My blog

Hanya Blog UMY situs lain

Asal Usul Ukiran Furniture Jepara

Posted by Azhar Fauziyyah 0 Comment

Sudah bukan rahasia umum lagi jika furniture Jepara merupakan jenis furniture yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, tapi memang furniture yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri dan memiliki ukiran yang rumit serta banyak kelebihan yang dimilikinya. Meskipun memiliki banyak penggemar, namun tidak banyak yang mengetahui perihal asal usulnya.

Oleh karena itu untuk penggemar yang penasaran tentang asal usul atau sejarah singkat dari perabot atau furniture yang satu ini, bisa melihat pembahasan lengkapnya disini.

Riwayat Singkat

Pertama adalah riwayat singkat dari furniture yang satu ini merupakan peninggalan dari Jaman Ratu Kalinyamat yang berkuasa saat itu. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya bukti otentik yang ditemukan di Masjid Mantingan berupa sebuah artefak. Disitu dijelaskan sedikit tentang furniture yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia ini.

Ukiran yang dimiliki oleh furniture yang satu ini sudah ada jejaknya pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1521-1546) tepatnya pada tahun 1549. Perkembangan seni ukir ini tidak terlepas dari anak perempuan sang ratu yang bernama Retno Kencono. Selain itu ukiran ini juga dipengaruhi oleh menteri kerajaan yang bernama Sungging Badarduwung.

Menteri tersebut dikabarkan memiliki kemampuan seni ukir yang baik, dan berasal dari Campa (Cambodia). Saat itu ratu membangun sebuah masjid, dan juga makam untuk suaminya dan beliau meminta kedua bangunan tersebut diperbagus dengan seni ukiran. Lalu hal itu disanggupi oleh Sungging, dan dari situlah seni ukir terus berkembang.

Asal Usul Ukiran

Setelah dari masa Ratu Kalimanyat, sebenarnya seni ukir ini mengalami perkembangan yang lambat bahkan bisa dibilang berhenti. Perkemangan ukiran ini berlanjut lagi pada masa RA Kartini, dan beliau memberikan kontribusi besar terhadap seni yang satu ini. Beliau memberdayakan pengrajin ukir, dan memberikannya modal untuk bisa mengembangkan usaha.

RA Kartini mengubah pola pikir pengrajin pada saat itu, sehingga pengrajin sudah mulai menerapkan ukirannya pada barang-barang yang juga bisa digunakan (fungsional). Sehingga hal tersebut membuat ukiran berkembang, dan menjadi mebel Jepara yang dikenal sampai saat ini.

Itulah tadi sekilas tentang asal usul furniture Jepara, yaitu furniture yang memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Furniture yang berhasil membuat Kota Jepara menjadi tempat berkembangnya industri mebel.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Azhar Fauziyyah


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kerugian Menggunakan

Ternyata tidak selalu loh dalam menggunakan jasa ekspedisi selalu berakhir ...

5 Model Booth Semi C

Undang orang untuk mampir ke tempat Anda dengan model booth ...

Kelebihan Download L

Mendengarkan lagu memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi ...

2 Trik Menembak Free

Banyak faktor yang menjadi pemicu seorang pemain bisa mendapatkan kemenangan ...