Apa yang Kita Tanam Maka Itu yang Kita Tuai

Sumber daya alam yang terdapat di Indonesia merupakan anugerah yang luar biasa juga melimpah luas di wilayah Indonesia.  Telah diketahui akan banyak keberkahan yang datang didalamnya ketika kita benar-benar menfaatkannya juga melestarikannya. Sudah seharusnya kita bangga dan bersyukur akan apa yang negara kita miliki, mulai dari lautan yang luas hingga dataran yang begitu subur. Dataran yang terbentang diberbagai pulau-pulaunya memiliki tingkat kesuburan yang baik sehingga patutlah kita manfaatkannya dengan menanam berbagai jenis tanaman yang nanti kemudian juga dapat diambil manfaatnya.

Sering kita dengar istilah atau ucapan “apa yang kita tanam maka itu yang kita tuai”, hal ini menggambarkan akan apa yang kita kerjakan atau lakukan maka itu juga yang akan kita dapatkan. begitu pula dalam halnya pertanian, ketika kita bercocok tanam maka kita juga akna memperoleh hasil dari apa yang kita tanam. Bahkan kita bukan hanya mendapatkan hasilnya (bentuk atau wujudnya secara nyata) melainkan kita juga akan mendapatkan pahala yang mungkin kita tidak sadar akan hal itu.

Rasulullah SAW. bersabda ” tidaklah seorang muslim menanam satu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut juga sebagai sedekah dan tidaklah kepunyaan seseorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah bagianya.” H. R. Imam Muslim No. 1552

Hadist diatas sudah sangat begitu jelas menjelaskan mengenai apa yang kita peroleh dari apa yang kita tanam. bayangkan saya itu satu pohon yang ditaman kemudian kita ambil hasil daripada pohon itu merupakan sedekah, sedangkan kita sebagian besar kita menamam lebih dari satu pohon karena kita berharap akna mendaptkan hasil yang lebih banyak, dan ternyata bukan hanya hasil itu yang kita dapat melainkan juga pahala sedekah yang akan Allah berikan.

Tak hanya itu, bahkan ketika kita menanam dan kemudian akan segera datang masa panen jikalau ketika ada beberapa hasil atau buah yang dicuri atau hilang baik karena manusia ataupun beberapa hewan yang mengambilnya kemudian memakannya, maka janganlah bersedih hati atau bahkan marah. Sebab ingat Allah menganggap semua itu yang hilang merupakan bentuk sedekah kita kepada yang lainnya, yang pasti akan Allah ganti dengan pahalanya yang sungguh tak terpikir jika kita akan mendapatkannya.

Banyak sekali yang dapat kita peroleh dari kegiatan bercocok tanam ini, baik itu hasil yang nyata maupun bayaran yang ghaib (pahala) dari Allah SWT. Sudah sepatutnya kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dan berserah diri kepada-Nya serta berniatlah karena Allah maka kita tidak akan kecewa dengan hasilnya nnti. Dan ingat bertani atau bercocok tanamen merupakan kegiatan yang mulia dan mendapatkan pahala yang amat besar.

Sekian dari saya semoga bermanfaat:) Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *