Internasionalisasi, Dosen UMY Genjot Skill Bahasa Inggris

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sedang mempersiapkan diri untuk membuka kelas internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, para dosen pun digenjot untuk bisa meningkatkan kompetensi mereka, salah satunya pada penggunaan bahasa Inggris.

Sebagai langkah awal, sejumlah dosen UMY diikutsertakan dalam program Academic Teaching Excellece (ATE). “Program ini dilakukan sebagai proses untuk mencapai target dibentuknya kelas internasional pada masing-masing program studi di UMY,” ujar Rektor UMY, Prof Bambang Cipto seperti dilansir laman UMY, Rabu (17/2/2016).

Bambang menargetkan, kegiatan pendidikan tersebut akan meningkatkan kemampuan dosen dalam berbahasa Inggris. Terutama dalam memberikan pengantar kuliah bagi mahasiswanya.

“Program ATE diinisiasi dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen di UMY dalam berbahasa Inggris dan mengajar dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya,” imbuh Bambang.

Sementara itu, Direktur Pelatihan dan Pengembangan British Council, Michael Little menuturkan, program ini bisa membantu para akademisi dalam penggunaan instruksi media berbahasa Inggris. Tidak hanya itu, dosen juga bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar sehingga bisa melahirkan mahasiswa yang berkualitas serta unggul.

“Program ini juga bertujuan untuk membangun tim pengajar di UMY yang akan memberikan dukungan dan pengembangan perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris dalam jangka panjang,” tuturnya.

Di saat yang sama, kata Michael, program ini juga bisa membuat para dosen merasa percaya diri. Dan di jangka panjang, bisa menarik minat mahasiswa internasional untuk datang ke UMY.

“Para dosen yang mengikuti program ini akan lebih percaya diri dan memiliki kepuasan kerja yang lebih,” tambahnya.

sumber : http://news.okezone.com/read/2016/02/17/65/1314535/internasionalisasi-dosen-umy-genjot-skill-bahasa-inggris

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar