Pemanfaatan Internet (Blog) untuk Personal Branding

Kata internet, pastinya sudah tidak asing lagi kita dengar. Di dalam internet kita dapat membuat suatu tulisan, artikel, dan lain-lain. Salah satunya dengan membuat blog. Apa itu blog? Blog adalah sebuah aplikasi web yang menampilkan gambar, tulisan, dan video pada halamannya. Blog satu orang, dapat dilihat oleh orang lain di berbagai belahan dunia.

start-your-blog-4-steps

Pada awal kemunculannya, blog sering digunakan untuk menulis diary online. Sekarang, blog sudah sangat multifungsi, misalnya saja sebagai alat jual beli online, membuat komik atau novel online, dan masih banyak lagi. Selain fungsi blog tersebut, blog juga dapat membentuk personal branding pada diri sendiri.

Apa itu personal branding? Personal branding adalah sebuah proses yang dapat membantu kita dalam memasarkan diri kita. Melalui isi pada blog, orang lain akan dapat menilai pemilik blog. Nah, inilah yang disebut personal branding. Personal branding yang dilakukan secara efektif, dapat membuat kita mudah dikenal karena kita mempunyai sesuatu yang menonjol atau berbeda dibandingkan dengan orang lain.

lala

Personal brand yang baik, akan membuat anda dikenal banyak orang dan menjadikan anda sebagai seorang yang berpengaruh di dunia online. Seseorang yang sukses membangun personal brand di blog biasanya juga akan sukses membangun personal brand nya di dunia nyata dan mempunyai banyak relasi melalui blognya. Contohnya saja Raditya Dika yang suksesnya berawal dari tulisan blognya yang sekarang menjadi artis dan komedian. Oleh karena itu sangat penting untuk membentuk personal branding bagi kita yang ingin dikenal oleh banyak orang dan sukses melalui dunia online, bukan hanya dari blog saja.

success-blogger

Agar orang lain dapat mengetahui personal brand kita melalui blog, kita harus membuat orang lain tersebut membuka dan membaca blog kita. Berikut cara agar orang lain membuka dan membaca blog kita, sehingga mereka tertarik.

  1. Gunakan bahasa google atau key words yang mudah ditemukan orang lain
  2. Konsisten dalam mengupdate blog
  3. Ikuti tren yang ada untuk membuat konten pada blog
  4. Tingkatkan kualitas tulisan blog
  5. Buat ciri khas yang unik pada blog agar mudah diingat pembaca
  6. Gunakan tags dengan tepat
  7. Biasanya orang akan menggunakan SEO pada blognya agar blog mereka selalu muncul di deretan atas google

Sekian pembahasan personal branding kali ini. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *