Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Apa itu Sobotta?

Atlas tubuh manusia, buku wajib mahasiswa kedokteran. Begitu bangganya saya punya Sobotta, buku kedokteran pertama saya, dengan harga paling mahal pula. Bayangkan, orang tua saya harus merogoh kocek 1,2 juta demi saya membeli Sobotta saat pertama kali masuk kuliah. Dengan harga berat, massa yang berat, isinya pun tak kalah berat. Alhamdulillah buku itu bisa saya beli. Isinya bagaimana? Bagus, buku bergambar paling bagus yang saya punya.

Semester pertama dan kedua, tepatnya blok 1-4 menjadi kejayaan Sobotta, karena saya sering membuka dan membacanya. Maklum, kami dijejali dengan praktikum anatomi. Tapi makin tambah blok, tambah semester, makin betah Sobotta ada di ujung rak buku paling bawah. Apalagi praktikum anatomi sudah lewat. Tenang, damai, tak terusik dengan buku-buku di sebelahnya yang bolak-balik saya bawa untuk dibaca. 14 blok pun berlalu, dan saya berhadapan dengan blok 15 sekarang. Neuromuskuloskeletal. Sistem yang sangat anatomis. Saraf, otot, dan tulang jadi satu.

Kembali ke sobotta, apakah karena bagus dan mahal, lantas diam terpojok di ujung rak begitu saja? Baru saya sadar akan keberadaannya memang penting sekali setelah sekian lama, apalagi setelah saya sekarang menginjak blok 15. Kesulitan sekali saya membaca materi anatomi di bulletin. Tak terbayang lagi saraf A letaknya dimana, arteri B bercabang dengan arteri apa, otot C bentuknya seperti apa. Ditambah memang tak ada praktikum anatomi lagi di blok 15 ini.  Menyerah. Akhirnya, Sobotta ku keluarkan, dan terbayanglah sekarang seperti apa rupa otot C, cabang arteri B, dan letak saraf A.

Jadi, semahal apapun harganya, seindah apapun gambarnya, sebagus apapun rupanya , bila buku hanya terpajang, tak akan ada manfaatnya. Ayo…buka lagi Sobotta! Review anatomi…! Maaf ya Sobotta, menelantarkanmu setelah sekian lama. Kamu benar-benar mencerahkan ternyata, terima kasih, hehe..

 

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...