Jelajahi Makna di Universitas Terbaik

Blog Sussy Listiarsasih

Dear Pak Perokok…

Sadarkah Bapak kalau rokok Bapak membuat nafas saya jadi sesak bila Bapak merokok di bis kota, angkot, halte bis, dan di tempat umum lainnya? Tahukah Bapak bila asapnya itu tidak pernah memberikan keuntungan apapun pada otak maupun inspirasi Bapak? Pernahkah sadar kalau anak dan istri Bapak sebenarnya sengsara, tidak kuat hirup asapnya dan ingin sekali rokok itu mematikan rokok itu, tapi takut pada Bapak. Merasa tidak enak pada Bapak. Menyesalkah Bapak bila nantinya istri bapak atau anak Bapak divonis menderita kanker paru, padahal Bapak yang merokok? Akankah Bapak berpikir: ‘Mengapa bukan saya saja yang kena kanker?’

Tenang saja Pak, penyakit lain akibat rokok masih banyak, Bapak tidak usah bersedih hati bila yang didatangi duluan istri atau anak Bapak, karena mungkin sebentar lagi Bapak yang akan divonis entah dengan penyakit apa.

Jika Bapak berdalih: ‘Dengan saya membeli rokok kan, saya jadi berkontribusi pada penghasilan negara, penjual rokok jadi dapat untung, tidak ada yang rugi, malah untung…’ Iya, perusahaan rokok mungkin untung, karena mereka tahu rokok tak berguna apapun bagi tubuh mereka, bahkan merusak! Tapi banyak orang membeli produk mereka karena mereka tidak peduli. Bapak sebenarnya rugi, karena membeli sesuatu yang tak berguna. Biarlah orang menjual, tapi tak usah membeli, karena Bapak akan merasakan ruginya sendiri. Ketika Bapak sudah jatuh sakit, anggota keluarga sudah habis, bisakah Bapak menuntut pada perusahaan rokok itu? Tidak. Mereka hanya ongkang kaki berkat candu dari rokok menikmati untung mereka dan membiarkan Bapak rugi sendiri.

‎”We dont smoke the sh*t, we just sell it. We reserve that ‘right’ for the young, the poor, the black, and the stupid.”-para eksekutif RJR (R.J. Reynold tobacco company, perusahaan rokok terbesar kedua di AS) ketika ditanya kenapa mereka tidak merokok. Produsen saja tidak mau menggunakan produknya, produsen macam apa mereka yang egois mementingkan kesehatan dirinya saja, sementara konsumennya dibiarkan mendapatkan efek buruk produk mereka. Harusnya Bapak sadar itu sejak dulu, rokok hanya akan menurunkan produktifitas Bapak. Maukah nantinya anak Bapak menjadi perokok juga seperti Bapak?

‘Inspirasi itu gak datang kalau gak ada rokok!’ Itu hanya candu Pak! Itu palsu dan hanya sugesti! Itu tandanya nikotin sudah mulai meracuni otak bapak. Inspirasi bisa datang tanpa rokok. Otak bapak itu bisa sehat dan produktif lebih lama jika Bapak tidak merokok, karena usia Bapak bisa lebih panjang, dan nafas Bapak juga tidak akan sesak seperti sekarang ini. Jika bapak bersikeras ingin tetap merokok, silahkan saja. Tapi jangan sebar asap mematikan itu pada kami. Terima kasih, cukup Bapak saja yang menikmati. Kami tak ingin menghisap asapnya.

Mana ada untungnya merokok? Tak cukup buktikah rokok merugikan istri Bapak ketika ia mengalami keguguran ketika hamil anak pertama? Lalu anak kedua Bapak lahir dengan berat badan yang rendah? Rumah yang dipenuhi asap rokok, pasti sangat tidak nyaman. Jika masih ulama berdebat tentang haramnya rokok, itu buang waktu. Toh yang ada hanya kerusakan, mudharatnya lebih banyak, tolong jangan mengelak dulu, karena saya yakin dalam hati Bapak setuju itu. Jadi dekatilah rokok jika ingin dekat dengan kerusakan, jika ingin berdosa lebih banyak. Sudah merusak diri sendiri, merusak orang lain pula. Tolong pak, niatkan sekuat-kuatnya dalam hati Bapak untuk berhenti merokok, insya Allah manfaatnya lebih banyak daripada bapak harus merokok. Saya yakin Bapak ingin berhenti merokok, bulatkan tekad dan berhenti sekarang juga!

Semoga Allah melindungi Bapak dan keluarga…
Saya doakan semoga Bapak dikuatkan tekadnya dan bisa berhenti merokok, 🙂

– Hari Tanpa Rokok Sedunia 31 Mei –

About Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...

PROFIL AKU

Sussy

Anak rantau dari Bandung, suka keliling Yogyakarta, kuliner, jelajah gunung, dan baca. Datang ke Yogya karena ingin jadi dokter...


Popular Posts

Mengapa Masih Meroko

Ya, itu pertanyaan dari saya, mengapa masih merokok? Tahukah kamu? Ada ...

Tukar Link dan Buku

Buat temen-temen yang mau tukar link, silahkan copy paste URL ...

Nyut..Nyut...Sakit K

Ada yang belum pernah merasakan sakit kepala? Sy yakin semua ...

Katarak

Katarak adalah proses kekeruhan pada lensa karena adanya gangguan metabolisme ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik – Siapa yang tak mau kuliah di universitas ...