Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Sebagai mahasiswa, aktifitas yang berhubungan dengan akademik merupakan makanan sehari-hari. Untuk menjalani akfititas akademik organ yang dominan dibutuhkan adalah otak. Lain halnya dengan para pekerja lapangan yang lebih membutuhkan otot, bukan berarti tidak perlu otak dan tidak pakai otak, tapi otot lebih dominan digunakan. Bagi mahasiswa sendiri, pasti familiar dengan istilah “otak ngebul”. Ya, kurang lebih artinya cape karena kebanyakan mikir. Kalau otot dilatih dengan fitnes dan olahraga, lain dengan otak. Ada 7 kebiasaan yang ternyata meningkatkan kemampuan otak, apa saja itu?

1. Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil

Memcatat ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak hingga 20%. Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja terekam, mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, kita dapat melihatnya kembali ketika kita lupa.

2. Tidak mengonsumsi alkohol dan rokok

Saya udah pernah posting tentang jahatnya rokok. Mengapa masih merokok? Tidak ada alasan untuk tetap merokok, hentikan mulai dari sekarang. kemudian tentang alkohol, alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak. Orang-orang yang memiliki memori tajam, jarang dan hampir tidak pernah mengonsumsi alkohol.

3. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya

Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca daripada menonton televisi. Jadi biasakan anak-anak untuk membaca, jangan disodorkan televisi. Buku lebih baik.

4. Sering membaca novel

Dengan membaca novel, otak kita akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir dalam bentuk petualangan yang lebih menarik dan seru.

5. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data

Kemampuan otak akan meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubungkan-hubungkan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

6. Mengonsumsi ikan

Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati dan mengembangkan sel otak. Sel-sel otak tentuk harus terus terus berkembang. beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat otak.

7. Meminum teh atau kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan bisa berakibat fatal. Minumlah teh atau kopi dalam porsi sewajarnya.

Categories: Kedokteran, Kesehatan

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...