Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Memasuki usia 30 tahun, kesehatan dan kebugaran tubuh kita akan mulai menurun jika kita tidak mempersiapkan dengan matang untuk menghadapi masa itu. Untuk itu, kita harus banyak membiasakan diri melakukan exercise, yaitu menggerakan badan agar kebugaran tubuh kita tidak menurun drastis. Karena dengan semakin banyak seseorang melakukan gerak, semakin lambat pula ia mengalami penurunan kondisi tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit dan kondisi kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu melindungi Anda dari masalah kesehatan berikut.

Penyakit jantung dan Stroke. Aktivitas fisik sehari-hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) dalam darah (kolesterol baik) dan menurunkan Low-Density Lipoprotein (LDL) dalam darah (kolesterol jahat), meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan kapasitas kerja jantung. Pengoptimalan masing-masing faktor ini dapat memberikan manfaat tambahan dalam hal penurunan risiko Peripheral Vascular Disease (Penyakit Pembuluh Darah Perifer).

 

 

 

Tekanan Darah Tinggi. Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tingkat tekanan darah tinggi. Aktivitas fisik akan mengurangi lemak tubuh, yang banyak dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

 

 

 

 

 

Noninsulin-Dependent Diabetes (Diabetes Mellitus tipe 2) . Yaitu DM yang berbeda dalam hal penyebabnya, patologi, genetik, usia onset, dan penanganan). Dengan mengurangi lemak tubuh, aktivitas fisik dapat membantu untuk mencegah dan mengendalikan diabetes tipe ini.

 

 

 

 

 

 

Obesitas. Aktivitas fisik membantu mengurangi lemak tubuh dengan membangun massa otot dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan kalori. Ketika aktivitas fisik dikombinasikan dengan nutrisi yang tepat, maka hal tersebut dapat membantu mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas yang merupakan faktor risiko utama bagi banyak penyakit.

 

 

 

 

 

Back Pain. Dengan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, maka akan meningkatkan pula fleksibilitas dan postur tubuh. Olahraga teratur dapat membantu mencegah sakit punggung.

 

 

 

Osteoporosis. Biasa latihan menahan beban, akan membantu pembentukan tulang dan dapat mencegah berbagai bentuk kelainan tulang yang berhubungan dengan degenerasi atau penuaan.

 

 

 

 

 

Self Esteem Dan Stress Management (Menghargai diri sendiri dan manajemen stress). Studi tentang efek psikologis latihan telah menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan suasana hati kita dan cara kita memandang tentang diri kita. Para peneliti telah menemukan bahwa exercise cenderung mengurangi depresi dan kecemasan dan membantu kita untuk lebih mengelola stres.

Cacat. Berlari, berjalan, dan aerobik telah terbukti dapat menunda proses kecacatan akibat penuaan tulang pada orang tua.

Penyakit-penyakit di atas seharusnya dapat dicegah, caranya dengan mengubah gaya hidup. Makan makanan yang sehat, banyak bergerak, melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Begitu banyak manfaat olahraga. Jadi, dari manfaat-manfaat ini, adakah keputusan dari diri kita untuk tidak berolahraga? Mari kita jaga kebugaran tubuh kita dengan senantiasa melakukan banyak aktivitas fisik.

Categories: Kesehatan, Tips

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...