan menghubungi informan yang tersebar di seluruh kota memastikan kebenaran info. Setelah info dinyatakan benar maka satu unit mobil PK akan segera meluncur ke lokasi. sebelum sampai di lokasi ketika petugas melihat asap yang ditimbulkan besar sehingga diperkirakan kebakaran cukup besar, maka petugas segera menghubungi unit lain bahkan bantuan dari kantor PK lain.

Waktu yang dibutuhkan dalam melacak kebenaran informasi sampai pada pemberankatan unit sampai kelokasi disebut dengan respon time, yang memang membutuhkan waktu, M Farid menuturkan agar warga dapat memaklumi pabila terjadi keterlambatan dari pihak PK.

            Setiap pemberangkatan satu unit PK akan diiringi dengan mobil korban dan/atau ambulance, sehingga jika dalam kebakaran terdapat korban jiwa dapat segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Bencana kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dengan memahami langkah pencegahan dan penanggulangannya diharapkan dapat mengurangi kemungkinan terjadi dan kerugian serta korban jiwa ketika mengahadapinya.

Categories: asik asik

PROFIL AKU

m.rafiquddin_ahsan


Popular Posts

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

When I'm hungry, I w

Hari ini aku sedang menjalankan puasa senin kamis, (maklum anak ...

palestine

Milisi Abbas Tangkap 8 Pendukung Hamas [ 01/12/2010 - 09:05 ...

Hello!!!!!

hallo saudaraku!!! SELAMAT DATANG

Fabel: Si Kancil Yan

Suatu hari. Si Kancil merasa sangat lapar, ia berkelana mencari ...