Aku Disini

Just another Blog UMY site

Multidimensional Database

Posted by alisandy.octahypatia.2011 Comments Off on Multidimensional Database

Multidimensional Database
Apa multidimensional database itu?
Multidimensional database sebagian besar digunakan untuk analisis dan data mining aplikasi. Multidimensional database adalah sebuah form pada database dimana datanya tersimpan pada cell dan posisi tiap cell didefinisikan olehs ebuah nomor hirarki yang disebut dengan dimension. Setiap cell menggambarkan sebuah kejadian bisnis dan nilai dimensi muncul kapan dan dimanapun kejadian bisnis terjadi.
Contoh multidimensional database yaitu Microsoft Analysis Services, Hyperion Essbase dan Cognos PowerCube. Beberapa istilah yang biasa orang gunakan untuk multidimensional database adalah database adalah hypercube, cube, OLAP cube, multidimensional database (singkatannya adalah MDS, MDD atau MDDB) dan multidimensional data store (MDDS).
Secara fisik, MDB adalah file. Untuk memahami bagaimana file MDB secara structural, perhatikan gambar di bawah ini.

7
Gambar 1 Visualisasi multidimensional database dengan dua dimensi

8
Gambar 2 Visualisasi multidimensional database dengan tiga dimensi
Pada gambar 2 terdapat MDB dengan tiga dimensi yang terlihat seperti kubus (cube). Sebuah MDB dengan empat atau lebih dimensi disebut dengan hypercube. Meskipun logika MDB seperti sebuah kubus (MDB tiga dimensi) atau hypercube (MDB empat dimensi), secara fisik mereka tersimpan sebagai array multidimensional dengan memposisikan secara offset. Pada gambar 2 memiliki tiga dimensi yang terdiri dari customer, product dan time. Setiap cell menggambarkan proses bisnis.
Multidimensional database khasnya digunakan untuk bisnis inteligen (Business Intelligence/BI), secara special utnuk Online Analytical Processing (OLAP) dan data mining (DM). keuntungan memakai multidimensional database untuk OLAP dan DM daripada relasi database seperti dimensional data store (DDS) adalah bahwa mereka menggunakan disk yang rendah dan dengan performa yang lebih baik. Multidimensional database menggunakan disk yang rendah dibanding DDS karena tidak menggunakan index seperti DDS. Dan multidimensional database memiliki performa yang lebih baik pada OLAP karena penjumlahan dilakukan sebelum penghitungan dan secara fisik data tersimpan (secara fisik mereka tersimpan sebagai array multidimensional dengan memposisikan secara offset) dengan nomor yang minimal dibandingkan menyimpan di dalam RDBMS.
Online Analytical Processing (OLAP)
OLAP adalh aktivitas yang secara interaktif menganalisa data transaksi bisnis yang tersimpan di dalam data dimensional untuk membuat keputusan taktik dan strategi bisnis. Biasanya orang yang mengerjakan OLAP adalah business analysts, business managers dan executive.
Fungsionalitas pada OLAP dapat dikirim menggunakan relasi database atau menggunakan multidimensional database. OLAP yang menggunakan relasi database dikenal dengan sebutan relational online analytical processing (ROLAP). OLAP yang menggunakan multidimensional database dikenal dengan sebutan multidimensional online analytical processing (MOLAP).

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

alisandy.octahypatia.2011


Popular Posts

UMY ...

Ketika teman-temanku saling berlomba untuk memasuki perguruan tinggi negeri, entah ...

Multidimensional Dat

Multidimensional Database Apa multidimensional database itu? Multidimensional database sebagian besar digunakan untuk ...

Building Reports

Building Reports Data Warehouse Reports Di dalam data warehouse, sebuah laporan adalah ...

Metadata

Metadata Secara umum, metadata adalah data yang mendeskripsikan sebuah data. Sebagai ...

Assuring Data Qualit

Assuring Data Quality Jadi, mengapa data quality penting? Sangat mudah. Katakanlah ...