Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Sebelumnya saya sudah memposting bahwa olahraga dan aktifitas fisik dapat mencegah berbagai macam penyakit, nah sekarang bagaimana caranya agar hidup lebih aktif? Pada dasarnya, memelihara kesehatan itu mudah, yaitu dengan menyeimbangkan berat badan, makan makanan sehat, dan tidak merokok. Untuk menyeimbangkan berat badan, prinsipnya mudah saja, yaitu seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar.  Misalnya saat minum kopi 1 gelas dengan 305 kalori, kita harus mengimbanginya dengan berjalan 1 jam 10 menit agar kalorinya bisa di metabolisme tanpa ada yang tertimbun jadi lemak.

Bagaimana caranya kita dapat menjadi aktif secara fisik?

Untuk menjadi aktif secara fisik aktif, berarti kita sedang berbicara tentang kesempatan.  Lebih aktif secara fisik setiap hari dengan mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk bangun dan bergerak.  Bulatkan niat dan tekad.

Contoh:

  • Pergunakan tangga untuk naik ke atas dan ke bawah dari pada menggunakan elevator atau lift. Mulailah secara bertahap, awalnya hanya kuat 1 lantai, tapi untuk selanjutnya harus ditingkatkan.
  • Memarkir beberapa blok dari kampus, toko, atau kantor dan berjalanlah untuk menuju kesana. Jika kita mengendarai angkutan umum, turunlah lebih awal dari tempat yang akan kita tuju, dan berjalanlah untuk jarak yang selanjutnya.
  • Dari pada banyak memakan cemilan, lebih baik berjalan-jalan di sekitar lingkungan.
  • Berkebun, cabut rumput sendiri di halaman.
  • Berolahragalah dengan meregangkan tubuh, berjalanlah di sekitar. Berikan otot dan pikiranmu kesempatan untuk relax.

Seseorang yang berolahraga secara teratur akan menjadi lebih mudah untuk…:

  • Mempertahankan berat badan dengan sehat
  • Mengontrol rasa nyeri pada sendi dan otot yang terserang arthritis secara efektif.
  • Mengatur kelenturan otot yang biasanya hilang seiring bertambahnya umur.
  • Memiliki rasa penghargaan terhadap diri sendiri dan percaya diri yang tinggi.
  • Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Melanjutkan aktivitas sehari-hari sampai tua.
  • Mendapatkan seluruh kesehatan dan kesejahteraan

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, kita harus melakukan exercise atau aktifitas fisik yang bersifat aerobic. Exercise yang bersifat aerobic: berjalan, renang, bersepeda, senam, jogging.

Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah seminggu 3-5 kali, diawali dengan pemanasan agar otot-otot tidak “kaget” untuk melakukan aktivitas berat. Setelah pemanasan, lakukan peregangan. Peregangan yang baik diantaranya dengan melakukan peregangan 10-30 detik hingga nafas kembali normal. Lakukanlah selalu pemanasan sebelum melakukan peregangan. Dan diakhir olahraga,  jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Kita dapat mengetahui bahwa tubuh kita sudah dingin adalah dengan mengukur denyut jantung kita, yaitu: 100 kali/menit.

Jika setelah olahraga kita merasa lapar, maka olahraga yang kita lakukan sudah melewati batas aerobik. Artinya, kita berolahraga terlalu keras. Karena aerobic tidak akan menyebabkan kelaparan. Hal tersebut disebabkan oleh olahraga yang dilakukan sudah mencapai batas anaerobik, sehingga untuk dapat menghasilkan energy yang lebih banyak, dipakailah karbohidrat dalam tubuh dan tubuh pun kekurangan karbohidrat sehingga timbullah rasa lapar setelah olahraga.

Orang yang berolahraga dan ia masih bisa berbicara dengan lancar dan dimengerti, berarti ia masih dalam taraf aerobik. Sedangkan jika seseorang yang berolahraga dan ia merasa amat cape dan bicaranya pun sulit dimengerti, maka ia sudah masuk ke dalam taraf anaerobik.

Hal penting lain adalah, minum 3 jam sebelum olahraga dan sesaat sebelum olahraga dimulai. Karena cairan tubuh akan banyak keluar saat berlangsungnya olah raga, sehingga dikhawatirkan terjadi dehidrasi. Setelah olahraga pun minumlah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, tapi jangan langsung minum banyak, karena hal tersebut akan menyebabkan terjadinya hipotonik (menggenangnya larutan dalam sel tubuh).

Waktu yang terbaik untuk olagraga

  • Ketika kita dapat melakukannya.

Orang-orang yang latihan pagi-pagi adalah orang yang setia untuk melakukan latihan rutin mereka. Seiring hari berjalan, makin banyak pekerjaan yang harus dilakukan, waktu semakin singkat dan olahraga pun tak dapat dilakukan. Maka, saat ada waktu luang, segera gunakan waktu itu untuk olahraga.

  • Ketika teman kita dapat melakukannya.

Latihan bersama teman akan menjadikan kita konsisten pada latihan rutin yang dilakukan. Hal ini menjadikan kita menjadi lebih bertanggung jawab dan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Dengan adanya teman, kamu akan merasa lebih termotivasi.

  • Ketika butuh energy extra.

Olahraga pagi membuat kita dapat menikmati suasana pagi, kamu akan menjadi bersemangat dalam melakukan harimu.

  • Ketika cuaca mendukung.

Jika sedang diluar, waspadalah untuk menghindari cuaca panas dan kelembapan musim panas dan berhati-hatilah pada musim dingin atau musim hujan. Saat cuaca cerah tanpa hujan, segeralah olahraga.

Categories: Kesehatan, Motivasi, Tips

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...