Penyakit Pada Tanaman

Penyakit Pada Tanaman

Serangan Bakteri pada Tanaman Kedelai – Balitkabi

Penyakit pada tumbuhan adalah gangguan yang disebabkan oleh mikroorganisme berupa virus, bakteri, fungi (jamur), protozoa (hewan bersel satu), dan cacing nematoda. Sama seperti hama, mikroorganisme juga menyerang berbagai organ tumbuhan, baik bagian akar, batang, daun, dan buah. Mikrorganisme hidup pada organ tumbuhan dan meracuni. Sehingga tumbuhan terhambat pertumbuhanny a dan mati. Penyebaran penyakit pada tumbuhan bisa lewat angin, air, dan serangga. Serangga dapat menular virus, bakteri, jamur, dan protozoa yang berasal dari satu tumbuhan tertentu. Faktor lingkungan juga memengaruhi proses penyebaran penyakit. Mungkin karena kelembaban dan suhu lingkungan.

Macam – macam penyakit pada tanaman :

  1. Jamur

Jamur merupakan organisme heterotrof yang tidak menyusun makanannya sendiri dan merugikan tanama lain (inang). Jamur hampir menyerang menyeluruh bagian tumbuhan, seperti akar, batang, daun dan buah. Pembusukan pada leher akar tanaman yang baru tumbuh (sedang berkecambah). Akibatnya leher akar mengecil sehingga tidak mampu menopang batang tanaman. Batang menjadi busuk dan kering sehingga keadaan tanaman akan rebah.

  1. Bakteri

Tanaman yang terserang bakteri menyebabkan organ tumbuhannya membusuk seperti bagian daun, batang, akar sambil mengeluarkan lender dan bau menusuk.

  1. Virus

Virus merupakan mikroorganisme terkecil yang menyebabkan penyakit mozaik pada daun tembakau Tobaco Mosaiz Virus (TMV). Ada juga yang menyerang tanaman jeruk Vitrus Virus Phloem Degeneration (CVPD).

About Kholil Musthofa 4 Articles
Hi, namaku Kholil, salam satu tanah!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar