petanidadakan

Hanya Blog UMY situs lain

Sektor pertanian membutuhkan generasi muda untuk mempersiapkan masa depan dengan ketahanan pangan. Pembangunan ketahanan pangan merupakan faktor utama  dalam pembangunan suatu bangsa. Komitmen pemerintah sangat besar terhadap aspek ketahanan pangan bagi pembangunan bangsa dan ketahanan nasional. Bahwa ketahanan pangan merupakan suatu sistem yang sangat kompleks mencakup tiga aspek yaitu ketersediaan, distribusi dan konsumsi, maka hal ini berarti bahwa ketahanan pangan merupakan suatu sistem yang dibangun secara lintas sektoral, lintas pelaku, dan lintas daerah.

Sebagai agent of change generasi muda harus mampu mengambil peran penting disektor pertanian terutama dalam memantapkan ketahanan pangan. Berupa proses memampukan, melibatkan, dan memberikan kewenangan pada masyarakat dapat menjadi sumber pemberdayaan generasi muda untuk pemberdayaan masyarakat yang lebih luas. Masa kini banyak aspek yang melibatkan generasi muda dalam pergerakannya dengan didasari bahwa potensi pemberdayaan generasi muda merupakan cara yang efektif dan tepat mengingat perannya yang tidak hanya berhenti pada penyelesaian masalah di masa sekarang, tetapi juga jauh ke depan sehingga bersifat jangka panjang.

Berdasarkan permasalahan ketahanan pangan maka dapat diambil celah dimana para generasi muda dapat berperan dalam upaya pemecahan masalah bahkan dapat berperan sebagai mitra sosial masyarakat demi mencapai cita-cita ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. Upaya yang bisa dilakukan generasi muda ialah:

1.Memberikan pemahaman tentang pentingnya diversifikasi pangan kepada masyarakat.

2.Melakukan consuming test bekerjasama dengan pemerintahan dengan cara membagikan beras unggul dalam jumlah tertentu kepada masyarakat secara rutin sehingga masyarakat akan terbiasa.

Gerakan pemuda peduli pertanian haruslah dibentuk mengingat potensi yang dimilikinya bersifat jangka panjang. Faktor pengaruh modernisasi atau karena kurangnya pengetahuan di bidang ilmu pertanian pada pemuda dapat menjadi alasan utama keengganan mereka untuk membuat kelompok tersebut. Namun hal itu dapat diatasi dengan peran serta mahasiswa pertanian, kelompok ahli dan lembaga pemerintahan yang perduli terhadap pemberdayaan pemuda untuk ketahanan pangan masa depan.

 

Categories: Pertanian

PROFIL AKU

20180210161


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Peran Generasi Muda

Sektor pertanian membutuhkan generasi muda untuk mempersiapkan masa depan dengan ...

Membangun Kemandiria

Indonesia merupakan negara agraris terbesar di kawasan Asia Tenggara yang ...

Penyelamatan Lingkun

Revolusi hijau diakui telah membawa kemajuan pesat bagi pembangunan pertanian. ...

Pemanfaatan Internet

Di era informasi seperti saat ini keberadaan internet sangat merajalela. ...