Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Pertanian Berkelanjutan

Pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Pertanian menjadi kebutuhan setiap manusia untuk kelangsungan hidupnya. Namun, saat ini pertanian dipandang sebelah mata oleh anak muda. Mereka berpikiran menjadi petani tidak memiliki masa depan yang cerah. Mereka juga berpikiran jika pendapatan yang diperoleh oleh seorang petani hanya pas-pasan dan tidak bisa mencukupi kehidupannya kelak. Pendapat mereka tidak salah, realitanya petani memang hidup di bawah garis kemiskinan, mereka hidup pas-pasan, dan serba kekurangan. Hal itu terjadi karena cara kerja petani saat ini masih menggunakan sistem yang tradisional. Mereka kurang memiliki edukasi dan pengetahuan mengenai pertanian yang modern dengan menggunakan pengetahuan-pengetahuan yang modern.

Sistem pertanian tradisional yang saat ini masih digunakan oleh petani harus kita modernisasi dengan menggunakan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memumpuni. Petani tidak melulu orang yang berpendidikan rendah, orang yang miskin, dan orang yang serba kekurangan. Petani masa kini adalah petani yang memiliki pendidikan tinggi dengan segudang ilmu pengetahuan yang ia miliki. Kita sebagai anak muda tidak seharusnya sungkan untuk menekuni profesi sebagai petani. Kita harus membuka pikiran mengenai pertanian yang modern dan menjanjikan untuk kedepannya. Kita harus meyakinkan diri kita jika berprofesi sebagai petani bukanlah pekerjaan yang rendah dengan segala kekurangannya, tetapi berprofesi sebagai petani adalah suatu pilihan yang tepat dengan segala kelebihannya,

Kita dapat mengembangkan pertanian saat ini dengan cara menuntut ilmu dengan sungguh- sungguh dan memiliki pengetahuan tentang pertanian modern yang cukup. Selanjutnya kita dapat mengaplikasikan pengetahuan kita di daerah kita. Kita juga harus memberikan edukasi kepada petani tentang banagimana memanfaatkan teknologi modern dan ramah lingkungan. Seperti contoh, kita harus memberikan edukasi kepada petani tradisional mengenai bahaya pupuk kimia anorganik dan pestisida yang digunakan secara berlebihan. Kemudian kita berikan alternatif lain, seperti pembuatan pupun kimia organik dan pemanfaatan bahan-bahan organik. selain itu, kita juga harus mengembangkan teknologi-teknologi pertanian terbaru yang bermanfaat untuk menunjang pertanian saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar