Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua orang di dunia ini pernah sakit kepala, apalagi mahasiswa. Gara-gara mumet mikirin skripsi lah, ujian yang sebentar lagi, tugas numpuk dan gak beres2, ditambah duit bulanan gak cair-cair dari ortu. Haha..semua itu bikin stres dan akhirnya kita jadi pusing. Pasti sangat mengganggu kalau pusing itu sering datang. Oke, sebagai mahasiswi kedokteran di Universitas Terbaik, hehe… Sy mau bahas tentang sakit kepala dan pusing, semoga gak nambah bikin pusing ya kawan…:)

Yang perlu diketahui pertama kali adalah membedakan gejala yang kamu rasakan, pusing dan sakit kepala itu beda kawan… Pada pusing atau dizziness, yang kamu rasakan adalah perasaan “memutar”, “melayang-layang” di kepala, jadi terasa agak hilang keseimbangan gitu.. Biasanya karena penyakit Vertigo. Nah, beda dengan sakit kepala atau headache, biasanya yang dirasakan itu “sakit”, “nyut-nyutan”, tidak disertai perasaan “memutar” kayak pusing. Nah, kalo kamu ngerasain yang mana? Semoga dua-duanya gak pernah kamu rasain, hehe…

Sekarang, kita perlu tahu jenisnya, headache itu gak cuma 1 loh, dan gak hanya diobati 1 obat. Headache itu ada 2 penyebab, penyebab primer dan sekunder. Disebut primer bila itu asli sakit kepala, bukan karena disebabkan oleh penyakit lain. Disebut sekunder bila sakit kepala yang kamu alami karena sebelumnya ada suatu penyakit, misalnya sakit kepala karena tumor atau karena sebelumnya ada trauma, kayak terbentur trus jadi sakit kepalanya.

Primary Headache

1. Tension Type Headache ini adalah sakit kepala yang biasanya menyerang orang-orang. Kejadiannya sering, 2 dari 3 orang mengalami sakit kepala jenis ini. Sifat nyerinya itu tumpul, seperti ditekan atau rasanya kepala seperti diikat kencang, tidak nyut-nyutan, dirasakan di 2 sisi kepala, terasa terus menerus, dan sakitnya berkurang kalo minum obat dari warung atau tiduran. Biasanya penyebab Tension Type Headache ini karena adanya masalah psikis, yaa kayak skripsi atau tugas tadi. Jadi ada kecemasan dan depresi.

2. Migrain. Biasanya disebut sakit kepala sebelah. Rasanya itu berdenyut, nyut-nyutan gitu deh, makin sakit kalo meneruskan aktivitas, terasa di satu sisi kepala, kadang kanan, kadang kiri, kadang bisa keduanya, bisa juga disertai mual, muntah, dan lemas. Kalau ada orang tua yang menderita migrain, biasanya anaknya juga migrain. Terus buat cewek-cewek nih, kalo mau dateng Si Bulan, suka datang juga si migrain. Kemudian juga dipengaruhi juga oleh kecemasan, depresi, konsumsi makanan tertentu (MSG, coklat, susu), bau menyengat, kurang tidur, dan lain-lain. Terus ada juga yang bila serangan migrain mau datang, mata berkunang-kunang, seperti ada kilatan cahaya, terus sakit deh kepalanya… Sensasi kilatan cahaya itu namanya aura.

3. Cluster Headache. Sakit kepala jenis ini biasanya menyerang kaum adam. Rasa nyerinya tajam dan sakit sekali, hanya di satu sisi, rasa sakitnya bisa menyebar ke daerah mata, leher, gigi, hidung. Kemudian disertai juga dengan keluarnya air mata, ingus dari hidung, keringat, dan wajah memerah.

Nah, untuk pengobatannya gak cuma 1 obat. Jadi jenisnya beda, obatnya juga beda. Untuk Tension Type Headache, bisa pakai obat pereda nyeri yang biasa ada di warung, harus sesuai anjuran loh ya! Tapi kita juga perlu tahu apa yang kira menyebabkan sakit kepala itu datang. Kalau terus-menerus minum obat kan gak baik juga, jadi menurutku lebih baik istirahat dulu sejenak, rilex kan pikiran dan hati, atau kalau bagi yang suka bisa pake minyak aromaterapi atau minyak kayu putih. Kalau belum reda juga, lebih baik ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kemudian untuk Migrain obat yang digunakan adalah Triptan dan Ergot dan Dihidroergotamin. Bisa juga memakai antidepresan, antikonvulsan, dan lain-lain. Obat-obat ini tidak dijual bebas kawan.. Jadi harus dengan resep dokter. Begitu juga dengan obat untuk Cluster Headache yang memakai Triptan.

Oke, itu tadi tentang sakit kepala. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk selalu berpikir positif dan relax dalam menghadapi masalah, gak usah dibikin stres. Karena dengan stres semua penyakit bisa datang. Mencegah sakit adalah yang terbaik dan sehat akan terasa mahal kalau kita sedang sakit.

Silakan monggo di comment… Semoga membantu… 🙂

 

 

Categories: Kesehatan
Profile photo of Sussy

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Profile photo of Sussy

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...