Mengenal Printer All in One Terbaik dan Cara Merawatnya

13 August 2017

Walau sekarang sudah memasuki zaman serba digital, kebutuhan akan dokumen hard copy tidak semata menjadi hal yang telah ditinggalkan. Malahan, dokumen-dokumen cetak tersebut menjadi sesuatu yang tak bisa tergantikan dengan mudah dan masih dibutuhkan karena fungsi khususnya. Oleh karena itu, kebutuhan mesin cetak menjadi kebutuhan yang wajib, apalagi dikantor-kantor, yang membutuhkan banyak dokumen fisik.

Terlebih lagi, saat ini printer tak hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen saja, tetapi memiliki berbagai fungsi lebih yang tak jarang membantu kerja manusia. Fungsi-fungsi yang dimaksud antara lain adalah untuk pengiriman fax, melakukan fotokopi, ataupun menjadi scanner. Tak heran, banyak model printer sekarang yang mengusung tema All in One, yakni semua fungsi jadi dalam satu printer.

Tentunya hal tersebut akan sangat menghemat kantong anda karena tak perlu lagi membeli secara terpisah. Printer all in One sendiri secara defisini adalah printer yang mampu melakukan berbagai jenis perintah pekerjaan, sehingga sering disebut juga sebagai printer multifungsi. Printer ini akan sangat pas bagi perusahaan untuk efisiensi kerja atau usaha-usaha menengah kecil masyarakat karena akan menghemat pengeluaran.

Tak perlu lagi pusing mencari rekomendasi mengenai printer-printer all in One terbaik, karena kami akan memberikan segenap ulasan singkat tentangnya. Printer-printer dibawah adalah printer terbaru dan terbaik dikelasnya pada 2017. Yuk! Simak ulasan singkatnya.

  • Printer Canon Pixma E560

Canon seri Pixma E560 merupakan printer tipe all in one yang mampu mencetak hingga 800 lembar setiap harinya, atau jika dokumen berwarna bisa mencapai angka300 halaman dengan kertas ukuran A4. Tak heran printer ini pernah tercatat sebagai printer tipe all in one yang paling unggul dan terbaik. Ditambah lagi, printer ini juga dilengkapi dengan teknologi Google Cloud Print, sebuah teknologi yang memungkinkan anda untuk mencetak dari mana pun asal ada internet.

  • Printer Canon Pixma Ink Efficient E400

Tempat kedua diisi oleh printer canon seri Pixma Ink Efficient E400 yang merupakan salah satu printer terbaik di 2017. Tak main-main, printer ini mampu mencetak hingga 400 lembar hitam putih dan 300 lembar dokumen warna. Apalagi dengan harganya yang murah, printer ini bahkan mampu menambahkan teknologi Wi-Fi didalamnya Hal ini dapat menghapus keraguan akan kredibilitas printer ini.

  • Epson L550 All in One

Sejenak terlihat sama dengan printer tipe all in one yang diatas, tetapi bedanya printer pabrikan Epson ini ditambah dengan fungsi fax. Hal ini menjadikan printer ini yang paling cocok untuk kegiatan perkantoran anda.

  • Epson L200 All in One Printer

Printer epson seri L200 ini adalah termasuk yang memiliki harga murah walau kualitasnya yang tak usah diragukan lagi. Printer ini mampu mengerjakan fungsi fotokopi dan scan disamping fungsi utamanya untuk mencetak dokumen.

  • Epson L350 All in One Printer

Epson sebagai raksasa produk printer mempunyai keluaran terbaiknya ditahun 2016, yakni Epson L350. Seperti layaknya printer all in One pada umumnya, Epson L350 mampu melakukan fungsi scan, print, dan copy dengan jumlah fantastis setiap harinya. Bahkan printer ini dilengkapi dengan sensor yang memiliki daya akurasi tinggi. Hal ini membuat hasil scan-nya jernih dan berkualitas tinggi.

  • Printer HP Deskjet 1510 All in One

Printer terakhir namun bukan yang paling buruk adalah HP Deskjet 1510. Seri printer pabrikan HP ini memiliki harga yang relatif terjangkau walaupun menempati peringkat ketiga printer terbaik 2017. Dengan resolusi warna yang besar yaitu 4800 x 1200 dpi, printer ini mampu melakukan scan dengan kualitas tinggi. Apalagi printer ini mampu mencetak 20 dokumen hitam putih hanya dalam waktu satu menit saja.

Tips Untuk Menjaga Keawetan Printer

Sebagian besar orang sering kali mengabaikan perawatan pada printer-printer mereka. Padahal, perawatan yang telaten akan membuat printer mereka jauh lebih awet dan selalu memiliki kinerja baik. Lalu, apa saja tips ampuh untuk menjaga dan merawat printer supaya bisa tetap tahan lama dan memiliki kinerja maksimal? Ini di cara-caranya:

  • Rutin menggunakan printer

Tahukah Anda, dengan jarang atau sama sekali tidak menggunakan printer anda, malah akan membuat printer anda cepat rusak. Oleh karenanya akan lebih baik anda untuk menggunakan printer anda secara teratur dan berkala. Walaupun anda tidak memiliki keperluan mendesak atau kebutuhan untuk mencetak, tetaplah mencetak.

Printer yang rutin digunakan akan menjadi lebih awet dari pada printer yang sama sekali tak pernah disentuh. Hal itu untuk mencegah tinta pada cartridge mengering, sehingga menghambat kinerja si printer.

  • Rutin bersihkan printer

Penting juga bagi anda untuk senantiasa membersihkan printer anda dari kotoran dan debu. Hal itu secara otomatis akan membuat printer anda menjadi jauh lebih awet. Tak usah menunggu printer menjadi kotor, hindari debu-debu untuk masuk kedalam mesin prnter.

  • Kertas yang tepat

Selanjutnya, jangan pernah memaksa printer untuk melakukan pencetakan dengan kertas yang tidak bisa masuk ke mesin printer, atau kertas yang kapasitasnya tak sesuai. Selalu cetak dengan kertas yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi printer anda. Hal itu dikarenakan kertas kusut akan membuat printer anda menjadi macet saat melakukan pencetakan.

  • Jangan pernah membiarkan tinta pada printer kosong

Anda harus segera mengisi ulang tinta pada cartridge printer. Jangan sampai tinta pada printer anda habis atau menunggu cartridge dalam keadaan kosong baru mengisi. Hal itu akan menyebabkan cartridge jadi tersumbat nantinya.

  • Jangan menyentuh cartridge pada printer dengan tangan

Jangan pernah menyentuh chip yang ada pada cartridge dengan tangan secara langsung. Hal itu bisa berdampak pada rusaknya alat pada chip tersebut. Selanjutnya jika rusak, maka listrik statis pada chip akan terganggu dan mengganggu kinerja printer dalam mencetak.

  • Hindari mencetak terlalu banyak

Walau anda mempunyai kebutuhan untuk segera mencetak sejumlah dokumen secara langsung dalam waktu singkat, namun hindari mencetak dalam waktu yang sama jika dokumen banyak. Apalagi jika dokumen tersebut adalah dokumen berwarna, hal itu akan membebani kerja cartridge dan berpotensi merusaknya. Oleh karenanya, jika anda berniat mencetak banyak dokumen, istirahatkanlah printer sesekali selama satu sampai dua menit.

  • Jangan menggunakan kertas berdebu untuk mencetak dokumen

Selain membersihkan secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran, anda juga harus memperhatikan keadaan kertas saat melakukan kegiatan cetak. Kertas berdebu dapat menyebabkan roll penarik kertas menjadi kotor juga. Lama kelamaan roll akan aus dan menjadi rusak, akibatnya, ia akan kehilangan fungsinya untuk menarik kertas. Hal ini menjadikan proses pencetakan tidak bisa berlanjut.

Demikian adalah sejumlah daftar mengenai printer-printer terbaik yang sudah meluncur dipasaran Indonesia. Tak lupa kami juga melengkapi dengan tips-tips untuk menjaga keawetan printer anda, sehingga anda tak perlu khawatir untuk membuang-buang uang untuk mereparasi atau membeli printer baru.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar