Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

bf26fa29-aeb8-42e6-b3b2-f62b7c8e363e

Feses merupakan sisa dari proses pencernaan, adanya feses ini merupakan tanda bahwa tubuh dalah keadaan normal dan sehat. Bila tubuh tidak bisa mengeluarkan feses, racun dan sampah pasti sudah menumpuk di dalam tubuh kita.

Lalu, feses seperti apakah yang normal?

Feses yang normal memiliki konsistensi yang lunak, dengan permukaannya yang kurang rata dengan sedikit retakan,  berwarna coklat seperti tipe 3 dan 4 pada Bristol Stool Chart, dan berbau khas yang tidak terlalu busuk. Bila feses yang dikeluarkan normal, itu menandakan bahwa organ pencernaan kita dalam keadaan sehat.

Bristol_stool_chart.svg

Bristool Stool Chart – dengan terjemah dan bahasa yang disederhanakan

Bagaimana bila ada darah, lendir, dan nanah pada feses?

Normalnya terdapat sedikit sekali lendir dalam feses Tetapi, bila terdapat banyak lendir berarti ada rangsangan berlebih atau radang pada dinding usus. Lendir yang bercampur baur dengan feses, mungkin sekali terdapat iritasi pada usus halus. Waspada bila feses disertai lendir dan bercampur darah, kemungkinan ada peradangan atau keganasan di daerah anus. Bila terdapat nanah dan darah pada feses, kemungkinan dikarenakan adanya kelainan di sekitar usus besar. Feses yang tidak normal tersebut disertai pula dengan gejala di sekitar organ pencernaan seperti nyeri perut, diare, mual, dan muntah, bahkan bisa disertai pusing dan nyeri kepala. Segeralah konsultasikan bila terjadi hal-hal tersebut ke dokter.

Warna-warni feses!

Warna pada feses terbentuk karena adanya bilirubin dalam zat empedu yang diproduksi di kantong empedu dan dikeluarkan ke usus untuk membantu pencernaan, warna tersebut tergantung oleh banyaknya zat empedu yang dikeluarkan. Warna normal feses dapat berkisar dari kuning muda sampai hampir hitam.

Warna feses bisa berubah karena sebab lain. Banyak juga perubahan warna yang mungkin tidak terlalu penting, terutama bila perubahan itu hanya terjadi sekali dan tidak konsisten dalam waktu yang lama.

Perubahan besar yang mendadak dan menetap dalam warna feses dapat menandakan suatu masalah medis. Selain itu, masalah medis dalam organ pencernaan juga ditandai dengan adanya perubahan bertahap dan terus-menerus dalam warna feses. Beberapa warna feses yang dapat menandakan masalah meliputi:

Merah, merah tua (maroon), hitam, abu seperti tanah liat, warna pucat, kuning cerah, dan hijau.

008_1_poop-rainbow_MEDIA

Warna feses hitam, merah atau merah tua, yang menetap dalam waktu yang lama dapat menandakan adanya perdarahan di organ pencernaan seperti lambung, dan usus besar. Sedangkan warna abu-abu, pucat, dan kuning cerah dapat menandakan adanya kelainan pada pankreas, kantong empedu, atau hati.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Bila kiranya ada ketidaknormalan pada feses, maka pastikan untuk segera menemui dokter. Ketahui pergerakan usus saat itu, apakah normal atau tidak, kemudian perhatikan pula bila ada gejala lain yang menyertai feses yang abnormal. Yang perlu diperhatikan dari feses adalah bentuk, warna, dan bau dari feses tersebut. Selalu makan makanan yang banyak mengandung serat dan perbanyaklah minum air putih.

Ingat, feses normal adalah tanda tubuh  yang sehat.. 🙂

Referensi

1. Chutkan,R. 2012. What Your Stool is Telling You-Poop Primer.USA. The doctor Oz Puroduction. Diakses dari http://www.doctoroz.com/videos/poop-primer tanggal 22 April 2013

2. Lewis SJ, Heaton KW (1997). “Stool form scale as a useful guide to intestinal transit time”. Scand. J. Gastroenterol. 32 (9): 920–4.

3. Nabili,S.2013.Stool Color Changes.USA.eMedicineHealth.com.Diakses dari http://www.emedicinehealth.com/stool_color_changes/article_em.htm tanggal 22 April 2013

Categories: Kedokteran, Kesehatan

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...