Perbedaan Tulisan Ilmiah dan Non Ilmiah

Tulisan ilmiah merupakan tulisan yang berisikan tentang suatu peneletian yang menghasilkan data dan fakta yang saling berhubungan serta dapat dipertanggung jawabkan atau dibuktikan dengan data. Tulisan ilmiah terdiri dari beberapa aturan yaitu : harus sistematis, singkat, jelas, dan menggunakan ragam bahasa yang sesuai pada KBBI, faktual dan objektif, serta disusun dengan aturan-aturan metode penulisan ilmiah. Lalu masukan pada tulisan ilmiah harus berdasarkan bukti-bukti yang ada dan sesuai dengan fakta. Tulisan ilmiah tidak memiliki kaitan dengan emosi karena didalamnya hanya bertujuan untuk menginformasikan bukan untuk memanipulasi emosi si pembaca dan ditulis untuk kepentingan ilmiah.

Contoh : Makalah, Karangan Ilmiah, Laporan penelitian

Sedangkan tulisan non-ilmiah biasanya berasal dari sebuah pengalaman, atau curhatan sesorang yang dicurahkan dalam bentuk tulisan untuk menjadi sebuah karya tulis. Tulisan non-ilmah biasanya juga memiliki hubungan emosi yang kuat karena didalamnya terdapat curahan-curahan dramatisir dari penulisnya agar pembaca dapat lebih merasakan emosi di dalam tulisan tersebut, baik senang, sedih, tertawa, menangis, maupun terharu. Bahasa yang digunakan dalam tulisan ini tidak baku karena merupakan curhatan dari seseorang sehingga ia bebas mengekspresikan emosinya dalam bentuk tulisan, maka dari ini dapat disimpulkan bahwa tulisan non ilmiah lebih bebas daripada tulisan ilmiah, karena didalamnya tidak terikat oleh peraturan-peraturan yang wajib di jalani.

Contoh : Dongeng, cerpen, komik, novel, puisi

About Mahendra Prasetya Aji 4 Articles
Assalamualaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Mahendra Prasetya Aji, saya lahir pada tanggal 12 mei 2002 di Wonosobo, Jawa Tengah, dan sekarang saya kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan agribisnis kelas C
Contact: Website

1 Comment on Perbedaan Tulisan Ilmiah dan Non Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar