GUGUS KENDALI MUTU (GKM)

Dalam pelayanan rumah sakit ada istilah yang sering kita dengar yaitu akreditasi. Didalam akreditasi kita tahu bagaimama rumah sakit untuk selalau meningkatkan mutu pelayanan dari waktu kewaktu. Dalam melaksanakan peningkatan mutu kita dapat mengimplementasikan standar standar yang telah disusun,kita lakukan evaluasi, terdapat temuan kita lakukan perbaikan dan kita implementasikan dan seterusnya (PDSA) .

Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan program peningkatan mutu dikalangan rumah sakit yaitu Gugus Kendali Mutu (GKM). Ini sebuah methode dimana kerangka pikirnya ada 7 (tuju) langkah, yang saya pikir ini cukup sederhana namun ampuh sebagai metode untuk perbaikan. 7 (tuju) langkah itu: 1). Menentukan tema dan judul 2). Mencari akar masalah dari masalah utama yang akan kita selesaikan 3). Menetapkan penyebab dominan dan menguji penyebab dominan 4). Merencanakan program perbaikan 5). Implementasi perbaikan perbaikan 6). Membuat standar baru dari perbaikan 7). Menetapkan tema dan judul yang akan dikerjakan oleh GKM selanjutnya.

Pada pelaksanaannya untuk melihat apakah GKM di sebuah rumah sakit berjalan atau tidak kita bisa membuat event yaitu konvensi mutu. Disitu akan di presentasikan hasil gugus kendali mutu dari berbagai unit dihadapan direksi dan pemilik. Apabila keikutsertaan unit unit dalam konvensi mutu banyak artinya proses perbaikan mutu dengan metode gkm berjalan dengan baik, dan sebaliknya bila pesera GKM sepi makan proses perbaikan mutu kurang berjalan dengan baik.

Didalam pelaksanaan konvensi, disitu akan dilihat, dinilai oleh para dewan juri untuk melihat keseriusan dan upaya apa yang telah di lakukan dalam memperbaiki masalah yang diangkat. Dalam konvensi ini pun sebagai ajang dari unit untuk menampilkan eksistensi dirinya di hadapan para direksi bahwa kamipun ikut serta dan ambil bagian dalam program peningkatan mutu dirumah sakit. Dalam presentasi tersebut masing masing unit menampilkan kemampuan penampilan terbaiknya untuk menghipnotis para dewan juri dalam memberikan penilaian terbaiknya.

Alhamdulillah GKM Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung pada tanggal 4-5 September 2018 sedang mengikuti acara konvensi mutu ditingkat Profinsi yang di selenggarakan oleh BPPTK profinsi jawa tengah. Peserta konvensi mutu ini di ambilkan dari hasil pemenang konvensi di tingkat rumah sakit dan kita kirim untuk mewakili rumah sakit di tingkat profinsi.  Pengalaman penulis pada waktu mengikuti GKM di profinsi atmosfirnya sangat luarbiasa dan memberikan inspirasi inspirasi baru dalam perbaikan mutu dirumah sakit melalui GKM ini.

Kita doakan semoga para pejuang mutu yang sedang mengikuti konvensi dimudahkan urusanya diberikan yang terbaik, dan dapat memberikan nama harum bagi dirinya dan isntitusi yang menaunginya. Tidak hanya sekedar usaha namun bermunajat kepada Allah SWT yang maha membolak balikan hati manusia kita memohon doa untuk menghilangkan rasa keresahan hati berdebar debar, cemas, bingung. Dengan ketenangan dalam penampilan maka apa yang telah di skenariokan dapat berjalan dengan baik. Kata human eror dapat diminimalisir, kata lupa dapat diminimalisir, kata eror eror lainya dapat kita hilangkan dan akhirnya kita akan puas pada tingkat apa yang telah kita usahakan secara sungguh sungguh dan iklas karena Allah SWT semata. Akhir kata sukses para pejuang mutu anda layak mendapat bintang dan layak mendapat appresiation dua jempol tangan dan applouse yang gemuruh dipenjuru rumah sakit, raih prestasimu menuju yang terbaik.

Oleh: Muh Amin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar