This is blog faperta 2011

Just another Blog UMY site

Pemberdayaan Petani Berbasis Kearifan Lokal

Posted by anna rahmawati Agribis11 2 Comments

“Gemah ripah loh jinawi,tata titi tentrem kerta raharja”.

Adalah sebuah peribahasa yang menggambarkan negeri Indonesia yang makmur,sejahtera serta memberikan kehidupan yang teratur dan selalu berkembang,hidup tentram,bahagia dan selamat.

Indonesia sangat terkenal akan sumber daya alam nya yang melimpah,bahkan potensi yang luar biasa dimiliki oleh masyarakat kita diantaranya adalah potensi dalam bidang pertanian. Namun sangat disayangkan laju perekonomian masyarakat kita yang berprofesi sebagai petani sampai sekarang masih jalan ditempat bahkan semakin terpuruk. Hal ini bisa kita lihat di  desa-desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani  kebanyakan hidup dalam taraf pas-pasan bahkan miskin,padahal masyarakat memiliki potensi sumber daya alam yang bisa untuk dikembangkan,seperti sawah dan ladang guna meningkatkan tingkat perekonomian para petani.

Jika kita meninjau lebih dalam, salah satu faktor penyebab keterpurukan ini adalah karena kurangnya ilmu pengetahuan untuk mengelola potensi yang dimiliki. Sangat menyedihkan sekali, negara besar yang memiliki potensi pertanian yang luar biasa ini hanya menjadi penonton produk-produk pertanian unggul negara tetangga kita,yaitu Thailand.

Pemberdayaan petani di Indonesia tidak bisa diserahkan dan dilepaskan begitu saja kepada masyarakat,namun peran pemerintah disini sangat dibutuhkan. Yaitu dengan cara membangun infastruktur pertanian secara baik dan berkesinambungan,selain itu pemerintah juga harus meningkatkan pengetahuan para petani Indonesia guna meningkatkan taraf perekonomian para petani di Indonesia. Karena selama ini,para petani Indonesia masih cenderung menggunakan sistem pertanian yang tradisional,artinya belum begitu banyak tersentuh oleh teknologi modern.

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dikalangan petani Indonesia adalah dengan cara meningkatkan budaya membaca, dan membangun perpustakaan untuk para petani. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu sarana untuk menambah wawasan mengenai dunia pertanian dikalangan petani Indonesia.

Namun,sangat disayangkan,hal ini belum berjalan secara optimal. Maka dari itu,harapannya ke depan,para generasi muda pertanian Indonesia dapat membawa perubahan bagi pemberdayaan petani di Indonesia agar petani di Indonesia tidak lagi menjadi “penonton” produk-produk unggulan dari negara tetangga.

Buktikan bahwa kita adalah “agent of change in agriculture of Indonesia”.

 

 

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

anna rahmawati Agribis11


Popular Posts

Pemberdayaan Petani

"Gemah ripah loh jinawi,tata titi tentrem kerta raharja". Adalah sebuah peribahasa ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pandangan Generasi M

“Pandangan Generasi Muda terhadap Dunia Pertanian” Di era yang semakin modern ...

UMY...? It's my dest

Rasa syukur ini tak pernah henti-hentinya saya haturkan kepada Allah ...

Pemanfaatan Blog bag

  Mungkin kita sudah sering mendengar tentang blog. Blog sudah sangat ...