sang mantan

Hanya Blog UMY situs lain

Bila berangapan bahwa mobil mungil identik dengan kendaraan yang peruntukannya hanya di dalam kota, coba sedikit ditepis, karena dalam kenyataan bukannya hanya kendaraan SUV atau sedan saja yang layak berjalan menuju luar kota namun kendaraan munggil seperti Smart ForTwo 1.0 Coupe ternyata juga lihai dan tak kalah tangguh saat digunakan ke luar kota.

Smart Fortwo 1.0 Passion Coupe, merupakan salah satu varian mobil mungil yang sempat dijajal tim bosmobil setelah resmi dipinjamkan oleh PT Mercedes-Benz Indonesia beberapa waktu lalu. Mobil mungil yang pertama kali diperkenalkan di Paris Motor Show awal Oktober 2010 itu memang cukup fenomenal dikalangan otomotif Indonesia karena bentuknya yang terlalu mini. Tak jarang banyak pula orang yang penasaran dengan Smart ForTwo ini.

Nah …  untuk lebih jelasnya, coba kita pantau pembahasan ringannya di bawah ini …

Eksterior

Bentuk tubuh mungil dengan desain yang benar-benar atraktif tampak jelas menjadi pusat perhatian utama yang dimiliki Smart ForTwo. Dengan dimensi panjang 2,6 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,5 meter mobil ini jelas memberikan perbedaan yang cukup signifikan, lebih lagi dengan beratnya yang hanya 750 kg.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Smart Fortwo ada pada bagian bodinya yang terdiri dari beberapa panel dan bisa dibongkar-pasang layaknya sebuah casing sebuah handphone. Mulai dari bumper dan spoiler, pintu, sampai menjalar kebagian blakang seperti bumper blakang. Pilihan warna pun bisa ditukar sesuai dengan keinginan pemilik. Pada generasi terbaru, terdapat tujuh pilihan warna panel bodi diantaranya adalah chrystal white, deep black, grey metallic, light blue metallic, matt light green, rally red, silver metallic, disamping itu, juga bisa disesuaikan berdasarkan pesanan dengan berbagai warna dan motif.

Sementara di bagian atapnya Smart Fortwo Passion Coupe sudah dilengkapi dengan panoramic roof dengan rool gorden yang bisa diatur manual dari dalam cabin.

Interior

Seperti yang telah dibahas, ukuran mungil yang menjadi senjata andalan smart bukan berarti tampilan interiornya juga tidak luas, terbukti mobil dua pintu ini bisa memuat orang dewasa dengan tinggi lebih dari 175 cm. Ruang kaki pengemudi dan juga penumpang terbilang cukup lega, ditambah bentuk jok yang mebuat pengendara dan pengemudi merasa nyaman di dalamnya.

Desain interior Smart bisa dibilang minimalis namun tetap stylish. Lingkar kemudi model paling tiga berlapis kulit telah dilengkapi oleh tombol cruise control dan trip computer. Sementara untuk panel indikator didesain membulat layaknya mobil rerto namun tetap berkesan modern.

 

Semua kebutuhan Anda untuk mobil ini juga tersedia dengan apik. Pengaturan pendingin udara, central door lock, serta perangkat hiburan, terdapat di bagian tengah dashbord. Berbagai tempat penyimpanan juga tersedia, seperti laci dibagian didepan penumpang bagian depan serta tempat abu rokok yang bisa dilipat terselip dibagian bawah darboard.

Sedangkan di konsul tengah, terdapat lubang kunci, tuas persneling, dan tombol ECO Drive untuk mengaktifkan micro hybrid drive (mhd) atau start & stop engine. Sedangkan untuk perangkat hiburan audionya juga tersedia USB port dan AUXin yang teradapat di dalam bagasi dasboardnya.

Under The Hood & Performance

Untuk urusan yang satu ini, mobil coupe bawaan Mercedes-benz tidak bisa dianggap remeh. Berbekal mesin 999 cc Automatic Transmission dengan konfigurasi 3 silinder, tenaganya yang terdongkrak diklaim mampu menembus angka hingga 72 Hp dan torsinya 92 Nm. Dengan bobot keseluruhan yang ringan serta kapasitas penumpang hanya dua orang, mobil ini rasanya mumpuni untuk melesat dijalan bebas hambatan. Terbukti saat tim bosmobil memacu mobil ini hingga jarum speedometer berada diposisi 120 km/jam. Sensasi mengemudi semakin mengasikan dengan pilihan transmisi manual.

Smart Fortwo sudah dilengkapi dengan fitur pintar Micro Hybrid Drive (MHD) yang dipercaya bisa menghemat bahan bakar.Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol “ECO Drive” di konsol tengah. Apabila kita mengaktifkan tombol tersebut maka mesin otomatis akan mati ketika pedal rem ditekan dan mesin kembali hidup ketika pedal rem dilepas. Sayangnya ketika mesin mati secara otomatis AC juga ikut mati. Mode tersebut hanya berlaku saat kendaraan berjalan pelan dibawah 10 km/jam.

Dari hasil pengujian konsumsi bahan bakar, Smart Fortwo Passion Coupe mampu menempuh jarak sekitar 11 km/liter dengan kondisi jalan yang cukup padat, sedangkan dijalan bebas hambatan mobil ini mampu menempuh jarak 13-15 km/liter. Semua pengujian tesebut dilakukan dengan gaya berkendara yang agresif.

Hal yang perlu diperhatikan adalah saat mobil berada diposisi tanjakan dalam kaadaan macet, ketika diinjak seusai berhenti ditanjakan anda pasti akan terkaget-kaget dengan hentakan mobil ini. Masalah handling mobil sekecil ini ternyata tetap nyaman dibawa selap-selip membelah kemacetan, tidak ada bantingan yang berarti ketika stir dibanting kekiri dan kanan dan anda tidak perlu khawatir tersenggol saat menyalip kendaraan lain dan cukup bisa diandalkan untuk melaju disisa jalan.

Price & Style

Dilihat dari segi harga memang sedikit tertegun-tegun, secara fitur memang lebih maju dibanding city car yang sudah beredar di Indonesia, tapi jika dilihat dari iklim masyarakat di Indonesia sepertinya PT. Mercedes-Benz Indonesia tak perlu khawatir untuk melepas dipasaran dengan harga yang fantastis, karena di tanah air cukup banyak penggila life style.

PT. Mercedes-Benz Indonesia melepas Smart ForTwo 1.0 Passion Coupe Mhd dengan harga Rp 249 juta off the road.

Categories: mobil

PROFIL AKU

ari wibowo


Popular Posts

Universitas Swasta,

universitas swasta yang bagus memiliki fasilitas dan dosen yang jauh ...

Peran Generasi Muda

Pembangunan pertanian tidak terlepas dari pengembangan kawasan pedesaan yang menempatkan ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Beberapa Klub Jerman

Baru-baru ini Albiol diberitakan akan pergi dari Real Madrid dan ...