Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula, Termudah, Dilengkapi gambar Dan Metode penyelesaiannya.

Cara bermain rubik
Sumber : www.rubik.id

Sempat tidak sih kamu nyoba main rubik tetapi sampe berjam- jam apalagi sampe seharian kurang ingat makan kurang ingat mandi sedang tak kelar pula?? Tentu awal mulanya di kira sepele kan??? Nah loh sebab itu janganlah senang nganggap remeh suatu.

Rubik merupakan game memasak otak yang memerlukan trik- trik spesial buat menyelesaikannya. Semacam pada awal mulanya aku dahulu pula hadapi kesusahan dikala berupaya main rubik, tetapi sebab saking kepengen sangat dapat, aku tak sempat berserah buat lalu belajar serta belajar tiap hari, aku berupaya mencari jalan keluarnya di google, serta dalam waktu durasi 30 hari aku telah ahli serta sampai saat ini telah diluar kepala.

Nah, Pada peluang kali ini, aku hendak sedikit memberi kiat ataupun cara bermain rubik 3×3 dengan tata cara yang sangat reguler ataupun sedang basic sangat. Serta aku memberi bimbingan ini buat kamu yang sedang pendatang baru.

Jadi aku kemas bimbingan ini dengan bahasa yg simpel serta diharapkan gampang dimengerti serta dipahami oleh pendatang baru. Buat para ahli rubik aku percaya udah pada tidak bingung serupa beginian nama lain udah tidak memerlukan lagi bimbingan seperti ini.

Loh, mengapa tidak berlatih rubik 2×2 dahulu gan?

Nah malah itu, jika mau berlatih rubik 2×2 wajib dapat memahami rubik 3×3 dahulu gan, karena metode yang dipakai buat menuntaskan rubik 3×3 lebih mudah, rubik 2×2 sepele tetapi kira- kira susah jika bagi aku.( sesungguhnya sama2 mudah klo udah bisa.

Baca juga : Rumus Rubik 4X4

Oke sahabat, bagaikan cuber pendatang baru ayo kita pahami dahulu istilah- istilah yg harus kita tahu, sebab ini hendak kita maanfaatkan buat identifikasi cara bermain rubik 3×3.

Bagian- bagian Rubik:

  • Center Pieces
  • Edge Pieces
  • Corner Pieces
  • Layer atau Lapisan

Arah Pergerakan Catatan Rubik:

  • R( Right): Merupakan aksi memutar bagian kanan searah duri jam.
  • R( R aksen): Merupakan aksi memutar bagian kanan bertentangan arah duri jam.
  • L( Left): Merupakan aksi memutar bagian kiri searah duri jam.
  • L( L aksen): Merupakan aksi memutar bagian rubik sisi kiri bertentangan arah duri jam.
  • U( Up): Merupakan aksi memutar bagian atas searah duri jam.
  • U( U aksen): Merupakan aksi memutar bagian rubik bagian atas bertentangan arah duri jam.
  • D( Down): Merupakan aksi memutar bagian dasar searah duri jam.
  • D( D aksen): Merupakan aksi memutar bagian dasar bertentangan arah duri jam.
  • F( Front): Merupakan aksi memutar bagian depan searah duri jam.
  • F( F aksen): Merupakan aksi memutar bagian depan bertentangan arah duri jam.
  • f( Front double): Merupakan aksi memutar bagian F double searah duri jam.
  • f( Front aksen double): Merupakan aksi memutar bagian F double searah duri jam.
  • B( Back): Merupakan aksi memutar bagian balik searah duri jam.
  • B( B aksen): Merupakan aksi memutar bagian balik bertentangan arah duri jam.

INGAT: Satu aksi merupakan satu kali putaran 90°. Serta buat 2 kali aksi merupakan 2 kali putaran 90°, ataupun satu putaran 180°.

Contoh R2, berarti kita putar bagian kanan searah duri jam 180°.

Cara bermain atau Menyusun Rubik 3×3

Nah, sehabis kamu pahami istilah- istilah diatas, saat ini waktunya kita hendak berlatih menata rubik 3×3. Pastinya kita wajib memiliki dadu yang bernama rubik ataupun sangat tidak pinjem memiliki temen. Ataupun jika kamu ingin bermain rubik di HP aplikasinya pula ada buat Android serta IOS, kamu dapat unduh Playstore.

Ataupun kamu pula dapat mainkan rubik virtual dengan cara online disini. Ok tidak harus pake lama silakan, cermati serius langkah- langkah selanjutnya ini.

Dalam membongkar rubik 3×3, terdapat 7 jenjang yang wajib kita lalui step by step. Antara lain merupakan bagaikan selanjutnya:

  • Membuat cross.
  • Menuntaskan bagian dasar sekalian layer awal.
  • Menuntaskan layer kedua.
  • Membuat cross( kuning) di bagian atas.
  • Menuntaskan bagian atas.
  • Membenarkan corner layer ketiga.
  • Penanganan.

Tahap Awal: Membuat Cross(+).

Tidak terdapat algoritma spesial buat membuat cross putih. Tetapi buat pendatang baru aku kasih mengerti metode yang lazim aku gunakan, Triknya merupakan cari bagian yang memiliki center kuning, serta taruh diatas semacam ini.

Setelah itu cari edge putih

kemudian kumpulkan satu persatu dengan metode semacam ilustrasi dari bermacam kondisi. Nah sehabis itu, umumnya terdapat situasi dimana kita wajib menaruh edge terakhir tanpa wajib mengganggu edge yang lain yg telah jadi.

D F D

Bila tidak mendapati situasi itu lewatkan saja. Serta selanjutnya merupakan cross yang telah betul semacam ini. Posisikan cross putih dibawah. Nah… Saat ini cross putih kalian dah jadi.

Tahap KEDUA: Memaras Bagian Dasar Jadi Putih Seluruh.

Triknya merupakan cari corner yang memiliki corak putih. 

Hingga cermati corak yang berdampingan dengan corner putih itu, contoh corak merah. Bila corak putih di kanan hingga posisikan rubik semacam ini.( posisi corak disebelah corner putih merupakan merah hingga posisikan bagian merah sbg FRONT ataupun wajah)

Baca juga : Cara Membersihkan Lantai Epoxy Yang Benar

Serta bila corak putih dikiri hingga posisikan rubik semacam ini.( posisi corak disebelah corner putih merupakan hijau hingga posisikan bagian hijau sbg FRONT ataupun wajah)

  • Buat kanan: Algoritmanya merupakan R U R
  • Buat kiri: Algoritmanya merupakan L U L
  • Buat kanan: Algoritmanya merupakan R U R
  • Buat kiri: Algoritmanya merupakan L U L
  • Buat kanan: Algoritmanya merupakan R U R
  • Buat kiri: Algoritmanya merupakan L U L

Hingga corak putih yg tertinggal itu wajib dipindah keatas dahulu. Bila beliau dikiri hingga L U L. Bila di kanan R U R. Bila putih telah diatas kemudian maanfaatkan algoritma mulanya( RUR atau LUL) buat menuntaskan seluruh putih dibawah.

Ataupun situasi putih tertinggal diatas, kita flip dahulu supaya mengarah sisi( pada layer 3). Algoritmanya L U2 L U ataupun R U2 R U( Terkait situasi rubik pada pemikiran kamu). Tujuannya supaya dapat memakai algoritma( RUR atau LUL) itu. Serta selesailah bagian dasar dengan putih seluruh, sekalian layer awal membuat tertib dengan center semacam ini.

Tahap KETIGA: Memaras Layer Kedua.

Carilah edge yg tidak memiliki corak kuning

Kita bisa corak merah- hijau atau hijau- orange, seleksi salah satu dahulu misalnya yang merah- hijau, hingga putarlah bagian atas( U) sampai edge hijau berjumpa center hijau.

Cermati edge merahnya, kemudian kita tempatkan pada bagian merah, hijau jadi front, merah kumpulkan pada bagian yg memiliki center merah. Bertepatan kita memperoleh merah dikiri.

Apabila bagian center merah dikiri hingga algoritmanya U L U L U F U F

Apabila bagian yang terdapat center merah dikanan hingga algoritmanya U R U R U F U F

Apabila kalian nemuin corak lain, contoh edge orange serta hijau, triknya serupa, maanfaatkan algoritma itu. Jalani lalu menembus hingga layer 2 jadi dengan corak yg komplit.

Bila kita ditemukan dengan situasi seluruh edge memiliki corak kuning seluruh, kita dapat melaksanakan pemikiran. Ataupun jalani aksi asal namun cocok metode diatas, hingga hasilnya hendak timbul satu edge yg tidak memiliki corak kuning.

Tahap KEEMPAT: Membuat Cross Kuning Pada Bagian Atas.

Buat membuat cross kuning pd bagian atas merupakan terkait situasi, terdapat 3 situasi berlainan yaitu

Terdapat kalanya dari tiap situasi diatas terdapat alterasi yang lain, fokuslah pada EDGE saja. Bila terdapat corak kuning lain di CORNER hingga abaikan.

Apabila kalian mengalami situasi yg awal ialah satu TITIK center. Hingga algoritmanya adalah

F( R U R U) F f( R U R U) f.( f kecil merupakan putar 2 layer F( double)).

Apabila mengalami situasi kedua ialah L menjempalit hingga algoritmanya f R U R U f.

Apabila mengalami situasi ketiga ialah Garis lurus hingga algoritmanya. F R U R U F

Hingga tercipta cross kuning

Tahap KELIMA: Memaras Bagian Atas Dengan Kuning Seluruh.

Ingat upayakan cross kuning semacam lukisan diatas diatas. Situasi awal, kedua, ketiga, keempat, kelima ataupun keenam. Apapun situasi cross kamu upayakan letaknya serupa semacam lukisan diatas.

Algoritmanya:

  • Situasi 1. F( R U R U)( R U R U)( R U R U) F
  • Situasi 2. f( R U R U) f F( R U R U) F
  • Situasi 3. R U R U R U2 R( metode ikan)
  • Situasi 4.( r U R U)( r F R F)
  • Situasi 5.( R U R U)( R U R U2)( R U R U2) R U R
  • Situasi 6. F R F L F R F L

( Bila pada permasalahan nomor. 3 ialah situasi cross kuning membuat pola lukisan ikan, upayakan kepala ikan terletak di pojok kiri depan semacam lukisan diatas.)

Tahap KEENAM: Membenarkan Corner Layer 3.

Artinya merupakan menaruh corner cocok pada tempatnya, misalnya pada bagian merah hingga corner wajib merah, pada bagian hijau corner wajib hijau, sedemikian itu pula dengan corak lain.( taruh corner yg telah jadi dikiri) Kemudian kita peruntukan yang kanan, Algoritmanya R U2 R U R U2 L U R U L.

Bila belum terdapat satupun corner yang telah jadi, senantiasa jalani metode itu.

Tahap KETUJUH: Penyelesaian

Ini merupakan langkah terakhir, Posisikan bagian yang rupanya telah komplit atau telah jadi taruh di balik.

Penjelasan lukisan diatas: B( Back itu maksudnya Balik), F( Front itu maksudnya Depan). Pada bagian B merupakan bagian yang telah jadi ataupun memiliki corak yg telah komplit.

Edge merah hendak kita alih ke bagian kiri berarti searah duri jam.( ingat bagian dengan corak telah komplit ataupun telah jadi letakkan di balik atau back ( B).

Apabila searah duri jam algoritmanya merupakan F2 U L R F2 L R U F2

Apabila tidak searah duri jam algoritmanya merupakan F2 U L R F2 L R U F2.

Serta aman kalian telah dapat menyelesaikan rubik 3×3. Buat pendatang baru memanglah hendak sedikit hadapi kesusahan serta kebimbangan, kuncinya bila kamu giat serta haram berserah kamu tentu hendak kilat dapat. Aman berlatih

serta janganlah ragu buat tinggalkan pendapat kamu dibawah bila terdapat persoalan lebih lanjut tentu hendak aku reaksi secepatnya. Janganlah kurang ingat share pula betul. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar