Pertanian Masa Depan

Pertanian saat ini

download (6)

Kondisi pertanian di Indonesia, kini terasa cukup memprihatinkan. Di mana Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris (negara yang maju pertaniannya), sekarang malah mengimpor makanan pokoknya dari negara lain. Padahal sebenarnya rakyat dan bumi kita yang tercinta ini masih dapat memenuhi kebutuhan beras untuk makan kita sehari-hari. Bukan hanya beras tetapi hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang demikian.

 

  •       Pertanian masa depan

Masa depan pertanian Indonesia terancam dengan semakin berkurangnya minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian, khususnya untuk pertanian pangan. Merosotnya luas lahan garapan kepemilikan pribadi dinilai sebagai salah satu penyebab keengganan ini.

“Ini terjadi dimana-mana, generasi muda semakin hilang dan berkurang yang mau bekerja di sektor pertanian. Ini menjadi tantangan pertanian kita ke depan,” ungkap Nurhady Sirimorok, peneliti dari Ininnawa, dalam sebuah diskusi di Makassar, Sulawesi Selatan, akhir Mei 2015 lalu.

Menurutnya, pembangunan desa akan sangat bergantung pada tenaga produktif, sehingga ketika tak ada lagi generasi muda yang mau mengerjakan lahan, maka kebutuhan pangan pasti akan disuplai dari luar.

 

  • Kendala besar pertanian

Ada 6 hal :

  1. Pertama, lemahnya struktur permodalan dan akses terhadap sumber permodalan.
  2. Kedua, ketersediaan lahan dan masalah kesuburan tanah.
  3. Ketiga, pengadaan dan penyaluran sarana produksi
  4. Keempat, terbatasnya kemampuan dalam penguasaan teknologi.
  5. Kelima, lemahnya organisasi dan manajemen usaha tani.
  6. Keenam, kurangnya kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia untuk sektor agribisnis

 

  • Cara mengatasi kekuranga pangan

solusi yang paling tepat dalam mengatasi kekurang pangandidalam negri bukanlah dengan cara impor beras, tetapi dengan cara meningkatkan produktivitas pangan dalam Negri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara ektensifikasi atau difersifikasi pertanian, bahkan dapat dilakukan dengan menambah luas lahan pertanian serta penggunaan mekanisasi dalam pengelolahan lahan. Disamping itu juga perlu adanya suatu bimbingan atau pelatihan dari pemerintah mengenai cara menigkatkan produktifitas pertanian. Apabila hal tersebut diatas dapat dilakukan dengan baik maka masalah pangan yang terjadi sekarang ini di indnesia tidak akan terjadilagi, apabila terjadipun tidak akan separah ini.

http://ditaniii.blogspot.co.id/2012/09/kondisi-pertanian-di-indonesia-saat-ini.html

http://www.mongabay.co.id/2015/06/25/petani-berkurang-masa-depan-pertanian-indonesia-terancam/

http://adf.ly/2038312/banner/http://agribisnis.blogspot.co.id/2010/11/kendala-dalam-pengembangan-pertanian.html

https://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/solusi-atas-kekurangan-pangan/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar