ANALISIS MATERI AL-QUR’AN HADITS SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH KELAS XI

 

ANALISIS MATERI AL-QUR’AN HADITS

SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH KELAS XI

 

 

Disusun Oleh:

Antika Nuruni’mah

(20100720052)

Disusun untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Mata kuliah Analisis Materi Tafsir Hadits yang Dibina oleh Drs. Marsudi Iman, M.Ag.

 

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

2012

ANALISIS MATERI AL QUR’AN HADITS

UNTUK SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH KELAS XI

Oleh: Antika Nuruni’mah

 

  1. A.    Pendahuluan

Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di tingkat SMA/SMK/MA Muhammadiyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari Al-Qur’an-Hadits yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al-Qur’an dan al-Hadits terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur’an dan al-Hadits sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat.

Secara substansial, mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits diharapkan memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an-Hadits sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Buku bahan ajar meski bukan satu-satunya penentu keberhasilan mengajar namun berperan penting sebagai sumber belajar baik bagi guru terlebih lagi bagi siswa. Buku ajar yang baik adalah buku ajar yang mampu merangsang semangat guru dan siswa untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta mampu memberikan modal awal yang berguna sebagai fondasi berpikir dan pengembangan pengayaan pengetahuan melalui sumber-sumber belajar lainnya. Selain itu buku yang baik juga harus mempertimbangkan kemudahan bahasa, cakupan materi dan keragaman daya nalar kritis di masing-masing sekolah. Untuk itu, seorang guru perlu untuk menganalisis buku bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam makalah ini penulis akan menguraikan analisis buku bahan ajar materi Al Qur’an Hadits SMA/SMK/MA Muhammadiyah kelas XI.

 

  1. B.     Pembahasan
    1. 1.      Profil Buku

Buku yang akan dianalisis dalam makalah ini berjudul Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas 11. Buku ini ditulis oleh Achmad Muhammad, M.Ag dan diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY. Cetakan keempat, Mei 2011. Adapun editor buku ini yaitu Dr. Tasman Hamami, M.A, Iwan SSG sebagai desain cover kemudian sebagai lay out Kirman SSG.

Sampul depan buku ini berwarna coklat kuning yang bersinar seperti lambang Muhammadiyah yang bersinar. Buku ini ditulis sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ISMUBA yang mengacu pada standar isi dan standar kompetensi Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah dimulai dengan prakata (kata pengantar), daftar isi buku, silabus Al Qur’an/Al Hadits kelas 11 semester I (gasal) dan semester II (genap), kemudian masuk ke materi pelajaran, bab I sampai bab VIII disampaikan di semester I, sedangkan bab IX sampai XII disampaikan di semester II, yang mana dalam buku ini terdapat tiga belas bab, yaitu sebagaimana yang tercantum sesuai dengan daftar isinya:

Semester I (Gasal):

  1. Bab I Keunggulan Orang Berilmu
  2. Bab II Keutamaan Ulama
  3. Bab III Berlomba Dalam Berbuat Kebaikan
  4. Bab IV Tingkat Tingkat Umat Islam Dalam Menerima Al Qur’an
  5. Bab V Kebenaran dan Kemurnian Al Qur’an
  6. Bab VI Kedudukan Al Qur’an sebagai Petunjuk ke Jalan Kebenaran
  7. Bab VII Sikap Amanah dan Adil
  8. Bab VIII Nilai Bagi Orang yang Menunjukan Kebaikan

 

Semester II (Genap):

  1. Bab IX Perilaku Orang Munafik
  2. Bab X Tanda Kekuasaan Allah dalam Penciptaan Alam Semesta
  3. Bab XI Larangan Merusak Alam
  4. Bab XII Mencegah Kemungkaran
  5. Bab XIII Sikap Amanah

 

Pada setiap akhir materi per bab disediakan tugas, namun tidak terdapat tugas semacam soal soal latihan pada akhir materi ataupun akhir semester. Isi buku diakhiri dengan daftar pustaka.

  1. 2.      Analisis Materi

Analisis materi yang akan penulis lakukan meliputi berbagai segi. Di antaranya: segi bahasa (Arab dan Indonesia) dan tulisannya, kronologi penyampaian materi, relevansi materi dengan standar kompetensi, relevansi dengan kebutuhan siswa, ketepatan ayat Al Qur’an dan Hadits sebagai materi pokok serta materi pendukung lainnya dengan tema pelajaran, serta kualitas evaluasi belajarnya.

  1. a.      Analisa Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam buku ini, telah sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Tata tulis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab juga sudah tepat. Selain itu, buku ini menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga siswa mudah memahami materi yang disajikan. Transliterasi dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia juga cukup jelas untuk dipahami siswa. Bahasa indonesia yang digunakan di buku ini sudah cukup dapat dipahami mengingat tidak banyak kesalahan penggunaan kata-kata yang sia-sia. Secara umum bahasa yang digunakan baik.

  1. b.      Analisa Tulisan

Kualitas tulisan buku Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits SMA/SMK/MA Muhammadiyah kelas 11 ini cukup baik. Baik tulisan latin maupun arab sangat jelas dan mudah dibaca. Untuk tulisan latin menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 14. Sedangkan jenis huruf Arab yang digunakan adalah Traditional Arabic ukuran 20.

Meskipun secara umum tulisan sudah bagus, namun masih terdapat beberapa tulisan yang salah. Beberapa kesalahan tulis yang penulis temukan antara lain adalah penulisan transliterasi bahasa Arab dengan huruf abjad. Penulis menemukan kesalahan penulisan transliterasi pada halaman 16, dimana dalam buku tertulis kata  وِجْهَة هُو مُوَلِّيهَاٌtetapi transliterasi penulisan huruf dalam bahasa Indonesia tertulis syaiin(g) qadiir, yang seharusnya tertulis adalah wijhatun huwa muwallihaa. Penulis juga menemukakan kesalahan tulis dalam kata Allah swt dan Rasululllah saw, dimana kata swt dan saw tersebut ditulis tidak menggunakan huruf kapital, yang seharusnya adalah Allah SWT dan Rasulullah SAW.

  1. c.       Analisa Urutan Materi

Setelah penulis mencermati secara seksama terhadap urutan penyajian, penulis menyimpulkan bahwa kronologi dalam penyampaian materi sudah runtun. Pada umumnya, kronologi tersebut dimulai dari yang umum ke yang khusus. Seperti dalam bab V yang bertema kebenaran Al Qur’an dan Kemurnian Al Qur’an yang mencakup pembahasan tentang Kebenaran Al Qur’an sebagai Wahyu Allah dan Tantangan Bagi Yang Meragukan Al Qur’an. Dalam tema tersebut kebenaran dan kemurnian Al Qur’an yaitu kebenaran Al Qur’an sebagai wahyu Allah yang kemudian tantangan bagi yang meragukan Al Qur’an. Pada awal dijelaskan kebenaran dan kemurnian Al Qur’an yang kemudian dijelaskan tantangan bagi yang meragukan Al Qur’an, ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada siswa setelah meyakini dan mempercayai kebenaran dan kemurnian Al Qur’an yang kemudian dijelaskan apakah masih ada orang orang yang tidak mempercayai kebenaran Al Qur’an yang dimana Allah sendiripun dalam Al Qur’an menantang orang orang yang meragukan Al Qur’an. Dan pada bab selanjutnya dijelaskan tentang Kedudukan Al Qur’an sebagai Petunjuk ke Jalan yang Benar, setelah kita meyakini bahwa Al Qur’an adalah benar wahyu dari Allah maka kita pun harus percaya bahwa Al Qur’an adalah sebagai petunjuk ke jalan yang benar. Dan jelas jelas orang orang yang mempercayai kebenaran dan kemurnian Al Qur’an ia pasti akan mempercayai Al Qur’an sebagai huda / petunjuk ke jalan yang benar.

  1. Analisa Kesesuaian Materi dengan Standar Kompetensi

Uraian materi yang terdapat dalam buku kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah tersebut sudah sesuai dengan SK dan KD, dalam pengertian bahwa di tiap bab sudah mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan dicapai sebagaimana dicantumkannya pada silabus Al Qur’an / Al Hadits pada awal sebelum materi. Contohnya pada standar kompetensi no 1 yaitu memahami Al Qur’an surat al-Mujadalah ayat 11 tentang keunggulan orang berilmu dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik yang pertama adalah ”Membaca dan memahami isi kandungan Al Qur’an surat al Mujadalah ayat 11 tentang keunggulan orang berilmu’’ kemudian ‘’Menulis dan menghafal Al Qur’an surat al Mujadalah ayat 11 tentang keunggulan orang berilmu’’. Maka materi yang disampaikan dalam buku ini adalah mengenai makna serta penjelasan dari surat al Mujadalah ayat 11.

  1. e.       Analisa Relevansi Materi dengan Kebutuhan Siswa

Secara umum materi materi yang disajikan dalam buku Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas 11 ini sudah cukup relevan dengan kebutuhan siswa. Namun kebanyakan materi materi yang disajikan merupakan materi yang bersifat umum, artinya lebih bersifat menyeluruh untuk bisa dipelajari oleh kebanyakan umat Islam yang diluar pendidikan formal. Namun tetap saja mateti materi yang disajikan perlu dipelajari oleh siswa kelas XI SMA. Dimana siswa siswa sekarang banyak yang malas untuk belajar ataupun menuntut ilmu, maka siswa harus tahu dari keunggulan orang berilmu serta keutamaan ulama. Dimana ulama adalah merupakan orang yang berilmu. Jika siswa sudah merasa menuntut ilmu itu penting dan wajib maka ia akan belajar dengan sungguh sungguh di sekolah. Kewajiban belajar adalah merupakan salah satu amanah siswa terhadap orang tuanya, maka siswa harus bisa bersikap amanah. Materi tingkat tingkat umat Islam dalam menerima Al Qur’an serta kebenaran dan kemurnian Al Qur’an juga perlu disampaikan kepada siswa agar siswa memahami dan benar benar meyakini kebenaran Al Qur’an maka siswa akan senantiasa mencintai Al Qur’an yaitu dengan sering membacanya trrutanma mengamalkan isi kandungan Al Qur’an, yang dimana semua materi materi dalam buku ini banyak menggunakan ayat Al Qur’an sebagai materi pokoknya, maka sudah sepantasnya siswa memahami & mengamalkan isi kandungan Al Qur’an sebagaimana materi yang diajarkan.

  1. f.       Analisa Ketepatan Ayat Al Qur’an dan Hadits sebagai Materi Pokok dan Materi Pendukung dengan Tema Pelajaran

Setelah penulis mengamati secara seksama terhadap materi materi yang disajikan dalam buku ini, penulis merasa buku ini sudah menggunakan ayat ayat Al Qur’an serta matan Hadits yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran yang disajikan. Keunggulan orang berilmu, materi pokok yang disampaikan adalah Al Qur’an surat al Mujadalah ayat 11 yang arti dari ayat tersebut adalah ‘’Hai orang orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: ‘’Berlapang-lapanglah dalam majelis’’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan member kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘’Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antaramu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’’ Ayat ini sudah sesuai dengan tema materi yang disajikan yaitu keunggulan orang berilmu. Materi yang bertema Mencegah Kemungkaran menggunakan materi pokok Hadits Rasulullah SAW yang berbunyi: ‘’Dari Abu Said al Khudriy radiyallahu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya. Dan jika ia masih tidak mampu, maka hendaknya ia mencegah dengan hatinya, dan itulah selemah lemahnya iman’’. (HR. Muslim). Hadits ini sudah sesuai dengan tema materi yang disajikan yaitu Mencegah Kemungkaran.

  1. g.      Analisa terhadap Evaluasi Belajarnya

Kualitas evaluasi belajar yang disajikan dalam buku Pendidikan Al Qur’an Hadits SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XI ini masih terlalu kurang dalam evaluasi belajarnya. Bahkan sangat kurang, karena tak ditemukan satu pun bentuk instrument evaluasi, tak ada soal soal yang disajikan sebagai bentuk bahan evaluasi belajar siswa dan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dijelaskan, dalam buku tersebut hanya terdapat evaluasi yang berbentuk tugas. Jadi, kualitas evaluasi belajar buku ini sangat rendah karena tak ada penyajian soal soal sebagai bahan evaluasi belajar siswa. Baik soal yang berbentuk objektif maupun essay tak ada dalam buku tersebut.

  1. C.    Kesimpulan

Dari uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa dalam buku Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits Kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah:

  1. Penggunaan bahasa, baik bahasa Indonesia ataupun bahasa Arab dalam buku ini sudah cukup baik, bahasa yang digunakan dalam buku ini, telah sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).
  2. Penulisan ayat Al-Qur’an dan transliterasi, dinilai cukup bagus dan sesuai dengan ketentuan. Namun dalam penulisan kata dalam bahasa Indonesia masih terdapat sedikit kesalahan.
  3. Kronologi penyampaian materi yang disajikan dalam buku ini sudah cukup baik, kronologi sudah runtun.
  4. Uraian materi yang terdapat dalam buku Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah tersebut sudah sesuai dengan standard kompetensi dan kompetensi dasar.
  5. Dalam buku Pendidikan Al Qur’an / Al Hadits kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah tidak ada bentuk instrument evaluasi belajar sebagai bahan mengasah kemampuan siswa.

 

 

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE