KESAN DAN PESAN SELAMA DI UMY

Kesan selama di UMY khususnya di fakultas pertanian : Mungkin kalau kita bicara tentang kesan, pasti didalam benak kita akan timbul sesuatu jawaban dimana itu pasti terdapat kesan yang baik maupun yang kurang baik. Saya sendiri khususnya sangat senang bisa masuk atau bergabung dalam UMY khususnya di fakultas pertanian ini.

Disini saya dibimbing dengan baik serta satu hal lagi yang sangat bermanfaat bagi saya pendidikan di UMY di dasarkan atau di imbangi dengan ajaran agama islam yang itu semua lambat laun akan memperbaiki kondisi rohani kita. Dan menurut saya kesan yang saya alami disini hanya kesan yang baik – baik saja, mudah – mudahan kedepan tidak timbul kesan yang tidak diinginkan atau dalam arti kesan yang kurang baik tadi.

Komentar atau opini tentang UMY : secara umum UMY sudah dapat dikatakan universitas dengan kwalitas yang baik dimana pola pendidikannya sudah diterapkan atas dasar unggul dan islami yang semua itu belum tentu ada pada perguruan swasta maupun negeri yang lain. Khususnya fakultas pertanian untuk saat ini sudah cukup baik dalam segi pembelajaran, tetapi halnya dengan segi uji kompetensi maupun praktikum saya belum sampai mengalaminya karena baru menginjak mahasiswa baru semester I.

Untuk pesan saya kedepan terhadap UMY tetap tingkatkan pola pendidikan kita sebaik mungkin dengan mendasarkan ajaran islam supaya nantinya menghasilkan sumber daya manusia yang berprestasi, intellectual, dan islami.

link umy.ac.id

PERSONAL BRANDING DENGAN BLOG

Diawal kemunculannya, blog lebih banyak digunakan untuk tempat curhat atau tempat menulis uneg-uneg pemiliknya. Berkembang kemudian blog dijadikan untuk mencari uang (blog monetize) dan akhirnya muncul lagi pemanfaatan blog untuk personal branding.

Personal branding sendiri adalah sebuah proses untuk memasarkan diri kita kepada orang lain, apalagi dimasa sekarang ini, urusan pencitraan tetap tidak hilang dari kehidupan umat manusia. Bahkan akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi informasi.

Dengan personal branding secara efektif, anda akan mampu menjadi ahli dalam bidang tertentu. Misalnya membangun reputasi solid dalam industry serta meningkatkan reputasi dan nama baik dipasaran. Tujuan personal branding itu sendiri adalah supaya bisa atau dapat memounyai identitas atau image yang menonjol dan berbeda dari yang lain. Setelah anda focus dan mampu menyampaikan pesan tentang siapa diri anda, langkah terakhir adalah menyebarkan semua itu dengan menggunakan media – media yang cocok atau yang digunakan oleh audiens anda.

Jadi setiap orang dengan blog mereka dapat memposisikan diri mereka sesuai dengan apa yang mereka minati. Contohnya : Dan Schwabel yang dikenal sebagai ekspert dibidang personal branding menggunakan blognya yang terkenal Dan Schwabel.com untuk memposisikan dirinya sebagai ahli dibidang personal branding. Anda pun dapat melakukannya sesuai dengan bidang yang anda minati karena memang personal branding tidak selalu milik para blogger atau penulis saja.

Diluar sana banyak sekali yang membutuhkan personal branding, misalnya : dunia marketing, dunia iptek, dunia wisata, dunia fotografi dan masih banyak yang lain. Terakhir sangat penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara instan dalam personal branding. Semua itu perlu waktu dan proses sehingga kita, karya kita dan pendapay – pendapat kita bisa diakui dan dipercaya oleh masyarakat.

link umy.ac.id

MELESTARIKAN LINGKUNGAN UNTUK MENCEGAH PEMANASAN GLOBAL

Potensi kerusakan yang begitu dahsyat akibat pemanasan global (global warming) memerlukan strategi untuk mencegahnya secara global pula. Selain efeknya terhadap lingkungan, pemanasan global yang mengakibatkan perubahan iklim (climate change) juga memberikan efek serius pada kehidupan sosial masyarakat. Lebih memilukan lagi, masyarakat yang terkena langsung efeknya adalah masyarakat miskin.

Hal tersebut terjadi karena golongan masyarakat miskin tidak memiliki kemampuan finansial memadai untuk melakukan tindakan adaptasi, terutama kelompok masyarakat yang kebutuhan hidupnya bergantung pada alam, seperti nelayan, petani, dan pekerjaan sejenisnya. Pasalnya, nelayan harus berlayar ke tengah laut untuk menangkap ikan karena ikan-ikan yang menjadi target tangkapan menjauhi daerah dekat pantai akibat pemutihan terumbu karang. Demikian juga petani, mereka akan kesulitan menanam tanaman dengan berubahnya iklim dan kondisi cuaca yang sulit diprediksi.

Dampak lain dari pemanasan global adalah sejumlah keanekaragaman hayati terancam punah akibat peningkatan suhu bumi. Akibat pemanasan global, setiap spesies juga harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dimana habitatnya mengalami penurunan kualitas. Setidaknya sebagai makhluk yang tinggal satu atap di planet bumi, kita tak akan membiarkan bumi ini kian lama kian meradang. Strategi pertama dan utama yang lebih baik dilakukan untuk mengurangi efek pemanasan global. Tentu saja adalah dengan mengubah perilaku individu, karena pemahaman terhadap efek dari pemanasan global yang ditanamkan hari ini berdampak besar pada generasi mendatang di kemudian hari, seperti menghemat penggunaan air dan lebih berhemat pada pemakaian listrik.

Pemanasan global terjadi karena terlalu banyak gas rumah kaca yang lepas di atmosfer. Gas rumah kaca didominasi oleh karbondioksida (CO2). Sebagian besar CO2 dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Atas dasar itu, penghematan dalam pemakaian listrik secara tidak langsung juga akan mengurangi kadar CO2 di atmosfer. Selain itu, efek pemanasan global dapat direduksi dengan melakukan penanaman pohon. Oleh karena CO2 dipergunakan tanaman untuk fotosintesis, maka penanaman pohon dalam jumlah banyak dapat menjadi solusi.

Pada titik ini, penanaman pohon secara massal perlu dilakukan, misalnya dengan membuat taman kota dan hutan kota serta menggalakkan kewajiban menanam pohon bagi instansi, perumahan atau lembaga lain. Sisi lain yang tak mungkin dilupakan untuk mencegah pemanasan global adalah dengan upaya pelestarian hutan.

Masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama-sama dalam menjaga hutan dari kebakaran. Negara-negara lain memandang kebakaran hutan yang kerap kali terjadi di Indonesia merupakan penyumbang CO2 terbesar di dunia. Bahkan, diwartakan di beberapa media massa bahwa Indonesia dituding menjadi negara ketiga penyumbang pemanasan global karena penebangan dan pembakaran hutannya yang cukup besar. Begitu juga dengan memperbaiki kualitas kendaraan dengan uji emisi dapat mereduksi efek dari pemanasan global. Perlu juga dilakukan adalah dengan membina kelompok pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pecinta lingkungan untuk bersama-sama berjuang mengatasi efek dari pemanasan global.

Upaya sadar lingkungan harus mulai digerakkan sedini mungkin pada anak-anak dan remaja. Yang jelas, strategi dan upaya untuk mereduksi efek pemanasan global haruslah didukung oleh segenap pihak. Meskipun hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung dan cepat, upaya mengatasi dampak pemanasan global yang dilakukan saat ini akan dirasakan manfaatnya kelak. Efek pemanasan global tidak dapat dicegah hanya melalui individu, melainkan membutuhkan kerja sama semua pihak. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kita memulai upaya sadar lingkungan mulai saat ini demi generasi yang akan datang. Mari bertindak nyata demi masa depan bersama.

 link umy.ac.id

GENERASI MUDA DAN PERTANIAN

Di era sekarang ini, generasi muda sangatlah penting dalam proses meningkatkan prospek pembangunan pertanian. Dimana kebutuhan yang akan terus meningkat sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu peran generasi muda sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan mahluk hidup khususnya manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia mengalami berbagai masalah yang mengancam kehidupan seperti krisis pangan, energi dan lingkungan. Tumpuan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut demi keberlanjutan akan kehidupan yang hakiki, pertanian mempunyai peran penting didalamnya yang semua itu haruslah didukung dengan adanya peran para generasi muda.

Pada fase inilah, pemuda dapat mengeluarkan gagasan – gagasan cemerlangnya guna kemajuan petani dan pertanian indonesia. Namun demikian seyogyanya perlu ada pengetahuan pemahaman yang cukup mendalam dan komprehensif terkait kondisi riil pertanian dengan segala permasalahannya serta dengan formulasi jalan keluarnya. Jangan sampai para pemuda yang memiliki intellektual dan kekuatan cara berfikir tidak mampu mengoptimalkan apa yang mereka miliki untuk peka terhadap permasalahan yang terjadi. Apabila para pemuda yang memiliki pengetahuan yang mendalam, tentunya akan sangat bermanfaat bagi pembangunan di sektor pertanian

Untuk itu beberapa peran yang dapat diambil oleh para pemuda dalam rangka meningkatkan pembangunan di sektor pertanian adalah sebagai berikut :

1.  Mengambil peran besar dalam proses pembuatan kebijakan di sektor pertanian.

Kebijakan-kebijakan pertanian yang dihasilkan oleh Pemerintah ataupun oleh Pemerintah dan DPR perlu mendapat masukan dan pada fase inilah, para pemuda dapat mengeluarkan gagasan-gagasan cemerlangnya guna kemajuan petani dan pertanian Indonesia. Namun demikian, seyogyanya perlu ada pengetahuan dan pemahaman yang cukup mendalam dan komprehensif terkait kondisi riil pertanian dengan segala permasalahannya serta dengan formulasi jalan keluarnya. Jangan sampai, para pemuda yang memiliki idealisme dan kekuatan cara berpikir tidak mampu mengoptimalkan apa yang mereka miliki untuk peka terhadap permasalahan yang terjadi. Apabila para pemuda memiliki pengetahuan yang mendalam dan punya data-data empirik, tentunya akan sangat bermanfaat bagi pembuatan kebijakan di sektor pertanian.

2.  Melakukan pengawasan terhadap program – program pertanian.

Kenapa hal tersebut terjadi? Setidaknya, kita dapat melihat bahwa proses pengawasan yang wewenangnya diberikan kepada daerah melalui pembentukan Komisi Pengawas yang berjalan sudah optimal apa belum sih. Nah disinilah peran pemuda dapat diberikan untuk menambal lemahnya sistem pengawasan tersebut.

3.  Melakukan pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani.

Salah satu hal yang dapat diberikan dalam konteks pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani adalah dengan turut serta membangun kelembagaan petani. Berdasarkan pengalaman masa lalu, pengembangan kelembagaan petani cenderung tidak berlangsung lestari karena pengembangan kelembagaan tersebut tidak secara konsisten disertai dengan pemberdayaan petani. Pemberdayaan petani merupakan upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan petani sehingga secara mandiri mampu mengembangkan diri dan usahanya secara berkelanjutan.

4.  Menjadi sumber daya manusia yang berkualitas di sektor pertanian.

Dalam hal ini pemuda harus mempunyai semangat dan keinginan yang tinggi serta didasarkan pada pengetahuan yang dimilikinya untuk berusaha merubah kondisi pertanian di bumi kita ini menjadi lebih baik lagi dan membawa kesejahteraan untuk kita semua.

 link umy.ac.id