Tips Dalam Perjalanan Haji..

Karya : ‘Azizah Yusro Salimah
NIM : 20150820002

PBA

Akhi dan ukhti yang diraunduhanhmati Allah. Seperti yang kita tahu, ibadah haji merupakan bagian dari rukun islam yaitu rukun islam yang ke 5. Tentunya haji ini wajib bagi mereka yang mampu. Mampu dalam hal membayar, mengikuti rukun –rukun haji nya meliputi batin,rohani maupun fisik,dll. Dalam pandangan Islam, rukun Islam yang tidak ditunaikan (satu saja), mengakibatkan batalnya keIslaman seseorang, sehingga berhaji menjadi urusan yang sangat penting, terutama bagi yang mampu.Kita harus menyiapkan mental yang kuat. Harus siap jika terjadi sesuatu ketika Anda melakukan haji. Seperti halnya yang kita ketahui kemarin yaitu kabar jatuhnya crane, terinjaknya beratus orang di Mina, dll. Dan banyak sekali korban yang terlibat di dalam musibah-musibah tersebut.

 Dalam mengerjakan haji, kita menempuh jarak yang demikian jauh untuk mencapai Baitullah, dengan segala kesukaran dan kesulitan dalam perjalanan, berpisah dengan sanak keluarga dengan satu tujuan untuk mencapai kepuasan batin dan kenikmatan rohani.Namun bukan hanya persiapan batin dan rohani saja yang dipertimbangkan, fisik pun harus dipersiapkan mulai sebelum berangkat, selama di pesawat, dan saat di tanah suci.  Berikut beberapa tips perjalanan ibadah haji untuk Anda :

Sebelum Berangkat:

  • Istirahat yang cukup beberapa hari sebelum keberangkatan. Bila Anda seorang karyawan, cutilah dari pekerjaan dan sampaikan bahwa Anda sedang dalam persiapan untuk berangkat haji, agar fisik Anda siap untuk diajak gerak ketika haji.
  • Persiapkan obat-obatan pribadi untuk melengkapi obat yang sudah disediakan tim medis. Jangan lupa untuk menyediakan krim pelembab agar kulit tidak kering dan pecah-pecah selama cuaca di tanah suci.
  • Usahakan Anda mengabari kepada kerabat dekat maupun jauh atas kepergian Anda. Tetapi, tidak harus mengadakan walimah atau hajatan. Hajatan atau walimah hanya salah satu ben­tuk saja. Selain mengungkapkan rasa syukur, hal lain yang perlu dilakukan adalah permohonan maaf dan minta dorongan do’a. Hal ini akan berguna untuk menambah kelancaran perjalanan kita di sana dan mengurangi hambatan, terutama menghindari do’a buruk dari orang yang pernah kita sakiti. Ini adalah bagian dari mempersiapkan perbekalan terbaik untuk haji berupa ketaqwaan. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memaafkan kesalahan orang lain. Itu bagian dari ciri orang taqwa. Bila kita masih punya dendam kepada seseorang, maka sebelum berangkat haji, datangilah dia, tidak usah menunggu dia datang kepada kita. Sampaikanlah permohonan maaf Anda kepadanya. Jadi bukan hanya meminta maaf, akan tetapi juga memberi maaf. Menurut pakar psychologi, membenci dan membawa dendam sama dengan membawa penyakit bagi jiwa kita. Jadi, janganlah mencari musuh didunia ini, karena sangat rugi dampaknya.

Selama di Pesawat:

  • Gunakan waktu istirahat secukupnya ketika dalam pesawat.
  • Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong karena akan mudah diserang penyakit. Makan dan minumlah secukupnya.
  • Jangan terlalu banyak gerak maupun berbicara. Hendaklah kita memperbanyak dzikir untuk mengingat Allah.
  • Bagi yang suka mabuk udara, persiapkan obat-obat pribadi dalam kabin. Bila perlu siapkan kantung plastik untuk berjaga-jaga.
  • Selalu menjaga kebersihan selama di pesawat maupun saat transit.
  • Hubungi tim dokter ketika sakit.

Saat di Tanah Suci:

  • Sebelum puncak haji, istirahatlah yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.
  • Perbanyak minum air putih minimal 5 liter atau 1 gelas setiap jamnya untuk menghindari dehidrasi.
  • Jangan lupa untuk makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, apel, kiwi, dan pir. Selain menjaga kebutuhan cairan tubuh, buah-buahan ini juga dapat menambah kalori dan vitamin.
  • Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sikat gigi setelah selesai makan, perhatikan kebersihan westafel.
  • Memperhatikan kebersihan pakaian dan alat cukur yang digunakan saat tahallul.
  • Pastikan cahaya matahari dan sirkulasi udara tetap bisa masuk ke ruangan tempat Anda menginap.
  • Ruangan kamar harus bersih dan barang-barang ditata dengan rapi.
  • Sambil melaksanakan ibadah yang tepat baik pagi, sore atau malam. ”Jangan terlalu banyak berjalan-jalan seperti berbelanja, tetap jaga stamina dan kesehatan untuk menjalankan ibadah.
  • Catat dan iingat untuk mengenali letak pos pelayanan kesehatan haji Indonesia dan juga mencatat nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika sewaktu-waktu merasa membutuhkan pertolongan kesehatan, bisa langsung menuju lokasi yang tepat atau menghubunginya. Jika sakit, berobatlah ke dokter kloter yang memiliki cukup perbekalan obat untuk jamaah.

Demikian beberapa tips untuk Anda dalam melakukan ibadah haji. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dan Allah selalu memudahkan perjalanan Anda nantinya. Jangan takut untuk mendaftarkan diri Anda dalam melaksanak haji, karena berapa banyak yang sudah bayar sekarang, baru bisa berangkat tahun depan, atau tahun depannya lagi, atau bahkan tiga tahun lagi. Barakallah.. syukron.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *