JAM KUNJUNG KERUMAH SAKIT

Apabila keluarga ataupun tetangga ada yang dirawat dirumah sakit, maka saudara dan tetangga ketika mendengar berita dirawat dirumah sakit, maka mereka beregegas untuk menengok atau mengunjunginya di rumah sakit. Saling menengok saudara tetangga dirumah sakit sudah menjadi buadaya bagi masyarakat dari turun temurun. Walau zaman sudah berganti saling mengunjungi dirumah sakit masih dilakukan oleh masyarakat.

Kini rumah sakit sudah mulai berkembang dalam menerapkan berbagai standar,termasuk dalam menetapkan jam berkunjung bagi masyarakat. Ini disesuaikan dengan peraturan-peraturan yang terkait dengan memenuhi hak pasie yaitu privasi dan istirahat selama dirawat dirumah sakit. Sehingga ketika kita berkunjung ke rumah sakit maka anda akan menemukan peraturan jam berkunjung dirumah sakit, mau ndak mau anda harus berkunjung sesuai dengan jam yang tertera dipapan pengumuman dan tidak bias sesuka atau sesuai dengan waktu luang anda/masyarakat ketika berkunung kerumah sakit.

Tentunya masyarakat bertanya-tanya, mengapa sekarang jam kunjungnya sempit sekali tidak leluasa seperti jaman dahulu?. Maka pada tulisan ini sedikit akan dijelaskan alasan di terbitkannya peraturan jam kunjung di rumah sakit.

Jam kunjung ditutup bagi masyarakat dikarenakan:

  1. Pasien akan dilakukan pemberian terapi dan pengobatan

Pasien yang masih dilakukan perawatan akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Dimana pemeriksaan itu dalam rangka evaluasi terhadap tindakan pemberian terapi dan pengobatan apakah sudah ada perbaikan, belum mengalami kemajuan atau kondisi pasien mengalami perburukan. Pada tahap ini diperlukan lingkungan yang kondusif sihingga diperole hasil evaluasi yang akurat. Setelah dilakukan evaluasi dokter dan tenaga kesehatan lainya memberikan tindakan terapi dan pengobatan sesuai dengan kondisi perkembangan pasien.

Bayangkan jika jam kunjung tidak diatur maka dokter dan tenaga kesehatan lainnya akan terganggu dalam melakukan evaluasi pemberian terapi dan pengobatan, maka yang rugi pasien dan keluarga sendiri.

  1. Pasien akan melaksanakan waktu istirahat

Pada kondisi sakit pasien mengalami berbagaimacam masalah dan rasa yang tidak enak di rasakan oleh pasien. Sebagai contoh rasa sakit (nyeri) yang dialami oleh pasien, maka pasien akan mengalami berbagai macam kondisi seperti, nyeriitu sendiri, rasa berdebar debar, keringat dingin, tidak bisatidur rasa lelah, makan tidak enak. Pada kondisi ini pasien akan diberikan terapi dan pengobatan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Setelah pasien merasa nyaman tentunya pasien akan istirahat tidur yang mana tidur pasien tadi mengalami masalah pada saat nyeri. Pada saat tidur pasien membutuhkan lingkungan yang tenang sehingga pasien bias istirahat tanpa tergangu.

Apabila jam kunjung tidak diatur maka pasien tidak bisa istirahat, pasien menjadi stress dan bahkan waktu hari perawatan bisa memanjang dan biaya perawatan semakin banyak.

 

  1. Area perwatan akan dilakukan pembersihan

Setelah masyarakat berkunjung ke rumah sakit menjenguk sanak saudara, dimana masyarakat datang dari berbagai daerah, maka tentunya banyak meninggalkan kotoran. Untuk membuat lingkungan menjadi nyaman maka perlu lingkungan yang bersih.

Pada kondisi seperti ini ketika pada saat dibersihkan tidak terganggu maka pengunjung dibatasi untuk tidak berkunjung, sehingga lingkungan benarbenar bersih.

 

Oleh: Muh Amin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar