ANAK KECIL SEHAT DIBAWAH 12 TAHUN DILARANG BERKUNJUNG KERUMAH SAKIT

Setiapkali kita datang kerumah sakit maka ada poster yang berbunyi “ANAK KECIL SEHAT DIBAWAH 12 TAHUN DILARANG BERKUNJUNG KERUMAH SAKIT” kenapa sih ?, itu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat yang mempunyai anak kecil sementara keluarganya harus dirawat dirumah sakit dan dia harus menunggui keluarganya yang sakit, anaknya dirumah tidak ada yang megasuh dan harus dibawa ikut seta kerumah sakit.

Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa salah satu tempat yang didak bersahabat ataupun tempat yangdapat  merugikan terhadap anak kecil selain dijalan raya, pinggir sungai/kolam dan tempat berbahaya lainnya  adalah rumah sakit. Sekilas kalau dilihat dari luar dan dalamnya rumah sakit tidak ada yang begitu menghawatirkan terhadap anak kecil seperti bila anak dijalan raya resiko tertabarak kendaraan , dipinggir sungai atau kolam bias hanyu dalam air, sementara di rumahsakit?.

Kita lihat rumah sakit yaitu tempat bagi orang orang yangsakit untuk mencarikesembuhandengan berbagai penyakitnya. Didalam pengelolaan pasien rumah sakit mengkatagorikan dua jenis penyakit yaitu infeksius dan non infeksius. Memang yang namanya infeksius iu sesuatu yang abstrak tidak terlihat tapi itu nyata adanya. Sebagai contoh pasien datang denga panas menggigil, datang dengan diare, datang dengan batuk dan lainnya semua itu sakit dikarenakan oleh infeksi entah oleh kuman, bakteri, jamur ataupun virus, semua berkumpul menjadi satu yaitu di rmah sakit. Nahter nyata rumah sakit sudah mulai teliahat bahayanya bagi orang yang berada dirumah sakit terutama anak kecil.

Terus apa hubungannya anak kecildengan infeksi?, salah satu golongan orang-orang yang  rentan adalah anak kecil, mengapa?. Anak kecil belum mempunyai daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan bakteri kuman, jamur ataupun virus yang mampu menginfeksi kedalam tubuh. Infeksi terjadi dikarenakan 1) daya tahan tubuh tidak mampu melawan bakteri kuman penyakit sehingga terjadiinfeksi, 2) banyaknya kuman bakteri yang masuk kedalam tubuh kita sehingga kita terinfeksi, 3) karena kuman dan bakteri yang kuat sehingga kita terinfeksi.

Dengan daya tahan tubuh yang kurang sementara di rumah sakit sebagai sumber atau bersarangnya berbagai macam kuman bakteri, jamur virus, maka resiko sangat tingi anak kecil tertular oleh penyakit yang disebabakan oleh kuman bakteri jamaur atau virus dan akhirnya anak ini menjadi sakit yang disebabkabkan oleh infeksi kuman bakteri jamur atau virus. Kalau sudahterinfeksimaka anak menjadi sakit yang hanya melakukan tindakan sepele yaitu berkunjung kerumah sakit.

Dengan demikian bahwa poster tersebut sudah benar dipasang di tempat tempat yang strategis di lingkungan rumah sakit sebagai salah satufungsi rumah sakit yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait denga tindakan prefentif/pencegahan terjadinya sakit. Dan sekarang masyarakat harus sadar akan pentingnya kesehatan, walau dengan hanyamelakukan tindakan yang dianggapsepele yaitu tidak membawa anak kecil sehat usia dibawah usia  12 tahun, itu akan menghindarkan keluarga kita kususnya anak kecil terhindardari terjangkit sakit.

Oleh: Muh Amin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar