Perbedaan Tulisan Ilmiah Dan Non Ilmiah

Karya ilmiah atau non ilmiah merupakan dua jenis karangan yang ada yang memiliki ciri khas nya masing-masing yang membuat keduanya terlihat berbeda. Adapun penjelasan dari perbedaan dua jenis karangan ini dapat dilihat sebagai berikut!

Karya ilmiah adalah karya tulis atau karangan yang berisi tulisan  dengan memaparkan atau menjelaskan  suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang peneliti atau penulis, dengan bertujuan untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada pembaca. Dalam karya tulis ilmiah juga berisi tentang argumentasi penalaran keilmuwan yang dipaparkan oleh peneliti atau penulis yang kemudian dikomunikasikan dengan menggunakan bahasa formal atau baku dengan sistematis, menggunakan sudut pandang yang obyektif serta menyajikan fakta umum dan ditulis dengan metodologi penulisan yang benar. Ada beberapa ciri-ciri dalam tulisan ilmiah, antara lain yaitu obyektif, sistematis, logis, dan empiris.

Adapun Karya non ilmiah adalah karya tulis atau karangan yang berisi tentang fakta pribadi berupa pengetahuan atau pengalaman seseorang dalam kehidupan sehari-hari, yang bersifat subyektif serta tidak di sertai dengan fakta umum, dari segi bahasa tidak baku biasanya menggunakan gaya bahasa popular atau bahasa yang digunakan sehari-hari. Ada beberapa ciri-ciri dalam tulisan non ilmiah, antara lain yaitu ditulis berdasarkan fakta pribadi, fakta yang disimpulkan subyektif, tidak didukung bukti, dan gaya bahasa konotatif dan popular.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar