Pengembangan Infrastruktur BI (Sem 7)

Just another Blog UMY site

“Analisis Kebutuhan Sistem Untuk Pengguna”

Pada tahap requirement gathering, kita harus mengumpulkan kebutuhan S/W selengkap-lengkapnya, kebutuhan fungsional maupun kebutuhan non fungsional. Kebutuhan fungsional berhubungan dengan fitur S/W yang ingin dibuat, sedangkan kebutuhan non fungsional tidak secara langsung terkait pada fitur tertentu. Kebutuhan non fungsional memberikan batasan pada kebutuhan fungional.

Baik kebutuhan fungsional maupun non fungsional, harus dapat diukur dan dievaluasi di akhir pekerjaan, untuk menentukan keberhasilan dan kelengkapan pekerjaan

(User Requirement)”

Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, baik untuk kebutuhan sistem maupun dilihat dari segi pengguna.

Tipe – tipe kebutuhan sistem

Kebutuhan Fungsional (Functional Requirement) adalah jenis kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja yang nantinya dilakukan oleh sistem.

~ Operasional

~ Kinerja

~ Keamanan

~ Politik dan Budaya

Kebutuhan Non Fungsional (Non Functional Requirement) adalah tipe kebutuhan yang berisi properti perilaku yang dimiliki oleh sistem.

~ Kebutuhan Operasinal harus dijelaskan secara teknis bagaimana sistem baruakan beroperasi.

~ Kebutuhan Kinerja dijelaskan seberapa bagus kinerja perangkat lunak yang dikembangkan dalam mengolah data, menampilkan informasi yang menyeluruh.

~ Kebutuhan Keamanan berisi pernyataan tentang mekanisme pengamanan aplikasi, data, maupun transaksi yang akan diimplementasikan pada sistem.

~ Kebutuhan Politik dan Budaya isinya berhubungan dengan isu politik dan budaya.

Studi Kasus pada sebuah perpustakaan

~ Sistem harus dapat melakukan entri buku yang berhubungan dengan pendataan buku.

~ Sistem harus dapat melakukan pendataan anggota.

~ Sistem harus dapat melakukan transaksi peminjaman.

~ Sistem harus dapat melakukan transaksi pengembalian.

~ Sistem harus dapat melakukan laporan keuangan secara otomatis.

Kebutuhan Non Fungsional

~ Operasional

~ Sekuriti

~ Informasi

~ Kinerja

Teknik Pengumpulan Kebutuhan

1. Wawancara : teknik pengumpulan kebutuhan yang paling umum digunakan.

2. Joint Application Development (JAD) : proses kelompok terstruktur yang terfokus untuk menentukan kebutuhan,melibatkan tim proyek,pengguna,dan manajemen bekerja bersama-sama.

3. Kuisioner : sekumpulan pertanyaan tertulis dan biasanya melibatkan banyak orang.

4. Analisis Dokumen : Teknik ini dilakukan dengan mempelajari material yang menggambarkan sistem yang sedang berjalan. Biasanya dokumen yang diamati berupa form,laporan,manual kebijakan,grafik organisasi.

5. Observasi : Teknik observasi biasanya dilakukan bersama-sama dengan teknik pengumpulan kebutuhan sistem yang lainnya.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

alief.setya.2011


Popular Posts

Introduction Data Wa

1. Pengertian Data Warehouse           Data warehouse ...

Arsitektur Data Ware

Arsitektur Data Warehouse adalah sekumpulan aturan atau struktur yang menyediakan ...

Kebutuhan Fungsional

“Analisis Kebutuhan Sistem Untuk Pengguna” Pada tahap requirement gathering, kita harus ...

Pengembangan Metodol

Keberhasilan pengembangan perangkat lunak bergantung pada pengelolaan proyek perangkat  lunak secara keseluruhan. ...

Physical Database De

Physical data model Merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk ...