Kreasi Menanam Bawang Merah Dengan Pelepah Pisang

Penanaman Bawang Merah

 

Memanfaatkan halaman maupun perkarangan sekitar rumah dengan membudidaya berbagai macam tanaman sayuran organik. Tidak memiliki lahan yang luas bukan berarti menunda untuk berkreasi menanam tanaman sayuran. Proses penanaman sayur di pekarangan rumah juga relatif mudah. Media yang bisa digunakan paralon,pot, plastik hitam atau polybag, bisa juga dengan menggunakan bambu dengan dimodifikasi menjadi seperti rak yang diberi lubang untuk tempat menanam.

 

Dengan pengelolaan budidaya secara organik tanpa menggunakan input kimia sintetis akan membantu kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayuran berarti memperbanyak kandungan gizi alami yang terserap dalam tubuh. Dengan penataan yang baik, suasana rumah akan lebih asri, enak dipandangn dan lebih sejuk.

 

Persiapkan paralon ukuran diameter 5 dim dan panjang 2 meter. Jarak antara lubang dalam deretan adalah 10 cm dan berselang seling antara lubang tanam deret di sebelahnya. Lubangi lubang tanam yang sudah kita tandai dengan Bor. Siapkan dudukkan untuk paralon kemudian cor dengan semen.

 

Setelah itu masukan pipa kecil yang telah di lubangi sepanjang paralon di tengah paralon. Ini berfungsi untuk pemerataan air saat penyiraman. Langkah Terakhir adalah memasukan media tanam (tanah) campuran abu batu, arang batok kelapa, dan pupuk kandang kedalam paralon secara merata. Media pot siap untuk ditanam dengan bawang merah.

 

Apabila disekitar rumah ada tanaman pohon pisang bisa juga dimanfaatkan untuk menanam bawang merah. Batang pohon pisang ditusuk sebesar ukuran sebiji bawang merah dengan jarak 10 cm, selang seling muter. Jangan sampai melukai isi hati  karena bisa membuat  pohon pisangnya mati. Setelah semua siap tinggal masukan benih bawang merah kedalam tusukan batang pohon pisang.

Penanaman bawang merah di batang pohon pisang diperuntukkan untuk diambil daunnya, bukan untuk memperbanyak anakan bawang. Karena wadah ini hanya untuk menyuburkan daunnya saja. Disamping itu system menanam bawang merah di batang pohon pisang tidak berpengaruh pada buah pisangnya. Karena lebih condong mutualisme (tidak merugikan satu sama lain). bawang mengambil nutrisi dan air dari batang pisang, jadi tidak perlu disiram.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar