liga spanyol

Barcelona sukses menjadi juara di ajang Piala Dunia antarKlub setelah menaklukkan Santos dengan skor telak di International Stadium, Yokohama, Minggu (18/12/2011). Lionel Messi menjadi aktor kemenangan tersebut dengan mencetak dua gol di laga final tersebut.

Barcelona mampu memperlihatkan ciri khas permainan mereka dalam pertandingan ini. Klub asuhan Pep Guardiola ini mendominasi permainan sepanjang babak pertama, umpan-umpan pendek gaya Blaugrana mampu menghipnotis para pemain Santos yang lebih banyak berusaha menahan gempuran anak-anak Catalan ini.

Lionel Messi harus membuat kiper Santos, Rafael berjibaku kala menahan tendangan pemain asal Argentina itu di menit ke-13 setelah Messi melakukan penetrasi dari luar kotak penalti klub asal Brasil itu.

Empat menit berselang, serangan Barca berbuah hasil ketika Xavi Hernandez memberikan umpan kepada Messi yang langsung diselesaikan dengan manis oleh pemain berusia 24 tahun itu dengan cara mencungkil bola dan mengubah skor menjadi 1-0.

Giliran Xavi yang kini unjuk gigi, setelah mendapat umpan Cesc Fabregas, pemain internasional Spanyol itu mampu mengecoh Rafael di menit ke-24 untuk membawa Barcelona unggul 2-0.

Juara Copa Libertadores ini terlihat kurang memberikan perlawanan di 45 menit pertama, Santos lebih banyak mencoba melakukan serangan balik yang sering digagalkan pemain bertahan Blaugrana.

Barca malah berhasil menambah keunggulan mereka di penghujung babak pertama setelah Fabregas memanfaatkan bola rebound yang dihasilkan Messi, sehingga membuat skor sementara menjadi 3-0 untuk keunggulan Barca babak pertama.

Babak kedua

Di babak kedua, Barcelona belum mengendurkan serangannya, bahkan di awal-awal babak kedua, Messi mendapat sebuah peluang setelah Fabregas memberikan umpan yang sayangnya masih bisa dihalau Rafael.

Messi lagi-lagi mendapat sebuah peluang di menit ke-54, pemain hasil didikan La Masia itu tinggal berhadapan dengan Rafael, namun kiper utama Santos itu kembali menyelamatkan gawang timnya dari kebobolan.

Namun, Santos kali ini mencoba keluar menyerang pada menit ke-57, sayang Neymar yang mendapat umpan dari Ganso tidak dapat memaksimalkan kesempatan tersebut karena bola hasil tendangannya masih membentur kaki kiper Barcelona Victor Valdes.

Setelah serangan itu, Barcelona kembali menguasai bola, dan masih mendominasi permainan, malah Azulgrana mampu menambah keunggulan mereka menjadi 4-0 pada menit ke-82 melalui Lionel Messi.

Gol Messi berawal dari penetrasi yang dilakukan Dani Alves yang kemudian mengirim umpan kepadanya. Messi dengan cerdik melewati Rafael dan menceploskan bola ke gawang tanpa terkawal.

Gol itu menjadi gol terakhir Barcelona di laga final Piala Dunia antarKlub 2011 setelah wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Barcelona menjadi juara Piala Dunia antarKlub 2011 sekaligus memastikan gelar kelima mereka sepanjang tahun 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas