character education

Just another Blog UMY site

Kampus Terbaik di Australia Bagi si Calon Dokter

MELBOURNE University of Melbourne merupakan universitas terbaik di Australia yang menawarkan jurusan klinis, praklinis, dan kesehatan.  
Hal ini berdasarkan tabel universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rangking. Dalam daftar, Melbourne berada di peringkat 14.

Melbourne mengalahkan saingan terberatnya, yakni Sydney University yang ada di peringkat 24 dan Monash University yang menempati peringkat 33. Dalam daftar 50 besar, Australia menempatkan empat universitas termasuk University of Queensland di peringkat 42.

Seperti biasa, universitas asal Amerika Serikat dan Inggris mendominasi daftar 10 besar. Tapi, tahun ini Oxford berada di peringkat pertama dan menggeser Harvard yang turun ke posisi kedua. Untuk peringkat ketiga hingga kelima berturut-turut dihuni Imperial College London, University of Cambridge dan John Hopkins University.

Dalam daftar 50 besar, Asia hanya menempatkan tiga universitas, yakni University of Tokyo (peringkat 32), University of Hong Kong (34), dan National University of Singapore (41). Selandia Baru menempatkan satu universitas yakni University of Auckland di peringkat 48.

THE menyatakan, dominasi institusi pendidikan tinggi Amerika dan Inggris terlihat jika mengacu pada pemenang Hadiah Nobel. Diketahui, 90 persen pemenang Nobel di bidang Biologi dan Kedokteran berasal dari dua negara ini. Demikian seperti dikutip dari The Australian, Minggu (30/10/2011).

Tahun ini, Melbourne naik empat tingkat dibandingkan tahun lalu yang ada di peringkat 18. Sementara Sydney dan Monash stabil dibandingkan tahun lalu. Penurunan drastis dialami University of Adelaide. Tahun lalu, Adelaide ada di peringkat 40. Tahun ini, universitas ini tidak masuk dalam daftar. Hal ini terjadi setelah THE mengakui adanya kesalahan dalam perhitungan sehingga peringkat Adelaide melampaui posisi yang seharusnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Melbourne, James Angus mengaku senang melihat kampusnya naik empat peringkat. “Kompetisi ini global dan masih ada beberapa cara untuk masuk daftar 10 besar,” jelasnya.

“Reputasi ini kami terima berkat kerja sama luar biasa dengan rumah sakit dan lembaga penelitian medis, ilmuwan yang luar biasa, serta kolaborasi nasional dan internasional,” pungkasnya.

THE merilis daftar ini berdasarkan data dan analisa yang diberikan oleh partner kerja, Thomson Reuters. THE berasal dari suplemen majalah TIMES yang berbasis di London, Inggris.

sumber: okezone.com

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

ainna nurul


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

  Jakarta, Studi menemukan bahwa anak sekolah dasar kelas 1-3 mendapatkan ...

jalan jalan ke museu

MUSEUM KERETA API AMBARAWA Ikon Kota Ambarawa yang paling terkenal. Walaupun ...

TELCOM INDUSTRI IN USA The shares of telecom stocks have received ...

RIM to be Change in management The Co-Chief Executives of Research ...