Awalludin Fajri

It is me.

Pencemaran Air

Posted by awalludin fajri 0 Comment

Pencemaran air merupakan suatu peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya yang menurunkan kualitas air dengan ditandai adanya perubahan warna, rasa, dan bau. Indikator tentang adanya pencemaran air dapat diketahui melalui beberapa pengawasan. Pengawasan tersebut antara lain: pengawasan fisis (meliputi: kejernihan air, warna air, suhu air, bau dan rasa air), pengawasan kimiawi (berdasarkan: kelarutan zat kimia dan perubahan pH), dan pengawasan biologis (seperti: ada atau tidak adanya mikroorganisme dan bakteri pathogen). Akan tetapi secara umum indikator yang sering digunakan sebagai acuan yaitu: pH, oksigen terlarut (DO), kebutuhan oksigen biokimia (BOD), dan kebutuhan oksigen kimiawi (COD).

Secara garis besar, pencemaran air bersumber dari kontaminan langsung (efluen dari industri, sampah rumah tangga, dan lain-lain) serta kontaminan tidak langsung kontaminan yang memasuki badan air dariĀ  tanah, air tanah atau atmosfir berupa hujan. Komponen pencemaran air dapat digolongkan menjadi: bahan buangan padat, bahan buangan organik dan olahan bahan makanan, bahan buangan anorganik, bahan buangan berminyak, bahan buangan panas, dan bahan buangan zat kimia (Wardhana, 1995). Pencemaran air dapat mengganggu daur hidup biota air sperti plankton dan mikroorganisme lainnya. Kualitas tanah pun menjadi menurun karena adanya pendangkalan dasar perairan dan penyumbatan reservoir. Selain itu pencemaran air dapat menyebabkan kanker dan merusak keseimbangan alam.

Penanggulangan pencemaran air dapat dilakukan secara non-teknis dan teknis. Secara non-teknis yaitu dengan mengeluarkan suatu praturan atau perundang-undangan (PP No. 20 Tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air), atau dengan merujuk Al Quran (Q.S Al Baqarah ayat 11) dan Al Hadist (seperti: HR. Al Baahiliy dan HR. Al Baihaqi). Sedangkan secara teknis dapat dilakukan dengan cara 3R (Reduce, Reuse, and Recycle), penghijauan, dan penggunaan bahan industri yang ramah lingkungan.

Info lebih lengkap download disini.

Categories: Opini

PROFIL AKU

awalludin fajri


Popular Posts

[Lomba Blog] UMY Nas

Kota Yogyakarta bukanlah tujuan yang utama setelah saya menyelesaikan SMA, ...

Penyelamatan Lingkun

Di era globalisasi ini perkembangan tenknologi berkembang sangat cepat sehingga ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Magang di Balai Pene

Memasuki era globalisasi dan tantangan zaman, ditambah dengan semakin sempitnya ...

Ekosistem Pertanian

Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini tidak akan ...