Keberkahan dalam Bercocok Tanam

Bumi ini telah Allah ciptakan dengan sedemikian rupa untuk makhluknya yang tinggal di bumi. Allah siapkan lautan yang luas, pegunungan yang tinggi menerjang, dan dataran juga yang begitu luas. Setiap bagiannya Allah ciptakan dengan karakteristik daerah yang berbeda-beda, tentu ada maksud dari semua ini dan ini merupakan bentuk keseimbangan alam. Dataran yang telah diciptakan ini pula telah Allah lengkapkan dengan tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan yang tentu bisa diambil manfaatnya oleh makhluk hidup dan itu merupakan bentuk akan kasih sayangnya kepada makhluk-makhluk-Nya. Terlebih untuk negara kita, Indonesia, sudah sepatutnya kita mensyukuri apa yang telah Allah bentangkan di wilayah Indonesia ini. Mulai dari letaknya secara geografis, astronomis dan kepulauannya yang begitu banyak, karena pengaruh inilah yang menyebabkan tanah di Indonesia tepat untuk dijadikan lahan bercocok tanam bahkan kayu yang dilempar bisa tumbuh dengan subur. Tak heran dengan sumber daya alam yang Indonesia miliki ini yang begitu melimpah, sehingga dulu mendapatkan julukan surga dunia.

Sudah sepatutnya kita ambil pelajaran dari alam mengenai apa yang telah Allah ciptakan di Bumi. Sebut saja, ketika berada di pegunungan, maka akan terlihat kebun-kebun teh yang terhampar luas, dankemudian sebagian daerah lainnya terdapat sayur-mayur yang dapat tumbuh dengan subur. Apakah ini merupakan rekayasa manusia atau memang Allah yang menciptakan? Hal ini terdapat pada firman Allah dalam surah Al-Mu’minun ayat 18, dalam surah ini Allah telah menegaskan bahwa Ia telah mendesain alam ini untuk memenuhi kebutuhan umat manusia akan kebutuhan pangannya. dan ketergantungan yang tinggi kepada Allah akan memberikan dan ketetapan ukuran yang diberikan oleh alam, yang kemudian Allah turunkan hujan agar senantiasa mendatangkan keberkahan.

semua yang Allah sediakan di alam kita, Indonesia yang begitu luar biasa ini sudah sepatutnya kita beriman dan bertaqwa ke[ada Allah, karena hanya dengan imna dan taqwa, alam ini akan luar biasa yang akan terus Allah anugerahkan kepada kita dan terus mendatangkan manfaat dan keberkahan yang tak ternilai harganya. Hal ini jelas pada surahAl-A’raf ayat 96, bahwa didalam surah ini yang dimaksud dengan keberkahan merupakan tumbuh, berkembang, betambah atau berkesinambungan. dari sini sudah jelas dimana ketika kita becocok tanam atau menanam serta menjaga apa yang telah disediakan Allah maka itu akan menambahkan keberkahan negeri kita tercinta, yang tak lupa diiringi dengan meningkatnya keimanan serta ketaqwaaan agar kelak Allah senantiasa terus memberikan keberkahan seiring berjalannya waktu yang akan terus-menerus meningkat.

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat:) Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *