Opini Mahasiswa Tentang Prodi Agroteknologi UMY

Program studi Agroteknologi  merupakah salah satu program studi favorit yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program studi Agroteknologi berdiri pada tahun 1981 dengan nama Budidaya Pertanian. Kemudian berganti nama menjadi Agroteknologi melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 163 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi. Kemudian pada tahun 2013, program studi Agroteknologi berhasil mendapatkan akreditasi “A” melalui SK No. 200/SK/BAN-PT/AK-SURV/S/VII/2014.

Kesan pertama saya saat melakukan proses pembelajaran di program studi Agroteknologi yaitu menarik, interaktif, serta mengedepankan nilai-nilai islam. Sebelum pembelajaran dimulai kami selalu membaca doa dan melakukan tadarus Al Quran. Sistem pembelajaran yang menggunakan kurikulum baru dipadukan dengan dosen yang berpengalaman dan berkompeten di bidang pertanian menjadikan proses pembelajaran begitu interaktif dan bervariatif.

Fasilitas yang dimiliki program studi Agroteknologi juga termasuk lengkap, terdapat ruang perkuliahan, laboratorium yang bersih, perpustakaan disertai ruang Self Access, lab komputer, pusat pelatihan bahasa, ATC (Agriculture Training Center), taman batu, Green House, lahan percobaan yang luas, dan tentunya akses internet yang cepat. Kemudian di ATC, kita akan mendapatkan pelatihan tentang cara mengelola pertanian dengan baik, budidaya pertanian, tindakan pasca panen, wirausaha pertanian, dll.

Program studi Agroteknologi juga memiliki beragam program internasional, antara lain kerjasama dengan berbagai universitas di dunia, Summer School, seminar internasional, KKN internasional, pertukaran budaya, dan magang internasional. Selain itu kita bisa menyalurkan ide dan gagasan kita yang kreatif dan inovatif dalam PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan dapat mewakili universitas dan Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa).

Maka dengan demikian, program studi Agroteknologi UMY patut dijadikan refrensi pilihan jurusan bagi mahasiswa baru. Program studi Agoteknologi menawarkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan disertai dengan fasilitas yang lengkap. Program internasional dan kegiatan PKM menjadi agenda wajib bagi program studi Agroteknologi. Pembelajaran yang kita dapatkan juga tidak terpaku pada hard skill tetapi juga softskill yang akan sangat berguna pada saat kita sudah berada di dunia kerja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar