Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Katarak

Posted by Sussy 12 Comments

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme di lensa. Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan. Menurut Direktur Jakarta Eye Center, Prof Istiantoro, MD., 60%-70% dari total kebutaan yang terjadi di dunia disebabkan oleh katarak. Selain itu, di Indonesia prevalensi katarak adalah 1,5% dari jumlah penduduk keseluruhan dan setiap 3,5 menit ada satu orang menjadi buta. WHO juga mengungkapkan bahwa kini penderita buta katarak bertambah 0,1 persen dari jumlah penduduk.

Ada beberapa tipe katarak, yaitu:

Ket: anterior = depan, posterior = belakang

1. Katarak Subkapsular: katarak ini terjadi di belakang lensa. Orang yang menderita diabetes dan hyperopia (bentuk bola mata yang abnormal sehingga kesulitan melihat jarak dekat) memiliki resiko tinggi menderita katarak subkapsular.

2. Katarak Nuklearis: sama seperti namanya, katarak nuklearis ini terjadi di inti lensa, di tengah-tengah lensa. Katarak jenis ini terjadi umumnya karena proses degenerasi atau penuaan.

3. Katarak Kortikal: katarak jenis ini ditandai dengan adanya kekeruhan berwarna putih yang timbul dari pinggir lensa lalu menyempit ke tengah lensa. Jenis katarak ini terjadi pada korteks lensa, yaitu bagian lensa yang mengelilingi nukleus lensa.

Lensa yang ada di dalam mata bekerja layaknya lensa kamera, lensa tersebut akan memokuskan cahaya ke retina sehingga mata akan melihat secara fokus pada suatu benda baik jauh maupun dekat.

Pada katarak, penglihatan akan menjadi tidak jelas seperti ada kabut yang menghalangi objek, mudah silau atau peka cahaya, merasa penglihatan pada satu mata menjadi ganda, perlu cahaya terang untuk dapat membaca, lensa mata menjadi buram berwarna putih susu, dan tidak dirasakan adanya nyeri. Biasanya gejala ini tidak disadari dan cenderung diabaikan saja bila tidak terlalu mengganggu, padahal bila dibiarkan akan menjadi fatal yaitu kebutaan.

Sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya katarak?

Katarak dapat disebabkan oleh kejadian trauma, penyakit sistemik (diabetes), infeksi pada janin, dan toksik, tetapi paling sering terjadi karena proses penuaan yang normal. Faktor yang juga berperan dalam terjadinya katarak meliputi trauma, infeksi, radiasi sinar UV, obat-obatan, alkohol, rokok, dan kurangnya asupan antioksidan.

Perubahan fisik dan kimia dalam lensa yang mengakibatkan hilangnya transparansi. Pada umunya lensa terbentuk dari air dan protein. Protein akan mengatur agar lensa tetap bersih sehingga cahaya bisa melewatinya. Tetapi seiring usia, akan terjadi perubahan kimia dalam protein lensa yang dapat menyebabkan koagulasi, sehingga mengaburkan pandangan dengan dengan menghambat jalannya cahaya ke retina. Penurunan penyerapan oksigen dan peningkatan kandungan air di lensa pun menjadi penyebab terjadinya katarak.

Pada pasien diabetes, terjadi akumulasi sorbitol pada lensa akibat tingginya gula darah. Sorbitol pada lensa akan meningkatkan tekanan osmotik dan menyebabkan cairan bertambah dalam lensa sehingga lensa menjadi keruh.

Setiap wanita dan pria masing-masing mempunyai risiko yang sama untuk menderita katarak. Sayangnya belum ada obat yang benar-benar bisa menghilangkan katarak yang keruh tersebut. Kebutaan dapat dicegah dengan operasi pengambilan katarak dan lensa diganti dengan lensa yang bersih agar cahaya bisa masuk lagi dengan sempurna. Banyak yang beranggapan bahwa operasi katarak harus dilakukan setelah katarak matang. Hal tersebut tidak benar, bila dibiarkan katark semakin parah, maka risiko komplikasi pasca-operasi pun akan semakin besar, seperti glaukoma sekunder dan peradangan di dalam mata yang disebabkan oleh lensa dan kantung penggantung lensa yang rapuh.

Categories: Kedokteran, Kesehatan
Profile photo of Sussy

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Profile photo of Sussy

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...