Cara Mandi Bayi Baru Lahir hingga Usia 18 Bulan Menurut Dokter

Cara Mandi Bayi Baru Lahir hingga Usia 18 Bulan Menurut Dokter – Menjaga kebersihan badan dapat melindungi kita dari iritasi dan gatal-gatal akibat bakteri yang menempel pada tubuh.

Setelah beraktivitas di luar, kotoran dapat menempel pada tubuh sehingga bakteri dan kuman dan tumbuh. Membersihkan badan menggunakan sabun, dapat mengangkat kotoran yang menempel pada tubuh kita.

Selain itu, untuk membersihkan rambut juga kita dapat menggunakan shampoo yang cocok dengan karakter rambut yang kita miliki.

Berbeda dengan orang dewasa, cara Mandi Bayi baru lahir pastinya berbeda dan perlu perlakuan khusus. Tidak hanya itu, sabun dan shampoo khusus bayi pun perlu digunakan untuk menghindari kulit bayi yang masih sensitif menjadi iritasi.

Untuk itu, simak cara Mandi Bayi baru lahir baru lahir hingga 18 bulan menurut dokter anak berikut ini:

Cara Mandi Bayi baru lahir yang Baik dan Benar

Dr. Nina Dwi Putri, SpA(K), dan Dr. Amanda Soebadi, SpA(K), melalui situs resmi IDAI menjelaskan bahwa saat lahir bayi belum perlu dimandikan.

Pada usia tersebut, bayi masih memiliki lapisan pelindung yang terlihat seperti lemak berwarna keputihan yang berfungsi untuk menjaga suhu bayi.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang tua menunggu 24 jam bila ingin melakukan mandi untuk pertama kalinya pada bayi.

Penundaan ini akan mengatur gula darah dan suhu tubuh, meningkatkan ikatan, keberhasilan menyusui, dan menjaga kulit bayi dari kekeringan.

Menurut dokter spesialis anak konsultan, Nina dan Amanda, setelah 6 jam, bayi dapat dilap dengan air hangat saja.

Bila tali pusar belum terlepas, bayi cukup dilap dengan kain dan air hangat dan bila sudah lepas baru diperbolehkan memasukkan tubuhnya ke dalam air. Berikut adalah cara Mandi Bayi baru lahir yang baru lahir:

Persiapan

  • Letakkan karpet karet di bawah bak mandi si kecil, agar tidak mudah tergelincir
  • Periksa suhu air dengan siku, untuk memastikan suhu air suam-suam kuku, bukan panas
  • Atur semua keperluan mandi si kecil berada dalam jangkauan tangan, seperti sabun, lap, baju, popok dan handuk agar kamu tidak perlu meninggalkan anak setiap kali membutuhkan benda-benda tersebut.

Setelah Mandi

  • Angkat segera bayi dari bak mandinya setelah mandi
  • Keringkan seluruh tubuhnya, hingga benar-benar kering
  • Pastikan seluruh bagian tubuh yang berlipat tidak lembab untuk menghindari gangguan kulit
  • Segera pakaikan baju bila kulit bayi sudah benar-benar kering
  • Sekalipun bayi belum bisa bergerak bebas, pastikan kamu tidak meninggalkannya sendiri. Karena dengan gerakan tangan dan kakinya, bayi berisiko tergelincir dari tempatnya ditidurkan di bak mandi.

Cara Mandi Bayi baru lahir 3 Bulan

I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS, atau lebih akrab dikenal dengan dr. Tiwi, menjelaskan bahwa di usia 3 bulan ke atas, bayi dapat berkenalan dengan air bersuhu normal dan tidak perlu air hangat lagi.

Setelah menginjak usia 3 bulan, dengan berat badan minimal 6 kg, bayi perlu dikenalkan dengan air biasa saat mandi. Air biasa akan membuat kulit bayi lebih sehat, dibandingkan air hangat yang cenderung mengeringkan kulit.

Cara Mandi 6 Bulan ke Atas

Menginjak usia 6 bulan, bayi sudah semakin besar dan dapat beralih dari bak mandi kecil ke bak mandi yang lebih luas.

Bila bayi tidak menyukainya, kamu bisa meletakkan bak mandi yang lama di dalam bak yang baru agar si kecil dapat menyesuaikan diri.

Keuntungan beralih ke bak mandi yang lebih besar, adalah anak dapat merasa terhibur dan bermain air sekaligus merangsang tumbuh kembangnya.

Berikut adalah beberapa cara Mandi Bayi baru lahir sekaligus mendukungnya bermain air saat mandi di usia 6 bulan ke atas:

Sebelum kamu mulai, pastikan semua kebutuhan mandi anak berada dalam jangkauan tangan, seperti handuk, sabun, sampo, lotion, popok hingga pakaian bersih

Letakkan alas anti slip di baka mandi untuk tempat duduk bayi, dan satu di lantai tempat kamu berdiri atau berlutut

Isi bak mandi dengan air sampai kedalamannya kira-kira 8 cm. Uji suhu sebelum kamu memasukkan bayi, apakah terlalu dingin atau sudah pas

Turunkan bayi ke bak mandi dengan lembut. Pastikan tubuh si kecil berada di genggaman kamu sepanjang waktu mandinya

Basuh dengan lembut mulai dari wajahnya kemudian turun ke bokongnya. Jika perlu dikeramas, lakukan proses ini di bagian terakhir. Perlu diketahui, bayi tidak perlu keramas setiap hari dan cukup sekali atau dua kali saja dalam seminggu

Setelah bayi anda bersih dan selesai bermain di dalam air, lebarkan handuk di permukaan yang datar, lalu angkat dengan hati-hati ke handuk

Jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan di bak mandi, sebab bayi dapat tenggelam dengan sangat cepat di air yang sangat dangkal

Cegah bayi untuk tidak berdiri di bak mandi. Jika si kecil ingin melakukannya, pastikan kamu selalu menggendongnya agar ia tidak jatuh atau terpeleset

Itu dia cara Mandi Bayi baru lahir yang baru lahir hingga ia mencapai umur 18 bulan, Toppers! Pastikan jika kamu ingin Mandi si kecil untuk selalu berada disekitarnya agar bisa mengawasi dan memperhatikannya, ya.

Sebagai persiapan untuk Mandi si kecil, pastikan kamu sudah melengkapi perlengkapan Mandi Bayi baru lahir yang bisa kamu temukan. Tambahkan juga mainan Mandi Bayi baru lahir agar proses main air si kecil dapat lebih menyenangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar